Tak Kenal Tuhan Pasti Celaka?

PK 2

Setelah beberapa review menarik soal Film PK di twitter, saya dengan sungguh hati memutuskan untuk menonton filmnya. Untungnya saya ga ketemu spoiler sebelum nonton, plus review singkat di web 21cineplex.com bisa dibilang tidak menjelaskan jalan cerita filmnya. 

Seperti laiknya film India lainnya, durasi film PK cukup panjang, totalnya 153 menit. Sejelek dan seabsurd apapun film, saya tidak pernah meninggalkan teater sebelum filmnya benar-benar selesai. Sebagai pencegah bosan, untuk teman dua setengah jam ke depan saya menyiapkan makanan dan cemilan yang cukup beragam.

Sebelum melanjutkan membaca, saya ingatkan kalau review ini akan penuh dengan spoiler. Jika ada niat menonton, boleh diskip saja yah, kak. ^^

Film dimulai tepat waktu. Diawali dengan kemunculan PK alias alien yang diperankan oleh Aamir Khan. Pesawat yang mengantar PK persis dengan cerita yang sering kita dengar, serupa piring terbang. Bedanya, pesawat PK datangnya menyaru, sembunyi di dalam bayang-bayang awan.

PK datang tanpa baju karena di planetnya tidak ada orang yang mengenakan pakaian, satu-satunya hiasan yang melekat hanya remote control berupa batu bercahaya yang dikalungkan pada leher. Remotenya ini punya fungsi buat jemput ke bumi. Ironisnya, saat bingung sendirian dan butuh bantuan, remote control PK sukses dicuri.

Telanjang dan bingung. PK mikir gimana caranya melebur ke lingkungan. Dia liat orang-orang pake baju yang beda-beda trus berpikir kalau manusia itu kulitnya ya si baju ituh. Nah, pas liat mobil menari alias mobil goyang dan ngintip ke dalemnya PK baru tau kalo kulit manusia sama aja dengan kulitnya dia.

PK trus ambil baju dari mobil goyang, tiap nemu mobil goyang dia punya baju baru, dan dompet baru. ^^

Tak bisa bahasa bumi, PK kesulitan beradaptasi. PK udah usaha untuk pegang tangan orang-orang supaya bisa transfer kemampuan bahasa, tapi ga ada yang mau nolong. Kebanyakan malah takut dan marah tangannya dipegang-pegang orang asing.  Ya iyalah!

Nah, waktu dikejar-kejar sama orang itu, PK ga sengaja ketabrak sama rombongan pemain musik tradisional.

Adalah Bhairon Singh, ketua tim pemusik itu yang kemudianmerasa bertanggungjawab karena udah nabrak PK. Di ruangan dokter, PK nurut aja dibawa kesana-kemari, bengong ga jelas. Dokter dan Bhairon mengira PK hilang ingatan karena ditabrak. 🙂

Bhairon yang baik hati kemudian ajak PK gabung di grup musiknya. Sepanjang bareng Bhairon si PK makin parah nyari tangan buat dipegang-pegang. Bhairon yang capek marah & ngasitau kalau itu salah memutuskan nganter PK ke komplek pelacuran. Dia mikirnya si PK ini butuh pelampiasan.

Tenang, ga ada adegan nge-seks kok. PK cuma megang tangannya si cewe aja selama ENAM JAM! Abis itu dia bisa bahasa Hindi. Ishh, ngiri deh sama PK!

Udah bisa ngomong, PK cerita permasalahannya ke Bhairon. Bhairon bilang, PK mesti ke New Delhi soalnya kalau orang nyuri ga mungkin jualnya dekat-dekat, pasti jauh.
Sampai New Delhi, PK lapor polisi. Polisi bilang PK mesti berdoa sama tuhan. Ga cuma polisi, tapi semua orang yang dia temui bilang kalo cuma tuhan yang bisa bantu.

Nah, di sini film jadi tambah seru! PK yang bingung dan tak kenal tuhan bertemu berbagai macam penganut kepercayaan yang umum di India. Sepanjang perjalanan mencari tuhan ini banyak betul percakapan dan kalimat cerdas yang bikin ketawa ngakak sekaligus mikir.

