Happy Mommy, Healthy Baby

by | Jun 4, 2015 | 7 comments

mother

Ibu itu pusatnya rumah, intinya rumah. Kalau ibunya bahagia, serumah bakal bahagia. Kalau ibunya cemberut, dijamin serumah bakalan ikutan susah.

Iya, ga? 

Saya inget kalau mamak lagi ga enak hati, murung, kami anak-anaknya pasti ikutan bingung, mikirin ini mamak enaknya diajak ngobrol apa ya biar ceria lagi. Langsung aja bagi-bagi tugas, ada yang tugasnya ngelawak, ada yang tugasnya beres-beres rumah, ada yang beliin makanan enak. Apapun dilakukan supaya mood si mamak bangkit.

Kejadiannya lumayan beda kalau ayah yang lagi jelek moodnya. Biasanya nih, kalau ayah ga enak hati atau ga enak badan, yang maju duluan buat ngurusin si ayah adalah si mamak. Nanti mamak yang bakal kasi perintah ke anaknya, beliin ini-beliin itu-coba tawarin ini ke ayah-coba tawarin itu ke ayah.

Kami ikut susah kalau mamak susah, tapi kalau ayah yang lagi susah biasanya kami serahkan ke mamak. Biasanya si ayah kalo udah dimanja-manjain sama mamak, langsung sehat aja kok! 😀

————————-

Happy Mommy

Happy Mommy, Healthy Baby with Transpulmin & Kamillosan.

Happy Mommy, Healthy Baby with Transpulmin & Kamillosan.

Saya termasuk orang yang mikir kalau ibu yang bahagia itu penting banget buat kelanggengan rumah tangga. Itu kenapa waktu Mommies Daily kirim undangan untung datang ke acara Happy Mommy, Healthy Baby with Transpulmin & Kamillosan, saya langsung bersedia. 🙂

Bahagia itu penting banget, tante! Saya kalo lagi ga bahagia bawaannya marah-marah dan cemberut, kasian anak dan suami, salah sedikit saya omelin.

Sekarang saya udah lumayan pinter ngatur emosi ketimbang dulu, marah-marah ya tetep tapi ga sesering dulu. Kalo udah ga tahan lagi, saya akan ambil jarak sebentar, nyari waktu buat sendiri. Biasanya, kalau udah dapet waktu sendiri, emosi ga meletup-letup dan berpikirnya bisa lebih jernih juga. 😀

Ternyata ya, soal ibu yang bahagia ini ga cuma penting waktu anaknya udah pada lahir, lho. Tapi si ibu udah harus disetting bahagianya sejak hamil!

Anna Surti Ariani Sp.SI, M.Si, Psi - Psikolog Anak dan Keluarga

Anna Surti Ariani Sp.SI, M.Si, Psi (Nina)- Psikolog Anak dan Keluarga

Mba Anna Surti Ariani Sp.SI, M.Si, Psi – Psikolog Anak dan Keluarga, bilang penting banget meminimalkan stres selama hamil karena bahagia atau tidaknya ibu hamil ternyata bisa ada dampaknya ke tumbuh kembang janin dan lancar tidaknya ASI.

Kalau ibu depresi waktu hamil, nanti anaknya bisa punya masalah psikologis. Si anak ini bisa moody, suka sedih terus, gampang bersusah hati, dan pastinya jadi susah bergaul sama temen-temennya.  Mba Nina bilang, kalopun misalnya si ibu ini punya pengalaman sedih dan nggak enak waktu belum hamil, pas hamilnya coba pengalaman buruknya dilupakan. Tapi susah kan ya, nah kalo susah bisa minta bantuan ahli gitu, deh.

Syarat-syarat supaya ibunya bahagia ini ada beberapa, intinya sih ibunya harus sehat, tercukupi kebutuhan sandang-pangan-papannya, ibunya harus rajin bersyukur, dan harus percaya diri.

Percaya diri?
Hooh!
Ibu yang ga percaya diri bikin anaknya gamang. Ga tau mau berpegang ke siapa. Trus jadi anak yang gampang panik dan cengeng. Percaya dirinya bukan yang level berani orasi di tanah lapang gitu sih, tapi lebih ke yakin dan percaya dengan tindakan apapun yang diambil saat merawat anak, contohnya menyusui.

Iya, menyusui itu perlu percaya diri banget. Inget dulu pas baru-baru aja lahiran ASI dikit banget, walaupun udah baca beragam tulisan soal kebutuhan ASI bayi yang dikit banget di hari 1-3 kelahiran, tetep aja saya goyah. Ahh, ini beneran bayi 4 kilo minumnya cuma beberapa tetes gitu, nanti kalo bayinya dehidrasi gimana? 😀

Coba tuh pas lagi galau gitu tiba-tiba ada yang datang terus bilang harus pakai susu tambahan karena ibunya ga mampu produksi ASI yang cukup, gimana jadinya?
Kalau ibunya percaya diri, show will go on. 🙂
Kalau ga percaya diri, ya udah bubar jalan aja, deh. 🙁

Ini masih di rumah sakit, lho. Kebayang segala petuah, anjuran, dan “katanya-katanya” yang bakal didenger ibu dari orang-orang yang berkunjung ke rumah untuk lihat bayi.

“Katanya bayi ga boleh digendong, nanti bau tangan!”
“Katanya bayinya dikasi madu aja bibirnya, kasian pecah-pecah.”
“Katanya ibunya ga boleh makan pedes, nanti bayi diare.”
“Katanya bayi harus dibedong perutnya, nanti masuk angin.”
“Kasian bayinya nangis terus, mungkin susu ibunya kurang, ya.”

