Gigi Berlubang Bikin Pusing

by | May 29, 2020 | 29 comments

Beberapa waktu lalu, gigi saya dan Embun sama-sama sakit. Awalnya hanya sakit sedikit dan datangnya jarang-jarang. Karena ga terlalu mengganggu, saya biarkan saja sampai tiba-tiba datanglah sakit yang besar dan bergelombang. Rasanya duhhhh…

Pernah dengar lagu Meggy Z yang ini?

“Daripada sakit hati. lebih baik sakit gigi ini…..”

Sungguhlah dapat saya katakan kalau lagunya Om Meggy itu betul-betul tak dapat dipertanggungjawabkan liriknya. Sakit gigi itu, amboooiiiii… Bolongnya kecil saja, tak sampai seujung kuku. Tapi ngilu yang datang seperti serangan beruntun, bergelombang, tak putus. Waktu sakitnya datang, semua terasa salah. Ada yang nelepon pake suara keras, salah. Ada yang nyenggol badan dikit, salah. Tidur salah. Duduk salah. Ngomong salah. Diem apalagi.

Karena sakitnya sudah tak tertahan, kami memutuskan ke klinik untuk periksa gigi. Ladalah kok ya dokter giginya lagi off. dan kliniknya bilang kalau dokter gigi dapat edaran untuk tidak melakukan tindakan selama wabah covid-19. Bukannya tak boleh sama sekali, tapi klinik yang tidak punya peralatan lengkap (APD) diminta untuk menghindari tindakan. “Anjurannya, diberi obat dulu dan nanti setelah covid-19 reda, baru tindakannya dilakukan,” begitu kata staff kliniknya.

Semacam sudah jatuh tertimpa tangga. Kami pulang hanya dibekali pereda sakit. Sampai kapan harus bertahan? Sungguh misteri. Sama lah kalau ada yang tanya corona kapan udahannya? Hehehe, mari kita tertawakan saja pertanyaan itu supaya tidak stress.

Sejak pulang dari klinik, saya dan Embun jadi berhati-hati sekali kalau makan. Makan hanya di sisi mulut yang tak sakit, makannya juga jadi pelan-pelan betul. Lalu, setelah makan selalu kumur-kumur sampai mulut bersih dan ga ada sisa makanan yang tertinggal. Ga lupa juga sikat gigi yang bersih usai makan dan sebelum tidur.

MENGAPA GIGI BISA BERLUBANG?

Umumnya penyebab utama sakit gigi karena lubang adalah plak. Plak berasal dari sisa makanan yang mengandung gula, contohnya susu, roti, -buahan. Sisa makanan ini diubah oleh bakteri alami yang ada di mulut menjadi asam. Plak adalah kombinasi dari bakteri, asam, sisa makanan yang ada di mulut, dan air liur. Plak melekat pada gigi, dan zat asam yang terdapat di dalamnya perlahan mengikis lapisan-lapisan gigi, hingga terbentuklah si lubang tadi.

Faktor lain yang juga bisa jadi penyebab gigi berlubang yaitu:

  • Jarang menyikat gigi.
  • Terlalu banyak mengasup makanan/minuman yang manis atau asam.
  • Kondisi mulut kering karena berbagai sebab.
  • Punya gangguan makan seperti anoreksia/bulimia, dan punya penyakit refluks asam lambung.
  • Konsumsi rutin obat-obatan, suplemen, vitamin, atau produk herba yang mengandung gula.
  • Bertambahnya usia.
  • Tidak pakai pasta gigi yang mengandung fluoride.

Jika lubang pada gigi dibiarkan saja, maka bolongnya akan semakin besar dan perlu perawatan. Perawatannya cukup panjang, yang ringan yaitu filling (tambal) dan pasang crown (mahkota). Kalau sudah berat ya perlu perawatan saluran akar gigi, dan jika ternyata setelah perawatan berkala akar giginya tidak bisa menyelamatkan lagi, artinya terpaksa dicabut.

———-

MENCEGAH GIGI BERLUBANG

Gigi berlubang bisa terjadi pada semua orang. Kalau sudah bolong, tak bisa kembali lagi seperti awal. Paling-paling bisa dikurangi sakitnya, dihentikan bolongnya. Hal yang paling baik tentu mencegah terjadinya gigi berlubang. Caranya yaitu:

  • Menyikat gigi dua kali sehari. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.
  • Usahakan membersihkan gigi dengan benang gigi sekali sehari.
  • Gunakan obat kumur atau mouthwash setelah menyikat gigi.
  • Kurangi konsumsi makanan/minuman manis atau asam.
  • Mengurangi kebiasaan ngemil, apalagi camilannya permen/minuman ringan manis.
  • Jika kamu punya penyakit refluks asam lambung atau mulut kering, berkonsultasilah pada dokter untuk mengatasinya.
  • Periksa gigi secara rutin dua kali setahun.