Intinya sih PK menyimpulkan kalau tuhan itu punya banyak manajer dan tiap manajer ngasi perintah yang beda-beda. Nah, manusia bumi itu milih manajer masing-masing yang dipercayai dan ikut aturan yang manajernya kasih. Kalau ga ikut perintahnya, bisa celaka!

PK pilih siapa?
PK ikut semua manager. Dia ga pernah lalai puasa, datang ke kuil, shalat, misa, ikut tradisi agama semacam berendam di sungai, guling-guling di jalan, juga pukul-pukul badan. Tapi doanya PK belum dijawab juga sama tuhan.PK

PK kesal, lalu menyebarkan flyer “telah hilang, tuhan”. Udah begitu keras usahanya, tetap aja remotenya ga balik. 🙁
Waktu lagi sibuk nyari tuhan ini, PK ketemu dengan Anushka Sharma yang main jadi Jagat Janani (Jaggu).

Jaggu yang reporter TV ngerasa cara berpikirnya PK itu unik. Kayak anak kecil yang pingin tau banyak hal tapi ga ketemu sumber informasi yang terpercaya. Semua pertanyaannya PK soal hidup dan agama itu logis, tapi kebanyakan ga berani dipertanyakan sama umatnya. Takut kualat mungkin. 🙂

Jaggu ngebujuk bosnya, Cherry Bajwa, buat masukin PK ke acaranya dia. Ga disangka acaranya jadi hits! Bapaknya Jaggu yang hindu banget trus marah-marah, soalnya acaranya Jaggu itu nyinggung pemuka agama yang super terkenal, Tapasvi Maharaj. Keluarga Jaggu ini digambarkan mengimani Tapasvi lebih dalam ketimbang mengimani tuhan. 🙂
Bahkan waktu Jaggu jatuh cinta sama Sarfaraz Yousuf, cowo Pakistan yang muslim, orangtuanya Jaggu langsung dateng ke Tapasvi untuk minta petunjuk. Tapasvi meramalkan kalau Jaggu bakalan ditinggalin sama cowonya dan dia bilang cowo muslim itu ga setia. Dududu..

PK mikir ini manajer-manajer kok bukannya memudahkan hambanya tapi malah nyusahin. Misal nih ya, ada yang sakit dan mohon kesembuhan, kok pemuka agama malah nyaranin pergi ke xxx yang jauhnya dua hari dari rumah, trus jalan sejauh xxx kilometer sebelum berdoa di tempat yang ditentukan. Atau, apa iya tuhan yang sayang sama anak-anaknya di bumi nyuruh anaknya guling-guling/mukul badan sendiri sebelum ngabulin permintaannya?

Jadi, PK menyimpulkan kalau pemuka agama nelpon tuhan ke nomor yang salah. Kalau pemuka agama ngubungin tuhan ke nomor yang benar, tuhan pasti kasi solusi yang welas asih dan ga ngerepotin! 🙂

Buat beberapa penganut agama, termasuk Hindu yang jadi agama mayoritas di India, PK ini bisa jadi dianggap menghina. Film yang disutradarai Rajkumar Hirani ini banyak meninggalkan bekas dan pertanyaan baru tentang cara pandang terhadap agama.

Uhm, saya mau rekomendasiin yang kemarin ribut soal ucapan selamat natal untuk nonton film ini. Mungkin aja bisa kebuka pikirannya.

Oh iya meski temanya luar biasa berat, persoalan agama ini dibawakan lewat cerita yang luar biasa ringan dan bikin ketawa. Saya jadi inget jamannya Ustd Zainuddin M.Z yang selalu kasi materi agama dengan kalimat atau pengandaian lucu.

Buat kamu yang cintanya bertepuk sebelah tangan, PK juga titip pesan, kalau sebegitu besar cintanya maka akan sebegitu besar juga keinginan melihat yang dicintai bahagia.

Hidup move on!

===================

PK Cast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *