Buka Bersama yang Tak Biasa ala Adaro

by | May 28, 2018 | 29 comments

Waktu pertama dapat undangan buka bareng 1000 anak yatim, saya langsung semangat buat ngajak Embun. Pas bilang ke Embun, dia langsung bilang “iya”, katanya mau lihat anak yatim itu seperti apa. šŸ™‚


Konsep anak yang hidup tanpa orang tua memang masih asing buat dia. Saat ini di lingkungan keluarga dan teman-teman sekolahnya semua punya orang tua lengkap. “Anak yatim itu, kalau mau peluk, mintanya ke siapa?”,Ā adalah satu dari sekian banyak pertanyaan yang diajukan Embun kalau kami lagi ngobrol soal anak yatim.

Kemarin waktu akhirnya kami tiba di acara buka bersama Adaro dan anak-anak yatim, sudah cukup banyak anak-anak yang hadir. 1000 anak dari yayasan yang diundang Grup Adaro Energy malam tadi memang tidak semuanya anak yatim, tapi kebanyakan kurang beruntung. Ada yang tinggal jauh dari orang tua, ada yang dirawat keluarga, ada yang tinggal di panti karena berbagai keadaan.

Yang menarik dari acara buka bersama kali ini adalah, acaranya bertabur hadiah. Setiap kali MC bilang, “Siapa mau hadiah?”, ratusan tangan mengacung, puluhan suara berkata “mauu”, dan puluhan lagi sigap berlari ke panggung!

Mengantisipasi gerakan cepat seribu anak, saya dan teman-teman yang hadir memutuskan duduk di pinggir area, khawatir tercolek, tersenggol, dan terinjak-injak. Hahaha. Tapi jujur, saya suka banget liat anak-anak itu berlari kencang ke depan, seandainya waktu kecil saya nggak malu-malu dan punya semangat sebesar mereka, mungkin saya bakal dapat banyak hadiah. šŸ˜€

Setelah maju ke panggung, anak-anak memang ga langsung dapat hadiah. Mba Mas MC ajak mereka main-main dulu, beberapa diajak menari, beberapa menjawab kuis, dan permainan gelombang. Semua yang maju akan dapat hadiah tentu saja, biarpun gerakan/jawabannya salah. Karena keberanian pun sudah layak diapresiasi, ya. šŸ˜€

Omong-omong, acaraĀ #bukberadaroĀ itu bukan jenis bukber yang duduk manis, salut selendang, dan senyum-senyum simpul sambil mendengarkan kultum. Acara bukber Adaro itu heboohh, asyik, nyenengin, dan bikin bahagia yang datang. šŸ˜€

Ceramah jelang berbuka tentu saja ada, kali ini Adaro mengundangĀ Ustadz Maulana, ustadz yang terkenal dengan sapaan “Jama’ aaaahhhh…..” itu cerita soal berkah dan keutamaan puasa. Betapa hanya kita dan Tuhan yang tahu soal ibadah ini dan betapa banyak ridho dan pahala yang dilimpahkan kepada umat yang sedang berpuasa.

Adzan maghrib yang jadi tanda berakhirnya puasa hari itu dilantunkan oleh Ishaq Almahdy, muadzin cilik dan semifinalis kompetisi Hafiz Alquran.

Pak Boy di acara buka bersama.

Dua tahun lalu saya diundang datang acara buka bersama Adaro juga. Waktu itu bintang tamu bukbernya ada Cowboy JuniorĀ @cjr_is_cjr. Masih teringat jelas muka anak-anak yang jejeritan kesenengan liat bintang idolanya muncul di depan mata. Dekat banget, boleh salaman, boleh poto bareng. šŸ˜€

Tahun lalu katanya bintang tamunya juga keren. AdaĀ @_officialjkt48. Nah tahun ini ga kalah seru, ada grup band nasyid hip-hopĀ @aleehya! Aleehya iniĀ cukup terkenal di youtube, lho.Ā  Yang bikin beda Aleehya dari grup nasyid lain adalah, latar musik yang dibawakannya ga biasa. Syairnya sih tetap shalawat, tapi musiknya ganti-ganti, kadangĀ rap, hip-hop, sampai dangdut!Ā Cek channelnya deh, mungkin kamu akan suka. šŸ˜€

Aleehya

Anak-anak sudah bahagia, kami juga harus ikut bahagia dong, ya! Kalau anak-anak dapat kultum dari Ustadz Maulana, kami dapat kultum juga dariĀ Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk, Bapak Boy Thohir.

Awalnya sih bapaknya ngajak ngobrol-ngobrol aja jelang buka. Eh, sesi ngobrol berakhir jadi wejangan dari bapaknya soal hidup. Cuma sebentar sih, tapi dalem.

Sesi ngobrol bareng Pak Boy Thohir

Bapaknya, yang udah puluhan tahun kerja keras dan sampai sekarang masih terus kerja keras bilang, sukses itu ga turun dari langit, harus diusahakan. Langkah pertama menuju sukses, kata Pak Boy adalah dengan menjaga reputasi. Reputasi yang baik akan bikin orang-orang tertarik berhubungan dengan kita.

Lalu, kalau orang-orang sudah datang, langkah berikutnya adalah bekerja dengan gigih. Jangan kecewakan mereka yang sudah percaya. Tapi kerja keras saja tidak cukup, supaya pekerjaan yang dipercayakan/diusahakan jalannya lancar, tentu harus terus-menerus menambah ilmu.

Kalau usaha dari dalam sudah maksimal, sekarang waktunya berkembang lewat networking. Ketemu orang-orang dengan visi dan misi yang beragam akan membuat wawasan berkembang. Lalu terakhir, setelah semua usaha dilakukan, tinggal menunggu keberuntungan/garis tangan bekerja. šŸ˜€

Dalam fase menunggu itu, kata Pak Boy, tentu saja kita harus melakukan hal yang baik-baik supaya rezekinya lancar. Sedekah adalah salah satu caranya.

Boy ThohirĀ bilang, pada 2014 lalu, kondisi bisnis tidak begitu baik, Adaro pun masuk masa krisis. Acara buka bersama anak yatim iniĀ biasanyaĀ mengundang 1000 anak. Melihat kondisi saat itu, Pak Boy memutuskan acara tetap berjalan, tapi jumlah anak-anaknya dikurangi jadi 500 anak saja.

Setelah keputusan jatuh, lalu Pak Boy merenung dan merevisi keputusannya sendiri. Jumlah anak-anak yang diundang tetap sama, bagaimanapun ceritanya.

ā€œJangan tawar-menawar dengan Tuhan, bukan Tuhan yang membutuhkan kita melainkan kita yang membutuhkan Tuhan. Lakukan kebaikan dan kumpulkan pahala dengan segera dan ikhlas tanpa tawar-menawarā€.

Terima kasih undangannya, Adaro Energy. Terus menebar manfaat untuk banyak orang, ya.

/salam bukber

YOU MAY ALSO LIKE

29 Comments

  1. Raisa

    “Jangan tawar menawar dengan tuhan”. Quote pak Boy ngena banget yah.
    Btw buka bersama Adaro ini the best banget. Anak anak senang. Kakak kakak kenyang dan pahala berlipat ganda insyaallah.

    Reply
  2. Swastika Nohara

    Seruuu banget!! Dari bukber ini aku tau ada nasyid hiphop rap bernama Aleehya! Sungguh membuka wawasan šŸ™‚ Semoga kita semua semakin banyak rezeki dan diberi sehat, jumpa lagi di bukber tahun2 mendatang ya…

    Reply
  3. Ifanishere

    SENENGGGG bisa discover hal hal baru kayak aleehya ! Plus ilmu baru dari pak boy. Alhamdulillah berkah banget

    Reply
  4. Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

    Seru banget ya buka puasa bersama Adaro Group, aku juga paling antusias kalau ada acara bersama anak panti asuhan karena kita bisa belajar banyak dari anak-anak panti.

    Reply
  5. Nurul dwi larasati

    Bukber yang berfaedah sekali ya kak. Dapat 2 wejangan dong, dari ustad Maulana dan bapak Boy Thohir.

    Reply
  6. Nchie Hanie

    Bukber bareng Adaro yang anti mainstream ya, hiks aku suka melow deh kalo lihat anak anak yatim nih.
    Btw, acaranya bukbernya emang kece abis nih..

    Reply
  7. cerite si mpo

    Artis selalu jadi pusat perhatian dan mendorong para pengemar kagum. Sosok artis yang cinta anak yatim bisa jadi contoh yang baik untuk para fans

    Reply
  8. retno

    ikut merasa senang meskipun tak melihat secara langsung wajah ke-1000 anak anak tersebut,…

    Reply
  9. nursaidr

    Setuju bgt nih. Jgn tawar menawar dgn Tuhan. Karena kita yg butuh Tuhan. Renungan malam…

    Reply
  10. Melysa Luthiasari

    Aku belum pernah bukber bareng anak yatim, melihat suasananya seru sekali ya, saya pun penasaran sama kehidupan anak2 di panti asuhan.

    Reply
  11. dewi puspa

    Wah bukbernya seru apalagi ada ustadz Maulana yang kocak.

    Reply
  12. gita siwi

    Speechles bacanya anak Yatim kalau kangen siapa yang dipeluk. Akh…membayangkan ada di acara ini. Berkah buat semua. Amin

    Reply
  13. Uchy Sudhanto

    Jangan tawar menawar dengan Tuhan.. Suka sekali wejangan Pak Boy ini mbak.. hebat Adaro..

    Reply
  14. Agung Han

    Adaro perusahaan ternama, buka puasanya antimainstream

    Reply
  15. Wian

    Hahaha waktu kecil aku juga tipe malu2 yang paling gak mau kedepan klo ada tawaran hadiah di acara2. Selalu ngumpet di belakang ibu.

    Reply
  16. Cici Desri

    acara bukber yang kaya gini nih yang ditunggu2, gakngantuk dan banyak manfaatnya ya kak

    Reply
  17. Liswanti

    Adaro keren, tetap berlanjut bukber dengan 1000 anak yatim ya

    Reply
  18. Sadewi

    Pasti seru banget nih acara bukber nya secara ada ust. Maulana yang membuat suasana menjadi seru.

    Reply
  19. Marga

    Wah iyaa, kebanyakan bukber kita cuma duduk manis liatin orang yang ada di depan. Kalau ini sih lebih seru yaa.

    Reply
  20. PutriKPM

    Adaro dari tahun ke tahun tiap bukber emang selalu ‘beda’ ya kak. Aku pernah sekali ikut (lupa 3 atau 4 tahun lalu) dan masih berkesan sampai sekarang deh :’)

    Reply
  21. Kania Safitri

    Seru banget bukber bareng anak yatim dan ada ust Maulana juga.

    Reply
  22. windhu

    Seru sekali kelihatannya berbuka puasa bersama anak yatimnya. Dah gitu, wejangan dari Bos Adaro Bot Thahir dalam banget, ya : Sukses nggak datang dari langit !

    Reply
  23. Helena

    Sesi sharing dengan Pak Boy ini nih yang berkesan. Pesannya begitu dalam. Btw, SID pernah ku ajak buka bersama di yayasan. Yang ada dia minta bingkisan buat anak yatim karena bergambar spiderman. Alamak!

    Reply
  24. zata ligouw

    adem banget bacanya… bikin terharuuu… (gw emang gampang terharu orangnya apalagi klo kegiatannya ngelibatin anak2, hehehe..)

    Reply
  25. @affanibnu

    wow.. good deed..
    tidak ada kompromi, tidak ada tawar menawar..
    lokasinya dimana ini kah?

    Reply
    • rere

      Kemarin ini di Kuningan City. šŸ™‚

      Reply
  26. Maria Soraya

    duluuu banget sebelum aku nge-blog pernah kerjasama bareng adaro untuk sebuah project, mereka memang ketje, patut diacungi jempol untuk acara bukbernya yg selalu mengundang anak yatim, insya allah yg mengundang mendapat banyak pahala dan yg diundang pun senang

    Reply

Trackbacks/Pingbacks

  1. Kebaikan tanpa Hitungan ala Boy Thohir - cerita & catatan - […] ini, Boy Thohir merupakan pribadi yang humble. Selama ngobrol dengan saya dan teman-teman: Simbok, Rere, Tenit, Aryan, Harris, Tery,…
  2. Seribu bahagia di satu sore - […] 4. Rere http://atemalem.com/buka-bersama-yang-tak-biasa-ala-adaro/ […]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archives



Pin It on Pinterest