10 Tempat Wajib Kunjung di Bintan

Kalau bicara soal Bintan, apa yang kamu pikirkan?
Sebagian besar orang pasti membayangkan deretan resort mewah plus acara duduk-duduk santai di tepi kolam sambil minum cantik & nyemil canape. Tentu saja yang dibayangkan itu nyata adanya, segala fasilitasnya sudah tersedia, tinggal datang saja.

Kali ini saya ingin berbagi beberapa aktivitas seru -selain duduk manis ala sosialita- yang bisa dipilih kalau nanti teman-teman berkunjung ke Bintan. Selamat menikmati. 🙂

1. Vihara Ksitigarbha Budhisattva / Vihara Seribu Wajah

ada yang mengintip dari belakang

Jangan lewatkan Vihara Ksitigarbha Budhisattva jika berkunjung ke Pulau Bintan. Vihara yang baru diresmikan pada awal tahun 2017 ini akan memberikan pengalaman yang berbeda. Bukan asap dupa, bukan ornamen merah, di sini kita akan bertemu dengan ‘seribu’ wajah buddha yang diabadikan dalam patung batu.

Vihara Ksitigarbha Budhisattva dikenal juga dengan nama Vihara Patung 1000. Lokasinya ada di atas bukit, tidak jauh dari jalan raya Asia Afrika KM 14 Kijang Kota, Tanjungpinang. Jika datang dari luar kota dan hendak bertolak ke vihara ini dari Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah, cukup infokan saja nama vihara dan lokasinya ke sopir. Tidak ada angkutan umum menuju lokasi, kalau ingin jalan-jalan puas di Pulau Bintan memang disarankan menyewa kendaraan pribadi atau ikut tur wisata.

Alamat: Jalan Raya Asia Afrika KM 14/Batu 14, Kijang Kota, Tanjung Pinang, Bintan, Kepulauan Riau
Telepon: 0813 6453 7222
Jam Operasional: 09.00 – 17.00
Tiket: Rp5.000

2. Rumah Arang

Apakah kamu tahu di Indonesia ada igloo?
Lokasi igloo-nya ada di Pulau Bintan. Uhm, igloo-nya memang ga sama persis. Igloo yang ada di sini fungsinya bukan tempat tinggal tapi untuk membakar arang. Bangunan-nya juga bukan dari balok es, tapi dari batu bata.

Bangunan berbentuk kubah milik warga Suku Laut dikenal dengan nama Rumah Arang. Di Bintan jumlahnya tinggal sedikit, kebanyakan sudah hancur seiring dilarangnya proses pembuatan arang dengan bahan baku kayu bakau. Tidak ada biaya masuk untuk berkunjung ke sini.

Alamat: Desa Kuala Sempang, Busung, Bintan, Kepulauan Riau.
3. Pulau Penyengat

Sebenarnya Pulau Penyengat sudah berpisah laut dengan Pulau Bintan. Tapi karena lokasinya sangat dekat, saya sarankan sempatkan juga main-main ke sini. Pulau Penyengat bisa diakses melalui plantar (pelabuhan) kuning yang lokasinya ada di dekat Jalan Pos. Jika kebingungan coba luaskan pandangan dan cari jembatan yang warnanya kuning terang.

Dari plantar, Pulau Penyengat bisa diakses dengan pompong (perahu penumpang). Kapasitas pompong bervariasi tergantung besar/kecilnya perahu. Ongkos sekali jalan ke Pulau Penyengat Rp7.000. Khusus untuk warga Penyengat ongkosnya spesial, cuma Rp 5000 untuk jarak yang sama.

bersama @lostpacker, @ekiferdian19, dan @negerikitasendiri

Di Pulau Penyengat kita bisa mampir ke Masjid Raya Sultan Riau, Komplek Makam Engku Hamidah, dan ke Makam Raja Ali Haji (pujangga pengarang Gurindam 12). Masih di pulau yang sama, kita bisa melihat juga peninggalan dari Kerajaan Riau Lingga lainnya seperti Balai Maklumat, Balai Adat, Istana Kantor, dan Gudang Mesiu.

