Cara Tepat Mencuci Piring

by | Oct 24, 2016 | 4 comments

Saya ga begitu suka nyuci piring. Belum apa-apa udah males ngebayangin mesti bebersih sisa-sisa bumbu, lemak, minyak. Kalo masak ala Sumatera apa lagi, kan menunya segala gulai, sayurnya bersantan pula, Eeww..

Tapi, ga ada alasan untuk menghindar. Bisa sih ditumpuk berhari-hari, tapi lama-lama kan kebauan sendiri. Trus alat masak abis, piring abis, gelas abis, terpaksa minum air pake mangkok. Nah lho! 😀

Jadi, cara mencuci piring yang benar ini, menurut saya penting untuk ditulis. Semoga bisa bantu bikin proses mencuci piring jadi ga terlalu menyiksa, ya. ^^

  1. Gunakan Air Panas untuk Melarutkan Lemak
    Kalau cucian udah mengendap beberapa waktu, pasti lemak nempelnya awet dan susah dicuci. Coba siram alat masak dengan air panas. Air panas bisa bantu nyairin si lemak-lemak di alat masak/alat makan. Mayan, kalo lemaknya cair, nyucinya bisa lebih cepat selesai. 🙂
    ——————–
  2. Gunakan Sabun Pembersih Alat Masak/Alat Makan
    Sejatinya, semua sabun-sabun yang beredar di pasaran itu sudah disesuaikan kegunaannya. Jadi, untuk alat masak/alat makan, usahakan pakai sabun khususnya, ya. Cara pakainya, tuang sedikit sabun, tambah air, lalu aduk-aduk dengan spons cuci. Setelah berbusa, baru tuh gosrek-gosrek cuciannya dengan semangat. 🙂
    ——————–
  3. Pakai Spons Khusus Cuci Piring
    Saya udah pernah ngerasain cuci piring dengan berbagai alat bantu. Pernah coba cuci piring pakai sabut kelapa, plastik kresek yang diuwel-uwel, sabut cuci yang semacam jaring-jaring, sampai yang paling modern, spons busa. Tentu aja yang paling enak pake spons, ya. Busanya lebih cepat mengembang, dan ga bikin tangan sakit.Dari beragam jenis spons cuci piring yang pernah saya coba, sementara ini spons cuci Scotch-Brite masih jadi juaranya. Sponsnya bikin alat masak tiga kali lebih cepat bersih, sponsnya pun 3 kali lebih awet ketimbang spons merk lain.

    Sabut Spons Hijau Sabut Spons Anti Gores

    Untuk cuci-cuci, saya pakai 2 spons dari Scotch-Brite. Sabut spons hijau Scotch-Brite saya pakai untuk mencuci alat masak. Kalau untuk alat makan & alat masak teflon saya pakai sabut spons anti goresnya.

    sabut-anti-gores-scotch-brite

    cuci alat makan & teflon, bisa pakai sabut anti gores

    sabut-spons-hijau-scotch-brite

    cuci alat masak, bisa pakai sabut hijau

    Harganya memang sedikit lebih mahal ketimbang spons lainnya, tapi kualitasnya ga boong. Kalau dari browsing-browsing sih katanya sabut Scotch-Brite itu mengandung serat dan mineral yang berkualitas, plus dibikin khusus dengan teknologi yang ampuh membersihkan kotoran. Pantesan aja piring sama panci lebih cepet bersih, ya. 😀
    ——————–

  4. Gunakan Air Mengalir
    Sebenarnya, air mengalir ini semacam buah simalakama ya. Jumlah air yang terbuang cukup banyak dalam satu kali periode mencuci. Tapi, selama ini cara mencuci di bak cuci piring + air mengalir memang paling nyaman. Kotoran juga lebih cepat hilang. Kalau mencuci menggunakan bak di air tergenang, pastikan untuk mengganti airnya kalau air di dalam bak sudah keruh, ya..
    ——————–
  5. Keringkan Cucian
    Setelah dicuci, perkakas dapur bisa dikeringkan dengan lap kering. Tujuannya supaya tidak bau apek dan debu/kotoran ga mudah nempel.
    ——————–
  6. Bersihkan Wastafel
    Ini yang cukup penting tapi sering dilupakan. Kebersihan wastafel juga perlu diperhatikan. Wastafel yang dibiarkan kotor dengan sisa makanan akan mengundang kuman.
    ——————–
  7. Bersihkan Spons Cuci
    Spons cuci adalah bala bantuan nomor satu untuk mencuci. Agar awet, kebersihannya harus dijaga. Bilas spons sampai bersih setelah digunakan, pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal dan menempel di spons, ya. ^^
    ——————–

Oh iya, soal spons Scotch-Brite yang saya pakai tadi, jika ingin informasi lebih lengkap soal kegunaannya, bisa mampir ke websitenya di sini, atau ke laman facebook fanpagenya di sini. Trus-trus kalau masih ingin tanya-tanya lebih mesra, bisa langsung ke twitternya di @ScotchBriteID.

Sekali lagi, semoga infonya bermanfaat.
Selamat mencuci, semuanya. 😀

/salam bersih-bersih

YOU MAY ALSO LIKE

4 Comments

  1. Mira utami

    Betul juga mba spons dan wastafel harus bersih supaya gak bau hehe

    Reply
    • rere

      Lebih enak diliat juga kan, mba. Ga lengket-lengket iuhh gitu deh. 😀

      Reply
  2. tukang jalan jajan

    Kalau ada juga sekalian cara mencuci hati dong kak. biar hatiku bersih hehehe

    Reply
    • rere

      Banyak sedekah dan nraktir aku, kak.
      Dijamin berhati nyaman abis itu

      Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Archives

Pin It on Pinterest