Anak dan Teknologi, Teman atau Lawan?

by | Jan 30, 2016 | 7 comments

Bicara soal teknologi, mengingatkan saya pada keputusan membelikan gadget khusus buat anak, 3 tahun yang lalu. Keputusan ini muncul semata-mata karena dorongan emosi sesaat.

Teman saya pada satu waktu datang ke rumah bersama anaknya. Ia menenteng smartphone 5 inci dan sesekali membolehkan si anak meminjam gadgetnya untuk main-main. Anak saya kelihatan sekali ingin pinjam, tapi anaknya teman kelihatan sekali tidak berkenan. Gadget emaknya didekap erat-erat.

Saya panas, dan berjanji dalam hati akan segera membelikan gadget untuk Embun. Saya akui saat itu saya jauh sekali dari pintar.

Soal teknologi ini dibahas juga oleh Psikolog Tika Bisono dan Evelyn Simanjuntak, VP, Head of Alternative Distribution Channel Sun Life Financial Indonesia di event Sun Life Edufair 2016, kemarin. Ada yang lagi galau teknologi juga? Boleh simak rangkuman bincang-bincangnya di bawah ini, ya. Semoga bermanfaat. 🙂

bincang-bincang

Anak-anak di bawah usia 5 tahun, menurut Tika Bisono, sebaiknya diberikan kesempatan seminimal mungkin bertemu gadget. Gadget memang memberikan banyak informasi dan pengetahuan, tapi pada usia tersebut, anak-anak akan menyerap lebih banyak lewat pengalaman. Contohnya, ketimbang mengajarkan aneka warna dan bentuk lewat gadget, lebih baik ke luar rumah dan menyebutkan warna-warna yang dilihat secara langsung.

Wah, daunnya warna hijau, nih. Coba kamu pegang, ada yang tipis ada yang tebal. Ada yang besar, ada juga yang kecil,“, atau “Ban itu bentuknya bulat, ya.. Kalau petak kira-kira mobilnya bisa jalan nggak, ya?” dsb

Kebanyakan orangtua, menurut Tika lagi, memberikan gadget bukan karena “sayang anak”, tapi menjadikan gadget jadi obat untuk anak yang rewel, anak yang susah makan, anak yang bosan, dll. Baiknya sediakan aktivitas lain untuk anak selain gadget agar kemampuan motorik, analitik, dan kecerdasannya berkembang, misalnya mewarnai, bermain balok, melempar bola, dll.

Evelyn Simanjuntak kemarin juga sempat berbagi cerita soal anak-anaknya yang sangat terikat dengan gadget. “Saat liburan keluarga, anak-anak nggak tanya apa nama hotelnya atau nanti liburan mau ke mana aja. Mereka cuma tanya, nanti di hotel ada akses wifi atau nggak.

Huih..
Gak cuma emak-bapaknya, anak-anak udah tergantung sama akses internet. 🙁

Oh iya, idealnya kan anak-anak akses ke internetnya dibatasi, tapi prakteknya akan sulit karena anak-anak itu jago betul menyontoh. Jadi, kalau mau anak-anak ga terlalu lekat dengan gadget, orangtuanya juga harus rela siapkan waktu berkualitas bersama mereka. Duh, padahal saya sering lho bilang “Sebentar ya, Nak. Buma bales email dulu,” kalau Si Embun ngajak main. 🙁

Teknologi memang bukan lawan, tapi kawan yang digunakan sesuai kebutuhan. Banyak banget informasi yang bisa dipakai dari internet, banyak aplikasi keren juga. Tinggal kitanya aja, bisa mengontrol diri atau nggak. Iya, kan?

pertunjukan di panggung utama

pertunjukan di panggung utama

Oh iya, ini juga penting! Jadi acara bincang-bincang itu kan ada di Sun Life Edufair, yah. Edufair ini ada di Atrium Senayan City, mulai tanggal 28 – 31 Januari besok. Kalau ada main sekitaran Jakarta, coba mampirin deh, bawa anak/keponakan jangan lupa. Di Edufair ada booth sekolahan yang penting banget dikunjungi kalau teman-teman mau cari info bakal sekolah si kecil tahun depan, ada booth permainan anak, ada juga pertunjukan di panggung utama. Rame.

meronce

meronce gelang dan kalung

menyusun

permainan huruf, angka, dan balok

melipat gunting

gunting lipat kertas

lego

bricks!

mewarnai 1

mewarnai

mewarnai 2

 

salah satu booth sekolah

salah satu booth sekolah

paspor

paspor kegiatan. setelah minimal mengunjungi 3 booth sekolah dan ikut di 3 booth permainan, paspornya bisa ditukarkan dengan merchandise

hadiah paspor

boneka hasil tukar paspor. 🙂

Embun betah banget di lokasi acara, sayangnya karena udah terlalu sore dan saya mesti pergi ke satu tempat, acara main-mainnya disudahi dulu. 🙂

Senang bisa ketemu teman-teman dan dapat banyak informasi soal sekolah di sini. Buat teman-teman yang sedang cari sekolah, buruan mampir ke Atrium Senayan City, lumayan ga perlu jauh-jauh untuk dapat informasi sekolahan favorit. Sekali melangkah, dapet banyak sekaligus!

Ini ada tambahan info, Tips Menyiapkan Dana Sekolah Anak. Tipsnya nyaplok dari twitternya Sun Life, sih. Semoga bermanfaat!

tips dana sekolah

/salam sekolahan

 

YOU MAY ALSO LIKE

7 Comments

  1. Kornelius ginting

    Hehehehe.. Masih banyak beberapa orang tua yg saya liat anaknya di bawah 5 tahun membiarkan mereka asik dengan gadgetnya.. Karena orang tuanya sendiri asik juga dengan gadgetnya..

    Reply
    • rere

      gadget jadi jalan ke luar yang mudah dan semakin murah, bang. 🙁

      Reply
  2. bay

    silaunya lcd layar gadget juga bisa mengganggu mata anak-anak, bisa bisa nanti cepat pakai kacamata deh

    Reply
    • rere

      Apalagi main gadgetnya sambil tiduran yaaaa

      Reply
  3. @nurulrahma

    Mbaaaak, apakah tim SunLIfe bikin acara beginian juga ke Sby?

    Pengeeeeen 🙂

    Reply
    • rere

      Waahhh, moga mampir ke Surabaya mereka ya.
      Asikk, mana gratisan pulak masuk ke lokasinya. 🙂

      Reply
  4. Vixalexa

    Kasian anak jaman sekarang gak bisa ngerasain main kelereng, lompat karet, gobak sodor 🙁

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archives



Pin It on Pinterest