Jika waktu masih cukup panjang, habiskan waktu sedikit lebih lama di Balai Adat untuk berfoto dengan pakaian khas Melayu. Sewa pakaiannya hanya Rp25.000 saja. Murah ya. 🙂

Alamat: Pulau Penyengat, Kepulauan Riau
Transportasi: Becak tersedia di plantar, biaya sewa per jam sekitar Rp30.000
Jam Operasional: Pulau terbuka sepanjang waktu, untuk pengalaman maksimal sebaiknya berkunjung mulai pukul 7.00 – 17.00 WIB.
4. Gurun Pasir Busung

Bukit pasir yang sekilas mirip gurun ini adalah salah satu lokasi yang bisa didatangi kalau mau bikin foto ala-ala buat Instagram di Pulau Bintan. Meskipun terlihat alami, Pasir Busung tidak terbentuk karena faktor alam, lho.

Gunungan pasir yang kelihatan seperti gurun itu adalah hasil galian tambang yang dibiarkan menumpuk setelah ada larangan ekspor pasir ke luar negeri. Di area bukit pasir ada danau bekas kerukan pasir yang airnya terlihat kebiruan. Cantik!

teman seperjalanan saya, @swastikanohara
Alamat: Desa Busung, Jalan Raya Busung, Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau 29152 
Jam Operasional: 09.00 – 17.00 WIB
5. Safari Lagoi

Safari Lagoi adalah rumah bagi berbagai hewan yang diselamatkan dan terancam punah termasuk orangutan, komodo, beruang madu, gajah, buaya, dll. Hewan dan burung yang berada di Safari Lagoi sebagian besar diselamatkan dari perdagangan hewan peliharaan ilegal dan pasar daging eksotis.

Kebanyakan hewan-hewan yang diselamatkan kemudian dinilai tidak mampu bertahan hidup di alam liar, karena itu hewan kemudian dipelihara di Safari Lagoi.

Di Safari Lagoi ada eco-farm juga. Hasil dari eco-farm seluas 17 hektar ini kebanyakan digunakan langsung sebagai pakan hewan. Sisanya dibuat menjadi rujak dan dikonsumsi oleh pengunjung. Rujak dihidangkan pada akhir kunjungan dan sudah termasuk ke dalam harga tiket masuk.

Alamat: Kota Baru, Tlk. Sebong, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau 29152
Transportasi: Tidak tersedia transportasi umum, disarankan menyewa kendaraan, menumpang shuttle bus dari Pujasera, atau ikut tur.
Jam Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Tiket: Weekdays Rp35.000 | Weekend Rp45.000.
6. Mangrove Tours

Mangrove Tours di Bintan tersedia untuk siang dan malam hari. Tur di siang hari memungkinkan kita melihat lebih jelas penampakan akar bakau yang saling membelit dengan cantik. Tur di malam hari memungkinkan kita melihat kelap-kelip sinar yang dipancarkan kunang-kunang. Boleh ikut keduanya jika penasaran. ^^

Tur akan makan waktu sekitar 1,5 jam di sepanjang Sungai Sebung. Di siang hari, jika beruntung, kita bisa berjumpa dengan satwa liar seperti monyet, biawak, dan ular.

Alamat:  Sungai Sebong, Pulau Bintan, Kepulauan Riau 29155.
Transportasi: Tidak tersedia transportasi umum, disarankan menyewa kendaraan, menumpang shuttle bus dari Pujasera, atau ikut tur.
Jam Operasional
Day Tour: 09.00 | 10.30 | 13.00 | 15.00 | WIB
Night Tour: 19.30 WIB
Contact BRC TOURS: 62 770 692917/18 | WhatsApp +62 8127603733
Tiket: Dewasa Rp380.000 | Anak-anak Rp250.000.
7. Panahan di Nirwana Garden

Sejak nonton film Tiga Srikandi, saya sudah penasaran ingin coba memanah. Kemarin, waktu ke Bintan, akhirnya kesampaian. 😀

Untuk kegiatan memanah di area Bintan Resort tersedia di Nirwana Garden. Di Nirwana sebenarnya banyak aktivitas lain yang juga menarik, ada paket outing juga. Silakan menghubungi langsung untuk informasi lebih lengkap.