Nah, lho…

Udah kebayang kan betapa pentingnya percaya diri? Ibu yang ga percaya diri dan terlalu banyak dikritik dalam pola pengasuhannya, bisa jadi depresi, produksi ASI berkurang, dan baby blues. 🙁

Kata Mba Nina, ga ada tuh sekolah jadi ibu dan orangtua yang baik. Karena ukuran dan harapan setiap orangtua ke bayinya beda-beda, cara pengasuhannya bisa jadi beda juga. Ada keluarga yang mau anaknya mandiri lebih cepat, ada yang mau anaknya dikekepin lebih lama. Ga ada yang sama. 🙂

Jadi, berusahalah bijak waktu kasi komentar ya. Belum tentu maksud baik tante diterima oleh semua orang dengan lapang dada. 🙂

————————-

Healthy Baby

Anak yang sehat adalah anak yang kebutuhannya tercukupi. Waktu baru lahir, kebutuhannya si anak itu cuma ASI dan kasih sayang orangtuanya. 🙂

Dr. Elizabeth Yohmi SpA -- Ketua SATGAS ASI IDAI

Dr. Elizabeth Yohmi SpA — Ketua SATGAS ASI IDAI

Dr. Elizabeth Yohmi SpA — Ketua SATGAS ASI IDAI bilang, ga ada pilihan lain bayi yang baru lahir selain ASI. ASI diciptakan khusus untuk manusia dan komposisi si ASI ini berubah sesuai umur bayinya. Susu pengganti tidak akan bisa memberikan manfaat seperti yang diberikan oleh ASI.

Anjuran pemberian ASI

Anjuran pemberian ASI

ASI ekslusif ini lamanya enam bulan. Setelah enam bulan terlewati, si ibu wajib memberikan makanan pendamping ASI saat usia anak 6-12 bulan, karena ASI hanya mampu memenuhi 60-70% kebutuhan bayi. Setelah usia si bayi di atas 12 bulan, ASI hanya mampu memenuhi 30% kebutuhannya dan bayi harus diberikan makanan yang berasal dari dapur keluarga dengan nutrisi seimbang.

Ada pesan khusus dari dr. Yohmi, nih. Katanya, menyusui itu pekerjaan utama, bukan pekerjaan sambilan. Jadi, waktu menyusui usahakan berkomunikasi dengan bayi, jangan sambil main hape atau mengerjakan yang lain. Cara komunikasinya bisa dengan elus-elus, nyanyiin lagu, atau sekedar sambil bersih-bersihin telinga bayi. 🙂

Trus calon ibu menyusui juga diminta buat rajin-rajin baca/nonton video soal pelekatan mulut bayi pada puting supaya proses menyusuinya lancar, payudara ga sakit/luka, dan si bayi dapat semua manfaat dari ASI-nya.

————————-

Ada yang lagi hamil dan menyusui? Semoga lancar sampai selesai ya. Trus, kalau lagi bete atau susah hati, daripada misuh-misuh ga ada solusi, coba cari cara untuk sembuh, bisa dengan curhat atau ambil waktu sendirian sementara. Semoga semua baik-baik dan bahagia, ya.. ^^

Terimakasih Mommies Daily, juga Transpulmin & Kamillosan  (@kehangatanibu) untuk undangan acaranya.

/salam happy!

 

 

YOU MAY ALSO LIKE

7 Comments

  1. kania

    bener banget mak, ibu yg bahagia menghasilkan anak yg sehat dan bahagia juga …:)

    Reply
    • rere

      Ayok kita nonton korea biar bahagia mak.
      #eh.

      Reply
  2. Anesa Nisa

    Aaahhh.. aku mau banget nih kalo ada acara iniiii. Gimana cara ikutannya?

    Doain aku ya Mbaaakk. Sekarang aku lagi hamil *Alhamdulillah* Baru 3 bulan si 😀 Aku suka mumet kalo nggak tau harus makan apa sama bosen di rumah karena ruang bepergian lagi dibatasin. Huhuhuhuu.. Mudah2an ga tll pengaruh ke dedek nya.

    Eniwei, TFS mbak rereeee.
    Aku yang nggak tau ada acara ini, apalagi bisa hadir, jadi nambah ilmunya :*

    Reply
  3. Anesa Nisa

    Aaahhh.. aku mau banget nih kalo ada acara iniiii. Gimana cara ikutannya Mbak?

    Doain aku ya Mbaaakk. Sekarang aku lagi hamil *Alhamdulillah* Baru 3 bulan si 😀 Aku suka mumet kalo nggak tau harus makan apa sama bosen di rumah karena ruang bepergian lagi dibatasin. Huhuhuhuu.. Mudah2an ga tll pengaruh ke dedek nya.

    Eniwei, TFS mbak rereeee.
    Aku yang nggak tau ada acara ini, apalagi bisa hadir, jadi nambah ilmunya :*

    Reply
    • rere

      Wah, kemaren ini dapet undangan per email, mba.
      Kalo mumet nyari pelampiasan kali ya mba? Nonton yang seger-seger gitu gimana?
      Atoya nyemil yang seger-seger kali ya.

      Aku kalo udah bete banget, biasanya mandi. :))

      Reply
  4. echaimutenan

    Ibuuu harus bahagia…
    biar anaknya juga bahagia…prinsip banget ini….
    dan sebagai org tua juga kudu…….sabar :))

    nice sharing ya mba kemaren, walau aku g kebagian tanya 🙁

    Reply
    • rere

      Iyah, aku suka deh acara kemaren, apalagi pematerinya juga asik. 😀

      Reply

Leave a Reply to kania Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archives



Pin It on Pinterest