Hah! Hamil?

by | Jan 3, 2014 | 15 comments

Saya mengenal banyak orang yang terlambat tahu kalau dirinya hamil. Saat akhirnya melakukan tes kehamilan pertama kali dan menegaskan hasilnya ke dokter, ternyata umur janin sudah beberapa minggu.

Pada kasus saya, umur bayi sudah enam minggu.

Idealnya, saat hamil, ibu memberi asupan yang baik-baik untuk janin. Karena ada dua yang hendak dicukupi kebutuhannya, maka asupan kalori yang diperlukan tentu saja ikut bertambah. Tapiii, kebutuhannya ga lantas dikalikan dua, yah. Β Jadi, makan dua porsi itu salah. πŸ™‚

Ibu hamil itu butuh tambahan kalori sekitar 300-400kkal per harinya. Kalau saya ga salah ingat, ini bisa dicukupi dengan 1 buah donat dengan topping uhuy saja. Tapi kan donat itu isinya cuma karbohidrat dan gula aja, yaa…

TEPAT!

Nah, masalahnya timbul karena kebutuhan ibu hamil bukan cuma soal penambahan kalori, tapi juga gizi. Gizi yang baik bisa bantu pertumbuhan janin jadi ikut baik. Pasti senang kan ya kalau tau janin di perut geraknya lincah, bisa salto, kayang, meroda, dan planking sekaligus. Hooh, memang berlebihan. πŸ˜€

Trus, kebutuhan gizinya ibu hamil itu, apa ajaaaaa?

Saya ingat-seingatnya, pertama kali kontrol ke dokter untuk cek-cek perut yang rasanya kurang enak, saya langsung dibekali asam folat. Kata pak dokter yang tampan itu, asam folat mesti diminum selama trimester pertama.

Informasi ini saya salin dari web bidanku

Asam Folat.

Janin sangat membutuhkan asam folat dalam jumlah banyak guna pembentukan sel dan sistem syaraf. Selama trimester pertama janin akan membutuhkan tambahan asam folat sebanyak 400 mikrogram per harinya. Jika janin mengalami kekurangan akan asam folat, maka hal ini akan membuat perkembangan janin menjadi tidak sempurna dan dapat membuat janin terlahir dengan kelainan seperti mengalami anenchephaly (tanpa batok kepala), mengalami bibir sumbing dan menderita spina bifda (kondisi dimana tulang belakang tidak tersambung). Asam folat yang bisa di dapat pada buah-buahan, beras merah dan sayuran hijau.

Yup, persis begitu yang dikatakan pak dokter waktu lampau. Katanya, asam folat bantu perkembangan otak janin dan bantu mencegah bayi lahir cacat. Jadi, memang penting ting ting ting deh, si asam folat ini. Kalau hamil, usahakan jangan skip, ya…

Teruss, selain asam folat, ibu hamil juga butuh tambahan protein, vitamin, kalsium, Vitamin A, zat besi, Vitamin C, dan Vitamin D. Segala kebutuhan itu dianjurkan sudah dikonsumsi sejak awal masa kehamilan supaya kebutuhan gizi untuk ibu dan bayi tercukupi sejak awal agar bayi dan ibunya sehat sentausaaa..

gambar pinjam dari sini

gambar pinjam dari sini

Begini piramida makanan yang sehat, semakin ke atas, semakin sedikit porsi konsumsinya.

——

Lho, Hamil?

Tapi, seperti yang saya bilang di awal tadi, banyak sekali ibu yang telat tahu kalau dirinya sudah hamil kan, termasuk saya. Jadi, baiknya sihh ya, saat sudah berencana untuk hamil dan menyingkirkan segala macam kontrasepsi yang melekat, si calon ibu sudah mulai membekali diri dengan makanan yang sehat dan gizi yang cukup.

dan, tentu saja asam folat. πŸ™‚

Asam folat itu tersedia dia banyak macam bahan pangan. contohnya brokoli, pisang, dan kacang-kacangan. Saya suka sekali nyemil pisang, selain bikin kenyang pisang tidak terlalu mahal dan enak. Selain itu pisang ga perlu dimasak lagi, tinggal kupas dan hilanglah dia dalam mulut saya. hahaha..

Kalau lagi ga ketemu pisang, ga sempat rebus brokoli dan ga ada waktu bikin bubur kacang ijo, gimana dong? Pilihannya ya,Β snacking aja, dengan makanan atau minuman yang mengandung asam folat dan gizi seimbang.

 

/salam hamil

YOU MAY ALSO LIKE

15 Comments

  1. hana sugiharti

    Wah prenagen baru yaaa sip ah klo hamil dicoba πŸ˜€

    Reply
    • Rere @atemalem

      Yok yokkk..
      eh, nyobanya ga harus pas hamil sih..
      kapan aja boleh

      Reply
  2. Tita Bunda Aisykha

    skrg susu hamil banyak jenisnya ya mba,,jd gampang,,ngga harus diseduh2,,

    Reply
    • Rere @atemalem

      bagi-bagi info aja, mak.
      semoga ada manfaatnya. πŸ˜€

      Reply
  3. Dian Seruni

    Enak gak Mom?

    Reply
  4. Stephanie

    suka tulisannya. πŸ™‚

    Reply

Trackbacks/Pingbacks

  1. Manfaat Buah untuk Ibu Hamil | Cinta, Cerita, dan Rupa - […] Hah! Hamil? […]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archives



Pin It on Pinterest