Karena saya hanya menjajal panahan, saya ceritanya soal itu saja ya. Sebelum mulai, pemandu panahan akan menjelaskan cara memegang, menarik, dan melepaskan busur. Boleh tanya-tanya sampai puas kalau belum paham. Untuk memanahnya, Nirwana Garden menyediakan tiga macam busur. Busur kecil dan elastis untuk anak-anak, busur untuk pengguna tangan kanan, dan busur untuk pengguna tangan kiri.

Itu kenapa kelingking ngetril, yak?

Untuk satu kali putaran panahan, pengunjung diberikan 25 anak panah. Kalau kurang tentu saja bisa minta lagi. Kemarin sepertinya saya main 3 atau 4 putaran gitu deh, ga mau berhenti. 😀

Alamat: Jalan Panglima Pantar, Lagoi 29155, Bintan Resorts, Indonesia.
Telephone: (62) 770 692505
Fax: (62) 770 692550
Transportasi: Tidak tersedia transportasi umum, disarankan menyewa kendaraan atau ikut tur.
Jam Operasional
Day Tour: 08.00 - 18.00 WIB 
Tiket Panahan: Rp95.000 per 25 anak panah (tamu menginap) | Rp120.000 per 25 arrows (tamu luar).
8. Main ATV di Bintan Lagoon Resort

Buat yang suka ngebut-ngebutan, bakalan seneng kalau naik ATV di Bintan Lagoon Resort. Kemarin waktu nyobain pas musim kering, jadi jalannya ga jorok-jorok amat. Pasti akan lebih seru kalau main ATV di musim hujan, ya.

main ATV di Bintan Lagoon Resort

Harga sewa ATV-nya berbeda antara single seat dan double seat:

  • ATV Double Seat: Rp545.000 (15 menit), Rp910.000 (30 menit), Rp1.335.000 (60 menit).
  • ATV Single Seat: Rp363.000 (15 menit), Rp665.000 (30 menit), Rp1.150.000 (60 menit).

Oh iya, kalau mainnya weekdays antara jam 09.00 – 13.00 WIB, bakalan dapat diskon 25%! Lumayan ya. 🙂

Alamat: Jl. Indera Segara Site A12, Lagoi, Teluk Sebong, Sebong Lagoi, Tlk. Sebong, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau 29155
Telepon: (0770) 691388
Transportasi: Tidak tersedia transportasi umum, disarankan menyewa kendaraan atau ikut tur.
Jam Operasional
Day Tour: 09.30 - 16.30 WIB (weekdays) | 09.30 - 18.00 WIB (weekend)
9. Treasure Bay Bintan

Punya waktu mepet tapi pingin seru-seruan sampai kaki loyo? Treasure Bay Bintan pilihan yang paling tepat! Di sini kita bakal dapat paket hiburan/liburan lengkap, makan-tidur-senang-senang, semua dalam satu area.

Pilihan aktivitas di Treasure Bay lumayan banyak, segala ada. Karena cuma punya waktu setengah hari, saya dan teman-teman kebagian menjajal 4 macam aktivitas saja, UTV, Scooter, Cable Tube, dan Slip & Slide.

CABLE TUBE yang bikin jantung melompat.
SLIP & SLIDE, perosotan uji nyali.
Naik Scooter keliling komplek resort.
Main ciprat-ciprat lumpur sambil naik UTV.

Treasure Bay Bintan punya beberapa paket untuk aktivitas di resort. Silakan cek websitenya, kirimkan email, atau hubungi nomor yang tertera di bawah ini untuk informasi paket liburannya.

Alamat: Treasure Bay Bintan, Jln. Raja Haji KM 01 Kawasan Pariwisata, Teluk Sebong Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau 29152 Indonesia.
Telepon: (+62) 770 69 2259
Email: enquiries@treasurebaybintan.com
10. Plaza Lagoi

Plaza Lagoi adalah tempat yang tepat untuk mengakhiri acara jalan-jalan di Bintan. Di sekitar dan di area plaza banyak tempat yang bisa dikunjungi, seperti Lagoi Bay, Rumah Imaji, dan tempat makan kekinian Food*Gram.

