Taman Bungkul, Tongkrongan Hits di Surabaya

Kalau bicara Taman Bungkul, memori saya langsung membawa ke acara bagi-bagi eskrim setahun lalu yang sukses jadi perbincangan, bukan karena suksesnya, tapi karena setelah acara, Taman Bungkul jadi rusak parah. Ibu Risma pun sukses marah-marah ke penyelenggara.

Akhir pekan kemarin saya menghapus memori itu dan menggantikannya dengan memori lain. Kehidupan malam! 😀

playground

Malam lembab dan basah saat saya, Timo, dan Listya mampir ke Taman Bungkul, Surabaya. Kedatangan kami ke taman ini atas rekomendasi seorang teman wartawan yang mampir untuk wawancara event Amazing Race ala POP Hotel, “Kalau ke Surabaya, mampir ke Taman Bungkul. Taman ini selalu ramai, setiap waktu.

Dari POP Hotel Stasiun Kota, tempat kami menginap malam itu, Taman Bungkul bisa dicapai sekitar 15menit saja dengan UBER. Saya pikir taman ini akan sepi karena hujan kecil masih terus turun, tapi ternyata ndak terbukti! Masih banyak orang yang berteduh di tenda-tenda sekitar taman. ^^

taman 2

selasar

taman 1

taman

Taman yang lokasinya ada di Jalan Darmo ini cantik dan bersih. Banyak spot yang untuk duduk-duduk santai bareng kawan.

Informasi berikut ini saya kutip dari wikipedia: Awal mula nama Taman Bungkul berasal dari nama tokoh yang menyebarkan Islam di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Nama aslinya Ki Ageng Supo, gelarnya kemudian adalah Sunan Bungkul atau Mbah Bungkul. Di belakang taman terdapat makan Sunan Bungkul, dan sering jadi tujuan ziarah.

Taman Bungkul diresmikan pada 21 Maret 2007. Sekarang ini Taman Bungkul sudah dilengkapi banyak fasilitas seperti skateboard track, BMX track, jogging track, plaza (panggung untuk live performance berbagai jenis entertainment), zona akses Wi-Fi gratis, telepon umum, area green park dengan kolam air mancur, taman bermain anak-anak hingga pujasera.

area main

pujasera
tempat jajan di Taman Bungkul
pot snack
Cemilan @timo_wp di Taman Bungkul malam ini. Es krim pot ini harganya Rp 15ribu. Isinya ada, coco crunch, es krim, roti kering, oreo, gummy, meisis, dan keju. Sumpah mati rasanya manis banget! Icip dikit langsung mundur teratur. 🙂
Pesanan Listya, Susu Jahe yang ga kerasa jahenya. Lebih mirip minum susu kental manis dengan harum-harum jahe sedikit. :)
Pesanan Listya, Susu Jahe yang ga kerasa jahenya. Lebih mirip minum susu kental manis dengan harum-harum jahe sedikit. 🙂
Pesanan saya, jus buah naga tanpa susu dan gula. Gelasnya super besar, lebih mirip air putih warna ungu. Hampir tawar
Pesanan saya, jus buah naga tanpa susu dan gula. Gelasnya super besar, lebih mirip air putih warna ungu. Hampir tawar

Karena sudah kenyang, kami cuma pesan makanan kecil aja. Kalau teman-teman mampir ke sana dan mau makan berat, bisa coba Rawon Kalkulator.  Makanan ini lumayan banyak yang merekomendasikan. Kemarin sempat lewat tendanya dan yang belanja lumayan rame. Oh iya, kalau duduk-duduk di Pujasera, jangan lupa siapin uang kecil karena ada pengamen yang akan bolak-balik menghibur.

Ada rencana ke Surabaya? Bolehlah mampir ke taman ini, ya. Oh iya, nanti duduknya jangan sendirian yaa, kuatirnya dikira sedang  nunggu pelanggan. 🙂

/salam jalan-jalan

7 thoughts on “Taman Bungkul, Tongkrongan Hits di Surabaya”

  1. Taman bungkul memang menjadi satu diantara ikon kota pahlawan Surabaya. Sebenarnya awalnya dulu merupakan tempat tinggal mbah bungkul (kyai pejuang melawan belanda). di dalam tembok itu ada makam mbah bungkul (masih tetap menjadi lokasi wisata religi di Surabaya).
    Coba lain kali ke wisata religi Sunan Ammpel. banyak view bagus untuk diambil gambarnya mbak. (arsitektur rangka ruang utama masjid, juga cukup bagus)

  2. Waktu di surabaya, saya mainnya siang-siang hehehe…. sekalian maksi di sana dan ajak anak main di tamannya.

    Teduhnya pepohonan di sana bikin nyaman, ples semilir angin bikin ngantuk hihih…

    Enaknya di sana mainannya banyak, saya ke sana bukan kala wiken tapi tetep aja rame anak2 yang bermain di sana, gimana kalo ke sana pas wiken ya? pasti penuh Xp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *