Corona dan Upaya Mencegahnya

by | Mar 26, 2020 | 0 comments

Dunia lagi kena wabah sekarang. Per hari ini Mba Corona yang punya nama beken Covid-19, sudah manggung di 185 negara. Beberapa negara kena dampak luar biasa, China, Italia, Korea Selatan, dan Iran adalah beberapa di antaranya. Sekarang virusnya sampai ke Indonesia. Korban terus berjatuhan, sebagian adalah tenaga kesehatan. Sudah saatnya untuk waspada.

Tidak ada obat untuk corona. Jika daya tahan tubuh baik, bisa jadi kamu sudah kena tapi tak mengalami gejala apapun. Bagi yang daya tahan tubuhnya tidak begitu oke, apalagi jika sudah ada penyakit bawaan sebelumnya, virus itu akan membawa masalah.

Tidak terpapar virusnya tentu lebih baik. Agar tujuan itu tercapai, tentu ada langkah-langkah yang harus kita lakukan.

  1. Jaga Jarak
    Kalau tak perlu sekali ke luar rumah, yuk #dirumahaja sementara ini. Gunakan waktu yang ada untuk berkumpul bersama keluarga.
  2. Jaga Kebersihan Tubuh, Khususnya Tangan
    Jika beraktivitas di luar rumah, cucilah tangan setelahnya. Bersihkan hingga ke sela-sela jari, usahakan tidak ada sudut yang terlewat. Jika membeli barang-barang dari luar rumah, bungkusnya dibilas dulu sebelum isinya digunakan/dikonsumsi ya.
  3. Tutup Mulut dan Hidung Saat Batuk dan Bersin
    Corona punya efek yang berbeda. Untuk mengantisipasi, jangan-jangan ternyata kita sudah positif tanpa muncul gejalanya, selalu tutup mulut dan hidung saat kita batuk atau bersin ya.
  4. Gunakan Masker
    Jika harus ke luar untuk bekerja, membeli obat, atau membeli kebutuhan rumah tangga, gunakan masker untuk menutup bagian hidung dan mulut. Sepulangnya segera ganti seluruh pakaian dan mandi.
  5. Makan Sehat dan Olahraga
    Masa wabah begini, kadang-kadang emosi mengambil alih tempatnya logika. Kita jadi takut berkepanjangan, jadi khawatir terus-menerus, dan malah sakit. Usahakan tetap berpikir positif yuk. Jaga kondisi tubuh dengan makan teratur dan sehat. Olahraga bisa dilakukan di teras rumah atau di dalam rumah. Silaturahmi dengan tetangga tetap bisa dijalin lho, hanya saja sementara ini tak perlu dekat-dekat dulu. J

Wabah ini sepertinya akan makan waktu cukup panjang. Sebagian besar dari kita bisa jadi akan terkena dampaknya, baik itu secara ekonomi ataupun kesempatan mengembangkan diri di masa depan. Pekerjaan lama tertunda, pekerjaan baru sementara batal semua. Efeknya seperti domino. Di sekitar kita akan banyak orang yang butuh bantuan. Jika memungkinkan yuk uluran tangan untuk memberi sekadarnya.

Jika ada teman yang terpaksa menutup warung dan beralih berjualan secara online, bolehlah kita membeli barang satu atau dua kali dan menyebarkan informasinya ke teman-teman lain yang membutuhkan.

Jika ada yang membutuhkan pinjaman dana, bolehkah kita kirimkan semampunya, yang tidak memberatkan, agar teman kita bisa melanjutkan napasnya di tengah pandemi.

Jika ada yang butuh obat, tapi tak mampu membeli, bolehlah kita membelikannya saat ini sembari kirimkan doa untuk dia/keluarganya agar lekas sembuh dan bisa beraktivitas seperti biasa lagi.

Jika tidak mampu membantu secara langsung, sampaikan dengan santun agar hati teman kita yang sudah retak tidak malah jadi patah.

Corona mengambil korban yang tidak sedikit. Kepedulian bersama dan gotong royong mutlak diperlukan agar kita semua bisa melewati fase ini dengan selamat. Beberapa pihak, sudah mulai bergerak. Kemarin saya lihat foto sumbangan dari Sido Muncul di timeline twitter. Perusahaan jamu ini menyumbangkan paket kesehatan untuk para lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 4, Cengkareng.

Di paket kesehatan dari Sido Muncul itu, ada Tolak Angin Cair, Vitamin C1.000, Sari Kunyit, Jahe Wangi, dan Madu Jahe. Sido Muncul juga memberikan handuk, sarung, kaos, hingga mesin cuci untuk keperluan sehari-hari para lansia.

Dari berita yang saya baca, Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat memilih panti werdha karena, menurut WHO yang paling banyak terjangkit atau meninggal dunia karena virus corona adalah lansia di atas 70 tahun. Soal lansia lebih rentan terjangkit virus corona, memang sudah jadi fakta ya. Dan para manula di panti werdha adalah mereka yang harusnya mendapat perhatian lebih banyak.

Ini kesempatan bagi kita semua untuk berbagi. Sido Muncul sudah bergerak. Semoga setelah ini semakin banyak pihak yang ambil bagian bergotong-royong, berbagi untuk sesama yang membutuhkan.

Semoga teman-teman semua diberikan kesehatan dan keleluasaan untuk berbagi pada orang-orang di sekitar. Amin!

/salam sehat

YOU MAY ALSO LIKE

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Archives

Pin It on Pinterest