———-

PASTA GIGI DENGAN FLUORIDE

Apa sih fungsi fluoride itu, kok dari tadi disebut-sebut melulu?

Jadi, penambahan mineral fluoride pada pasta gigi tujuannya untuk mengembalikan mineral di gigi yang hilang akibat asam yang berasal dari plak bakteri dan gula. Fluoride juga akan menghilangkan plak yang mengandung bakteri di gigi. Seperti diketahui bakteri akan menghasilkan zat asam yang merusak gigi.

Pada anak berusia kurang dari 6 tahun, fluoride juga diperlukan untuk pertumbuhan gigi permanen dengan cara membantu mempercepat proses remineralisasi. Kapan fluoride akan terserap? Saat kita menyikat gigi!

Saat membeli pasta gigi, perhatikan kandungannya. Biasanya pada kemasan akan tertulis apa-apa saja kandungannya. Pilih yang mengandung fluoride. Beberapa waktu belakangan ini, saya dan keluarga sedang beralih ke pasta gigi pencegah gigi berlubang, SASHA. Kenapa pindah? Karena ingin dapat manfaat siwak. yang jadi salah satu komposisi produknya.

Siwak adalah batang kayu tanaman salvadora persica yang dipakai untuk membersihkan gigi sejak zaman rasul. Siwak mengandung resin, fluoride alami, klorida, dan kalsium. Zat-zat itu punya fungsi menjaga kekuatan akar gigi, mencegah karies dan gigi berlubang, juga memperkuat enamel/permukaan gigi. Batang kayu siwak itu bisa dilembutkan ujungnya hingga ada serabut berbentuk bulu. Serabut itu yang dijadikan sikat gigi.

Manfaat yang banyak dari siwak itu, bisa didapatkan dengan pakai pasta gigi Sasha dua kali sehari. Bagi teman-teman yang memerhatikan kehalalan produk, Sasha bisa jadi pilihan tepat karena pasta gigi tidak menggunakan bahan-bahan yang haram menurut syariat. Proses pembuatannya tidak melibatkan alkohol dan produk hewani juga lho. 🙂

Sasha pasta gigi berlubang punya dua pilihan kemasan, yang besar pas banget dibeli untuk stok di rumah dan yang kecil cocok untuk dibawa-bawa bepergian di tas. Harga pasta gigi halal Sasha terjangkau, Rp10.500 untuk kemasan 150gr dan Rp4.500 untuk kemasan 65gr. Kamu bisa beli produknya di Website Kino. Ssstt, buruan klik sekarang mumpung lagi ada diskon!

Saya pakai pasta gigi ini untuk sekeluarga, termasuk untuk Embun. Kalau biasanya kami beda pasta gigi karena Embun tidak suka pakai yang terlalu pedas di mulut, kali ini tidak perlu lagi. Pastanya bisa sama karena rasanya sudah bisa Embun toleransi, hanya untuk pemakaiannya yang berbeda. Sesuai petunjuk penggunaan, anak-anak seperti Embun cukup pakai pasta sedikit saja, hanya di ujung sikat gigi.

Tertarik untuk cari info lebih banyak soal produknya? Klik langsung akun media sosial Sasha di bawah ini ya:
Facebook: Sasha Pancaran Aura Islami
Instagram: @sashaindonesia

Sekali lagi, jangan percaya dengan lirik lagunya Om Meggy. Sesungguhnya sakit gigi sama dengan jatuh cinta, sama-sama berjuta rasanya. 😀

/salam sehat

YOU MAY ALSO LIKE

29 Comments

  1. Zam

    sakit gigi ini memang repot. makanya selagi bisa, mencegah gigi berlubang, yang bisa jadi biang penyakit, lebih baik daripada harus ke dokter. apalagi biayanya yang mahal, kan?

    Reply
  2. Muyassaroh

    Saya bersyukur banget kemarin si bungsu beres ke dokter gigi sebelum pandemi. Sebelumnya, saya mesti bolak balik antar dia ke dokter gigi, mana antreannya luar biasa dari habis Magrib baru masuk jam 12 malam…hiks. Memang menyiksa sekali dan kasihan lihatnya. Sekarang jadi belajar buat lebih perhatian sama gigi anak-anak, meski udah bisa sikat gigi sendiri, tapi mesti sesekali dibantu dan dicek biar benar-benar bersih. BTW, recommended banget nih pasta gigi Sasha, saya belum pernah coba mbak, nanti mau coba beli juga sekalian buat anak-anak. Sehat-sehat giginya ya, Embun 🙂

    Reply
    • Siska Dwyta

      Wah sampai jam 12 malam gitu nunggu antriannya. Lama banget ya so emang penting nih melakukan pencegahan dari mengobati ya Mbak. Apalagi di masa pandemi ini. Untung ada pasta gigi sasha ini yang bisa bantu kita melakukan perawatan gigi berlubang.

      Reply
  3. Mia

    wah, boleh nih ntar saya nyoba pasta gigi shasha. bener loh, memang agak horor berurusan masalah sakit gigi selama masa pandemi gini, krn para dokter gigi nggak semua ready praktik.

    Reply
  4. Nurul Sufitri

    Oh iya ya makanya kita mesti menggosok gigi dg rajin terutama malam sebelum bobo. Apalagi sekarang ada Sasha dg siwak ya. Aku jd kepo mau nyobain juga. Udah ada di minimarket deket rumah kan ya?

    Reply
  5. Lithaetr

    Wah, bisa direkomendasikan ke keluarga nih. Soalnya suami juga pernah sakit gigi parah. Bolak balik tambal gigi udah enggak mempan. Bisa dicoba, nih kayaknya. Terima kasih ya, kakak informasinya.

    Reply
    • Muyassaroh

      Bener, Mbak..kayaknya kita mesti rekomendasiin juga ke yang lain, apalagi pas pandemi kayak sekarang, dokter gigi jadi langka banget. Kasihan yang sakit gigi dan susah berobat. Mending mencegah ya daripada mengobati. Bisa paai Sasha ini deh.. 🙂

      Reply
      • Lithaetr

        Setuju, lebih baik mencegah daripada mengobati. Apalagi lagu meggie zedd nya udah enggak mempan sekarang, mau sakit gigi sama sakit hati itu sama-sama sakit #eh, hehehe

        Reply
  6. Lia Yuliani

    Mbak gigiku juga berlubang, haduh … malahan harus operasi bedah mulut karena ada Gigi geraham belakang yang tumbuhnya ke samping sampai nembus gusi, ini terasa ngilu banget. Saya pending dulu ke RS Karena pandemi ini. Wah, ada produk barunya Sasha buat cegah gigi berlubang. Perlu sedia, nih, di rumah.

    Reply
    • Lia Yuliani

      Lebih baik sakit Gigi daripada sakit hati, buat saya mending enggak keduanya. Hehe … Sakit hati dan Gigi juga enggak enak banget. Gigi berlubang ini kayanya jadi masalah umum, ya, Mbak. Untung ada Sasha, ya, cocok buat ngatasin masalah gigi berlubang.

      Reply
  7. Triyatni

    Sama nih saya ama suami juga udah berlubanga. Sekarang juga sudah pakai sasha sebagai ikhtiar. Soalnya katanya siwak bener bisa cegah gigi berlubang, btw Embun manis banget sih senyumnya 😀

    Reply
  8. Triyatni

    Sama nih saya ama suami juga udah berlubanga. Sekarang juga sudah pakai sasha sebagai ikhtiar. Soalnya katanya siwak bener bisa cegah gigi berlubang, btw Embun manis banget sih senyumnya 😀

    Reply
  9. Rosanna Simanjuntak

    Setuju Eda!
    Aku pernah alami sakit gigi waktu zaman kuliah.
    Duh, ampyuuuun dah, sensasi sakitnya.

    Saat itu aku langsung memutuskan mencabutnya.
    Tapi, memang tunggu rasa sakit hilang ya.
    Aku dikasih obat dulu dan diminta kembali, untuk cabut gigi.

    Sejak saat itu aku bertekad, cukup sekali sakit gigi!

    Btw,
    Aku belum pernah pakai Sasha.
    Boleh juga nih referensinya 🙂

    Reply
  10. Siska Dwyta

    Haha bener banget Mbak. Sakit hati memang sakit tapi kalau sudah sakit gigi mah rasanya jauh lebih sakit daripada sekadar sakit hati. Btw bagus ya ada sikat gigi yang fokus ke gigi berlubuang seperti shasa ini. Jadi kalau ada masalah dengan gigi berlubang bisa andalkan sasha aja

    Reply
  11. Nurhilmiyah

    Nah pakai pasta gigi Sasha jd satu ikhtiar agak gigi gak berlubang ya Mbak Rere, noted

    Reply
  12. Yeni Sovia

    Samaan ya Mba say pasta gigi kita. Keluarga aku juga pakai Sasha. Allhamdulillah di keluarga aku cocok dan suami aku juga suka ama pasta gigi sasha ini. Apalagi kandungannya halal. Jadi sebagai keluarga muslim, kami tenang menggunakannya 😍

    Reply
  13. Nurul Sufitri

    Makanya kita tuh mesti rajin menggosok gigi terutama malam sebelum bobo ya mbak 🙂 Pakai Sasha ini ada kandungan siwaknya? Jadi bisa sekalian mengikuti sunnah nabi ya alhamdulillaah.

    Reply
  14. Triani Retno

    Ahahah…setujuuuh….Itu lagu yang menjengkelkan. Sakit gigi lebih menyakitkan daripada sakit hati. Sakit hati mah dibawa traveling juga jadi enakan. Lah kalo sakit gigi? Boro-boro traveling dah.

    Btw, aku belum pernah nyoba Sasha varian yang ini nih.Biasanya yang kemasan putih atau gold.

    Reply
  15. Farida Pane

    Kok bisa sakitnya barengan, ya? Untung dah kenal pasta gigi sasha ya, sekarang.

    Reply
  16. Maria G Soemitro

    Sakit gigi kok kompakan 😀😀😀
    Jadi pingin nyobain pasta gigi baru nih, Karena saya belum pernah coba pasta gigi bersiwak
    Harganya terjangkau pula

    Reply
  17. Hidayah Sulistyowati

    Aku waktu puasa juga sakit gigi, padahal uda rajin sikat gigi sehabis makan. Mungkin ada yang tersisa dari sisa makanan yang tertinggal. Adik iparku dokter gigi, tapi dia sampai rumah juga udah capek. Akhu akhirnya sikat gigi di bagian yang sakit. Alhamdulillah sembuh sendiri, tapi pas lebaran kemarin dicek adikku. Katanya ada lubang kecil, rencana ditambal hari Rabu besok. Etapi aku kemarin pakai pasta gigi Sasha juga buat bersihin gigi, ogah lagi sakit gigi

    Reply
  18. Meilia Wuryantati

    Duh gigi berlubang beneran bikin repot yah mba,akupun ngalamin banget.. jadi nyumpel deh kalau lagi makan..ah mau banget nih pakai Sasha buat anakku mencegah giginya berlubang. Tks kak tipsnya

    Reply
  19. Siti Nurjanah

    Kalau udah sakit gigi tuh rasanya ga karuan, apalagi gigi berlubang malah lebih sering bikin gigi terasa ngilu. Aku baru tau sih kalau Sasha udah ngeluarin varian baru pencegahan gigi berlubang
    Dimana juga ada kandungan siwak yang bermanfaat menjaga kekuatan akar gigi atau mencegah karies penyebab gigi berlubang

    Reply
  20. Alivia Awin

    Kalau udah sakit gigi, beuh, kerjaan nggak ada yang beres. Bawaannya pengen goleran manja aja di kasur.

    Aku baru tau produk Sasha ini mbak, ada varian buat gigi sensitif gak ya, buat gigi aku?

    Reply
  21. Roswitha Jassin

    Sakit gigi memang sakit bangeeet kapok! Makanya aku jaga banget kesehatan gigi dengan sasha pasta gigi pencegah gigi berlubang juga 🙂

    Reply
  22. duniamasak

    tetap jaga kesehatan dan menyantap makanan bergizi yaaa 😀

    Reply
  23. Prima Hapsari

    Gigi berlubang ini PR banget, kudu rajin sikat gigi yaaa, kalo terlanjur lubang tambah gede adooh, dan gigiku telat karena banyak lubang, mo nambal kayak temen2 kok takut ke dokter gigi, hehehe. Nyobain pasta gigi Sasha ah

    Reply
  24. Tika Samosir

    Kalau anak-anak mengalami kerusakan gigi terutama gigi berlubang memang kasihan banget ya. Harus tetapin pola membersihkan gigi dengan baik.

    Reply
  25. Malica Ahmad

    Wah, bisa direkomendasikan ke ibu nih pasta giginya.karena si ibu punya riwayat sakit gigi dan memang udah lama babget.

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archives



Pin It on Pinterest