Tag Archives: paris notre dame

Akan Kemana Saya di Paris

Sejak kecil, saya sudah menyukai cerita tentang kerajaan.

Bukan, bukan kerajaan yang di Indonesia sih. Tetapi kerajaan-kerajaan di sekitaran Eropa sana.

Apa yang membuat saya tertarik?
BAJUNYA!!

Setiap melihat baju-baju permaisuri/putri kerajaan Eropa, jantung saya berdebar kencang, mata saya bersinar.
Betapa sungguh, saya, ingin sekali saja selama kehidupan ini, diberi kesempatan menggunakan baju sedemikian.

Rasanya pasti super sekali ya, bisa pakai baju yang begitu indahnya… :’)

Maka dari itu, jika saya diberi kesempatan jalan-jalan ke Paris dan sekitarnya, saya akan berkunjung ke Château de Versailles 

dan Château de Vincennes. Rumahnya para putri/pangeran, permaisuri/raja dan anggota kerajaan lainnya.

Sekian abad sudah berlalu sejak baju-baju cantik itu berseliweran di jalanan kota Paris memang, tapi mestinya “rasa” tidak hilang kan ya..
Saya akan menghabiskan waktu di istana yang begitu megah itu, mencecap rasa yang ditinggalkan penghuni sebelumnya..

Mungkin, pada kehidupan sebelumnya, saya ini sepupunya Maria Antoinette, ya…

—–

Selepasnya dari istana, tujuan saya berikutnya adalah Notre Dame de Paris.

Notre Dame de Paris adalah katedral berasitektur gothic di sebelah timur Île de la Cité di Paris, Perancis, dengan pintu masuk utama di barat. Selain tujuan wisata, gereja ini juga masih digunakan untuk tempat misa dan Uskup Agung Paris. Notre Dame de Paris dianggap sebagai salah satu contoh terbaik dari arsitektur gothic Perancis.

Kebayang betapa bahagianya teman-teman yang bisa beribadah di katedral yang sebegitu cantik.. Berdoanya mungkin gak abis-abis, yah 🙂

—–

Oke, tujuan berikutnya adalah : Menara Eiffel

Belum ke Paris kalau belum mampir ke Menara Eiffel, yes?
Selain lokasi syuting banyak sekali film seperti ‘The 400 Blows’ dan juga salah satu film James Bond ‘A View to a Kill’ ada juga film Indonesia yang wangi Paris, inget ga? Bener banget, film “Eiffel I’m In Love” yang pemerannya Si ganteng Samuel Rizal dan Shandy Aulia.

—–

Saya cukup senang ke Museum, hanya saja saya agak penakut. Jangan tinggalkan saya sendirian di museum, please.. Saya takut salah satu benda purbakala itu tiba-tiba melihat ke arah saya dan mengedipkan matanya.. Aduh.. 😐
Sudah sampai di Paris dan pingin ke museum? Pas banget tuh mampir ke Museum Louvre.

Dari Wikipedia : Museum Louvre adalah salah satu museum terbesar, museum seni yang paling banyak dikunjungi dan sebuah monumen bersejarah di dunia. Museum Louvre terletak di Rive Droite Seine, Arondisemen pertama di Paris, Perancis. Hampir 35.000 benda dari zaman prasejarah hingga abad ke-19 dipamerkan di area seluas 60.600 meter persegi.

Museum ini bertempat di Istana Louvre (Palais du Louvre) yang awalnya merupakan benteng yang dibangun pada abad ke-12 di bawah pemerintahan Philip II. Sisa-sisa benteng dapat dilihat di ruang bawah tanah museum. Bangunan ini diperluas beberapa kali hingga membentuk Istana Louvre yang sekarang ini.

Pada tahun 1682, Louis XIV memilih Istana Versailles sebagai kediaman pribadi, meninggalkan Louvre untuk selanjutnya dijadikan sebagai tempat untuk menampilkan koleksi-koleksi kerajaan. Pada tahun 1692, di gedung ini ditempati oleh Académie des Inscriptions et Belles Lettres dan Académie Royale de Peinture et de Sculpture. Académie tetap di Louvre selama 100 tahun berikutnya. Selama Revolusi Perancis, Majelis Nasional Perancis menetapkan bahwa Louvre harus digunakan sebagai museum untuk menampilkan karya-karya bangsa.

Museum ini dibuka pada tanggal 10 Agustus 1793 dengan memamerkan 537 lukisan. Mayoritas karya tersebut diperoleh dari properti gereja dan kerajaan yang disita Pemerintah Perancis. Karena masalah struktural dengan bangunan, museum ditutup pada tahun 1796 hingga 1801.

Jumlah koleksi museum meningkat di bawah pemerintahan Napoleon dan museum berganti nama menjadi Musée Napoléon. Setelah kekalahan Napoleon dalam Pertempuran Waterloo, sebagian besar karya-karya yang disita oleh pasukannya kembali ke pemilik asli mereka. Koleksi museum ini ditingkatkan lagi selama pemerintahan Louis XVIII dan Charles X, dan selama masa Imperium Perancis Kedua, museum berhasil memperoleh 20.000 koleksi.

Koleksi museum terus bertambah dengan adanya sumbangan dan hadiah yang terus meningkat sejak masa Republik Perancis Ketiga. Pada tahun 2008, koleksi museum dibagi menjadi delapan departemen kuratorial: Koleksi purba Mesir, Timur Dekat, Yunani, Etruscan, Romawi, Seni Islam, Patung, Seni Dekoratif, Seni Lukis, Cetakan dan Seni Gambar.

—–
Lalu kemudian, setelah lelah jalan-jalan seharian, saya mau mampir ke Place des Vouges. Place des Vouges ini bentuknya areal persegi 140 m x 140 meter yang dikelilingi 35 bangunan. Areal ini dibangun oleh Raja Henri IV dari tahun 1605 hingga tahun 1612.

Piknik di taman, baca buku sambil nyemil croissant.. Wuh, indahnya dunia..

—–
Gak kerasa udah malam aja, waktunya ganti baju, dandan cantik dan wangi.. Pake baju ala-ala putri perancis, lalu duduk manis nunggu dijemput pangeran tampan.
Ya, kamu benar. Tujuan saya berikutnya adalah Palais Garnier! Mari kita nonton opera. 🙂

Saya mau sebelah tangan saya dituntun lelaki tampan dan sebelah tangan lainnya menjinjing ujung baju cantik pas naik tangga ituh.

—–

Menginap di mana?

Saya memang tidak bisa kembali ke masa lalu, tapi untuk merasakan masa lalu, termasuk dilayani serupa putri perancis, tentu saja bisa dilakukan.
Menginaplah di Four Season Hotel George V, Paris.

—–

Kalian, pingin ke Paris juga kayak saya?
Mmm, gimana ya? Kayaknya musti nabung dulu yang mungkin akan makan waktu bertahun-tahun..

Saya? Saya sih sekarang lagi ikut kuisnya di fanpage-nya XL Rame. Hadiahnya jalan-jalan ke Phuket, Jepang, dan Paris.
Mainin gamenya, terus kalau poinnya cukup bisa coba keberuntungan “beli” jalan-jalan impian.

Ada masing-masing 5 orang yang bakalan diterbangin ke Phuket dan Jepang, plus 3 orang ke Paris.

Eniwei, sudah sekitar semingguan ini saya menambahkan satu item lagi dalam doa saya.
Saya sih berharap Tuhan mau berbaik hati mendengarkan dan mengabulkan doa saya.

Karena, postingan blog juga adalah doa, demikian niat awal postingan ini ditulis.

/salam

sumber : kebanyakan wikipedia 🙂