Tag Archives: anjungan TMII

Kopdar Keliling Indonesia, di Jakarta!

taman mini Indonesia map 1

Di Jakarta yang indah ini, kadang kita suka ngerasa cape, lelah, butuh hiburan, dan kopi darat dengan teman-teman. Rehat sejenak dari aktivitas rutin bisa jadi obat mujarab. Persis seperti charger yang bisa kasi energi baru, begitu juga kopdar yang bisa kasi kita semangat baru.

Kopdar sama siapa? Ya bisa sama siapa aja, kalo gada yang ajak, ya kita yang jadi inisiatornya. Mulai ajak satu orang, nanti setelah terkumpul 2-3 orang yang pasti oke, baru ajak beberapa orang lainnya. Makin rame makin seru kan? 🙂

——

Kopdar Suka-Suka

Kalau saya ditanya, tempat kopi darat paling seru di Jakarta itu dimana? Saya pasti jawab Taman Mini Indonesia Indah aka TMII.

Kenapa? Karena TMII itu luar biasa! Banyak banget pilihan yang tersedia buat kopdar. Pilihannya suka-suka, bisa disesuaikan dengan waktu yang tersedia, cuaca, usia, uang di dompet, dan maunya gimana. Di TMII semua ada solusinya.

Buat teman-teman yang masih muda, contohnya, bisa mulai dari pagi, KELILING INDONESIA, masuk ke anjungan satu ke anjungan lain, museum satu ke museum lain sampai sehabisnya waktu. Untuk yang masih kecil bisa main rumah-rumahan balon yang gedenya luar biasa.

Trus kalo yang udah jompo kaya saya, bisa duduk-duduk aja di taman, makan-makan, duduk lagi, tiduran, gitu terus sampe sore. Surga dunia! 😀

——

Tempat Kopdar Itu, Harus….

Waktu masih gadis, belum punya tentengan bayi, saya oke aja diajak jalan. Ke mana aja ga masalah, sepanjang masih bisa dijangkau kaki dan duit. Kalau sekarang saya cenderung pilih-pilih tempat kopdar. Tempat kopdar yang oke menurut saya adalah yang memenuhi beberapa kriteria ini

1. Biayanya cukup 100ribuan per orang. Ini bukannya pelit, ya. Tapi karena sekarang ini kalo piknik jumlah personilnya udah tiga orang, kebayang kan berapa banyak uang yang bakalan habis kalau ga dibatesin dari awal. :p

2. Ada toiletnya. Pipis bayi bisa ditampung pake popok sekali pakai, nah kalo emak-bapaknya yang mau pipis gimane? Toilet is a must!

3. Harga makanannya murah. Mmm ya paling nggak, bisa terjangkau lah.. Ga terlalu mahal sampe bikin mangap kaget, yang standar aja.

4. Ada angkutan umum yang mengarah ke lokasi kopdar. Saya belum punya mobil, jadi ke mana-mana tergantung sama motor. Kalau sudah terlalu jauh dan naik motor dipastikan bikin badan linu, ya kendaraan umum solusinya.

5. Ramah untuk anak-anak. Saya kepingin ke tempat kopdar yang kalau sampe ketempatnya, anak saya bisa senyum gembira ria, ga pasang tampang kesal atau bosan. Jadi, emaknya senang ketemu teman, anaknya senang jalan-jalan. Gitu. 🙂

6. Wajib dapet sinyal! Sinyal telepon itu hukumnya fardhu a’in, wajib tidak bisa ditawar. Saya dan suami punya keluarga besar yang tinggal di luar kota, satu keluarga besar di Medan, dan satu keluarga besar lagi di Lampung.  Jadi kami selalu harus dalam posisi siap menerima kabar dari jauh. Semoga aja kabar yang datang selalu baik. Amiiin ya Allah.

——

Tentang TMII

Nah, TMII ini memenuhi semua kriteria di atas.  Harga tiket masuknya cuma Rp. 9ribu,- Kalau bawa mobil biayanya Rp 10ribu,- Motor tiket masuknya Rp 6ribu,- dan sepeda cuma Rp 1ribu. Duuhh, hari ini seribu dapet apa kan, ya?

Toiletnya banyak, kalau males nyari tinggal tanya aja sama petugas kebersihan yang suka lalu-lalang. Harga makanannya masuk akal, Rp 20ribu perorang udah dapet nasi ayam + kerupuk + es teh. *hemat pangkal kaya*

Kelapa Muda, 7000 saja!
Kelapa Muda, 7000 saja!

Nah, sekarang soal angkutan umum. Pilihannya juga ada banyak, tinggal cari rute yang lewat. Ini dia list rute angkotnya :

1. KWK S15A trayek Ragunan – Pintu 2 TMII
2. KWK T02 trayek Cilitan – Cipayung
3. KWK T05 trayek Cililitan – Setu
4. KWK P15 trayek Cililitan – Cilangkap
5. KWK K40 trayek Bekasi – Kampung Rambutan
6. KWK S19 trayek Depok – Pinang Ranti
7. KWK AL 28 trayek Kampung Rambutan – Sumir
8. KWK T40 trayek Kampung Rambutan – Pekayon

Kalau males ngangkot bisa naik Trans Jakarta Busway, naik Koridor X trayek Tanjung Priok – Cililitan lalu turun di Pusat Grosir Cililitan, habis itu sambung angkot T02 berhenti tepat di pintu gerbang TMII, atau bisa juga naik Trans Jakarta Koridor IX trayek PinangRanti – Pluit.

Taman Mini ini ramah anak, tau betul memang dunianya anak-anak ya bermain. Ga jauh dari loket tiket ketemu kolam renang salju alias snowbay, di depan snowbay ada abang-abang jualan balon & mainan tradisional seperti baling-baling, di depannya lagi ada rumah balon. Huihh, ngeliat begitu banyak pilihan, senyum si bayi langsung terkembang ga putus-putus! 😀

Terakhir soal sinyal. Kemarin ke Taman Mini saya pakai XL. Sampai sekarang sih tetap pakai XL. :D.
Sinyalnya XL yang OK bisa bikin edisi pamer di twitter lancar jaya sih pastinya. Ahoy!

——

Pilihan Wisata di Taman Mini

Taman mini itu semacam toko wisata serba ada. Pilihannya banyak, istilahnya “apa yang lo mau, gue ada”, gitu…  Emang, ada apa aja sih, Re?

1. Ada Museum

Pilihan museumnya ada banyak. Ada Museum Indonesia, Museum Purna Bhakti Pertiwi, Museum Keprajuritan, Museum Prangko Indonesia, Museum Pusaka, Museum Transportasi, Museum Listrik & Energi Baru, Museum Penerangan, Museum Telekomunikasi, Museum Olahraga, Museum Asmat, Museum Komodo & Taman Reptilia, juga ada Pusat Peragaan IPTEK, dan Museum Istiqlal.

Aturan utama di Museum adalah, perhatikan tanda larangan. Jika dilarang memegang, ya jangan dipegang. Untuk tiket masuk museumnya sendiri ada yang Rp 2ribu, Rp 3ribu, Rp 5ribu, Rp 7ribu, dan Rp 10ribu.

2. Ada Anjungan Daerah

Di anjungan daerah kita bisa lihat sekilas budaya, adat, hasil karya, hasil alam, informasi potensi daerah. Kalau beruntung, kita bisa juga lihat pertunjukan budaya seperti tari-tarian dan musik. 🙂

3. Ada Theater.

Pilihan theater di taman mini ada 2, Keong Mas dan 4 Dimensi. Di Theater Keong Mas pemutaran filmnya lebih lama ketimbang di 4 Dimensi. Sebelum masuk ada beberapa film yang bisa dipilih, usahakan jangan sampai salah masuk, yah. 🙂

Di theater Keong Mas ini juga ada Dunia Inline Skate, tempat belajar main sepatu roda gitu. Peralatan udah disediakan, tinggal bawa badan, duit, dan niat yang kuat. 🙂

4. Ada Istana Anak-Anak Indonesia.

Ini surganya anak-anak!!! Ada kereta api kelinci, mandi bola, kolam renang, bumper car, airplane, monorail, komedi putar, roda tamasya, kiddy boat, battery car, dan giring ombak. Untuk tiap permainan kita mesti bayar terpisah, harga tiketnya mulai dari Rp 5ribu-Rp 15ribu.

istana anak

6. Ada Taman dan Dunia Binatang.

Untuk taman pilihannya ada Taman Kupu-Kupu, Taman Prasasti APEC, Taman Apotik Hidup, Taman Reptilia, Monumen Persahabatan Non Blok, Taman Budaya Tionghoa, Taman Melati, Taman Kaktus, Taman Bunga Keong Emas, Dunia Air Tawar & Serangga, juga Taman Burung & Bekisar. Tiketnya mulai Rp 5ribu. 🙂

7. Ada Snowbay!

Snowbay ini direkomendasikan kalo kita masuk keluarga ikan, alias suka main air plus tahan lama-lama di air. Saya paling suka main hurricane. Bisa naik lagi-lagi, dan lagi. Tapi naik tangga dan antri-nya cape. :'(

Oh iya harga tiket Snowbay-nya Rp 120ribu untuk wikdey dan Rp 150ribu untuk wiken (dewasa). Kalo anak-anak tiketnya Rp 100ribu untuk wikdey dan Rp 120ribu untuk wiken.

HURRICANE!!!!!
HURRICANE!!!!!

8. Ada Kereta Gantung.

Kereta gantung ini semacam wahana wajib kalau ke taman mini. Kalau naik kereta gantung nanti kita diajak keliling Indonesia dari atas. Mmm, ga beneran keliling Indonesia sih, tapi bisa lihat pulau-pulau kecil yang dibentuk mirip pulau-pulau yang ada di Indonesia di danau buatan.

Danau berpulau itu letaknya di tengah taman mini, tepat di bawah alur jalannya kereta gantung.

gambar pinjam dari sini
gambar pinjam dari sini

——

Kami Pilih ke…

Terakhir ke Taman Mini saya datang dalam rombongan yang cukup besar. Ada 6 keluarga yang ikut kopdar, lengkap dengan anak-anaknya. Ramee… 😀

kopdar rame

Tujuan kami dimulai dari naik Kereta Gantung, lalu setelah itu lanjut ke Theater IMAX Keong Emas. Nah di depan keong mas ini biasanya ada banyak badut, kalau suka boleh berfoto dengan mereka. Jangan lupa berikan tips usai foto-foto, ya. 🙂

Jelang tengah hari kami cari tempat nyaman untuk duduk-duduk dan makan siang, ketemu satu lokasi keren namanya Plaza Arsipel. Pas udah kenyang, kami lanjut muter Taman Mini ke Teater 4 Dimensi dan habis itu naik Kereta Api Mini.

Ga kerasa harinya udah sore, waktunya pulang. Hari kopdar yang menyenangkan itu kemudian ditutup dengan makan-makan lagi di warung makan sekitaran Museum Transportasi. Hehehe..

Total pengeluaran per orang sekitar Rp 110 ribuan. Totalnya bisa lebih murah untuk anak-anak karena ada beberapa lokasi di TMII yang harga tiket anaknya berbeda dengan harga dewasa. Ada juga yang gratis kalau anaknya belum sampai tinggi badan jumlah tertentu. Yippie! *emak bahagia*

jalanhore

——

Tempat Favorit Saya!

Ini yang paling penting! Seperti yang saya bilang di awal tadi, kadang saya ga kepingin kemana-mana, pinginnya kalo kopdar itu ya duduk, bengong, ngobrol, makan, tiduran, trus duduk, bengong, ngobrol, makan, tiduran lagi.

Tempat yang memfasilitasi kemalasan saya adalah… eng ing eng… PLAZA ARSIPEL!

Plaza Arsipel itu semacam taman yang luaaass, posisi persisnya ada di antara Anjungan Maluku dan Sulawesi Selatan. Di depannya ada Istana Anak Anak Indonesia. Luasnya 2 ha, kalau mau guling-guling pun dijamin puas! Sambil guling-guling bisa manjain mata dengan liat koleksi bunga anggrek.

Kalau mau ada konser besar, Plaza Arsipel biasanya digunakan. Plazanya bisa nampung sekitar 10ribu penonton. Untuk akhir tahun ini rencananya ada pesta malam tahun baru yang bakal diramaikan musik dangdut Sagita, plus pertunjukan kembang api tentunya. Minat?

taman hijauLihat, lihat! Tamannya luas, bersiihh pula. 🙂

IBUBisa gelar tiker buat makan dan tidur-tiduran, lho.. 😀
*foto ini pinjam dari Mas Sani*

Kalau bawa kartu, bisa juga gelar lapak di pojok taman, mau hunting foto orang pacaran, kembang atau spot-spot lucu juga bisa. Kalo ga mau ngapa-ngapain juga boleh, silakan aja.

——

TIPS

Karena Taman Mini sangat luas, sekitar 150 ha totalnya, sebaiknya sebelum datang kita :

1. Menetapkan tujuan.

Misal nih, ya.. Kita mau berangkat jam 7 pagi dari rumah dan akan ada di TMII sampai jam 5 sore. Berarti ada waktu main sekitar 8-9 jam, termasuk untuk makan siang dan ibadah.

Jadi bisa bikin rencana misalnya mau main air dulu di Snowbay 3 jam, lanjut nonton di Keong Mas dan naik Aeromovel, kemudian pulang. Ga suka dengan rencana pilihan saya? Bisa banget bikin rencana perjalanan sendiri, sesuka hati.

Untuk menentukan perjalanan bisa lihat-lihat panduannya di sini. Jangan lupa setel alarm, ga lucu kalau niatnya jalan jam 7 pagi tapi kamu baru bangun jam 11 siang. :p

Agar mantap, sebelum berangkat, ingat yaaa, sebelum berangkat, bisa juga tanya-tanya soal jam tayang/jam operasional tempat wisata TMII di  info@tamanmini.co.id atau telepon ke salah satu nomor ini (021) 87795616, 8409163, 87792078, 8414567, 8409461, 8409432, 29369593.

2. Sesuaikan budget.

Setiap orang punya prioritas masing-masing. Untuk kopdar tanpa sponsor bisa dibicarakan dulu budget yang dibutuhkan kira-kira sekitar berapa. Buat antisipasi aja sih, kasian kan kalau ada yang pingin main tapi uangnya kurang. Moga ga ada ya kejadian seperti itu, Amiiinn!  Eh hampir lupa, kalau datang dalam rombongan yang cukup besar, bisa juga cek harga paket wisatanya di sini.

3. Pakai baju yang nyaman.

Lokasi antar anjungan yang cukup jauh pasti bikin keringetan kalau jalan kaki. Kebayang kan kalo pake baju rumbai-rumbai bahan satin atau pakai kebaya pas badan bakalan gimana rasanya? Jadi pake baju yang nyaman itu, penting!

Memang sih, selain jalan kaki bisa juga naik kendaraan sendiri, sewa sepeda atau naik mobil keliling, tapi ya kalau siang tetap aja panas. Hindari baju-baju yang ga menyerap keringat, pakai alas kaki yang enak dipake, high heels ditinggal dulu ya, kak…. Bisa bawa topi dan kaca mata muka biar makin hietz! Oh iya, siapkan baju ganti dan payung kalau dirasa perlu.

4. Bawa bekal makan.

Tips ini khusus untuk ibu-ibu dan bapak-bapak hemat di dunia. 😀

——

Ini bonus video, buat yang ragu mau main ke Taman Mini bisa nonton dulu, dijamin besok bangun pagi dan langsung bikin kopdar dadakan di sana. *iya, ini berlebihan* 😀

——

Jadi, kakak Kopdar Jakarta, kapan kita kopdar?

/salam mini, ehh.. maxi.. :p

Catatan : Postingan ini saya ikutkan di Lomba Blog Ulang Tahun ke-5 Kopdar Jakarta. Mohon didoaken supaya menang, yaa.. *injek-injek bumi tujuh kali* *tabur kembang tujuh rupa* *minum air dari tujuh sumur*