Sebelum mampir ke pantai, bolehlah mampir dulu ke Rumah Imaji untuk foto ala-ala 3 dimensi dan upside-down. Rumah Imaji buka mulai pukul 10.00 am – 09.00 pm. Tiket masuk per orangnya Rp50.000. Waktu untuk foto-foto di Rumah Imaji tidak dibatasi. ^^

Puas main di Rumah Imaji, saatnya ke pantaaaiii.. 😀

Lagoi Bay adalah pantai yang terbuka dan bebas dikunjungi tanpa tiket masuk, pemandangan matahari terbenam di pantai ini sungguh cantik.

Setelah matahari hilang sempurna, saatnya makan malam enak di Warung Yeah atau Food*gram. Pilihan makanan di dua tempat makan yang saya sebut tadi cukup beragam dan harganya pun terjangkau.

Masih punya waktu untuk berkeliling sebelum kembali ke penginapan/rumah? Mampirlah ke Lantern Park! Di sini kita bisa melihat 21 jenis hewan warna-warni yang disebar ke area seluas 4000 meter persegi.

Lantern Park bisa dikunjungi mulai pukul 05.00 pm – 10.00 pm pada hari kerja dan pukul 02.00 pm – 11.00 pm pada akhir pekan. Tiket masuk ke Lantern Park untuk dewasa adalah Rp50.000 dan hanya Rp15.000 saja untuk anak-anak.  🙂

Alamat: Sebong Lagoi, Tlk. Sebong, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau
Telepon: 0812-6131-9820
Jam Operasional: 24 jam
------------

Semua lokasi wisata di atas bisa diakses secara pribadi ke lokasi atau menggunakan jasa tur. Akhir bulan lalu, dalam kunjungan selama 5 hari kami ditemani oleh teman-teman dari BRC TOURS.

BRC Tours menyediakan cukup banyak paket pilihan untuk wisata. Jika ingin menentukan initerary sendiri tentu boleh saja. Diskusikan pilihan lokasi langsung ke tim BRC Tours lewat akun instagram mereka di @brctours, lewat email di brctours@bintan-resort.com, atau lewat telepon di 62 770 692917/18 | WhatsApp +62 8127603733.

Selamat liburan di Bintan!

/salam jalan-jalan

37 thoughts on “10 Tempat Wajib Kunjung di Bintan”

    1. Thx ke tukang potonya yang jago banget ambil gambar. Daku sebagai model-modelan cuma bisa berdiri aja di situ. 😀

  1. Kak Re, seru banget! Aku baca satu persatu sampe diulang-ulang kalau belum jelas. Semuanya seru dan wajib coba banget yak? Aku pengen nyoba panahan sama main ATV wkwkwk belum pernah seumur hidup wkwkw

    1. Panahannya seru banget euy Non. Ku rasanya kalau ga ditungguin temen-temen yang lain ga mau pulang aja. Mau main panahan sampai tangannya lecet. 😀

    1. Viharanya iyes, cakep banget kaya lagi di setting film-film kerajaan zaman dulu. Gurun pasirnya tuh kalo jago motret dapetnya bagusssss banget.

  2. Ih, senang banget lihat tempat wisata yang keren-keren seperti ini. Pulau Bintan punya pesaona keindahan. Saya suka dengan ‘seribu’ wajah buddha yang diabadikan dalam patung batu.

  3. Hai mbak Re, salam kenal ya. Waah jadi pengen ke Bintan dehh..tempatnya eksotik banget dan foto2nya bikin mupeng. Makasih sharing perjalanannya ya mbak.

    1. Lumayan lho ini Rumah Imajinya. Ini pertama kalinya aku masuk ke wahana 3D yang serius. Biasanya paling nyobain beginian kalo ada acara atau pas ada pameran gitu di mal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *