Jalan-Jalan

32 Jam di Perut Matarmaja

Liburan bareng Embun itu menyenangkan, anaknya santai,Β  mudah adaptasi, dan ga pernah kehabisan bahan cerita. Sepanjang jalan Jakarta – Malang – Jakarta, walaupun liburannya cuma berdua, rasanya tetap rame karena anaknya tuh berhenti ngomong kalau lagi tidur dan yutuban aja. ^^

Waktu merencanakan liburan ke Batu, Malang, saya bolak-balik galau, khawatir perjalanan kurang nyaman, takut anaknya rewel, dan saya jadi emosi. Ga asyik banget kalau liburan disela dengan marah-marah, kan?

Embun udah cukup sering jalan jauh sebenarnya, tapi perjalanan naik kereta api, yang sekali jalannya makan waktu lebih dari 16 jam baru sekali ini. Sebelumnya kami liburannya dengan pesawat yang terbangnya 2-3 jam saja, atau naik mobil. Perjalanan naik mobil memang bisa berhari-hari di jalan, tapi kondisinya tentu nyaman karena kami bisa berhenti-jalan semaunya dan sebutuhnya.

Kami ke Malang di penghujung liburan sekolah, naik Kereta Api Matarmaja kelas ekonomi. Kereta Matarmaja berangkat dari Stasiun Senen setiap hari pukul 15. 15 WIB dan tiba di stasiun akhir Malang Kota Baru pukul 7.51 keesokan harinya. Ongkos keretanya Rp109.000 per orang. Total, untuk biaya kereta pulang-pergi ke Malang untuk dua orang, saya menghabiskan Rp436.000 saja. Murah yaa.. ^^

Saya sengaja pilih tanggal berangkat dan pulang di hari kerja. Harapannya kereta agak lengang agar duduk bisa lebih nyaman. Sayang harapan tinggal harapan, keretanya penuh! Ongkos kereta yang murah bikin transportasi ini jadi pilihan banyak orang untuk bepergian. πŸ˜€

Dari fasilitas, kereta eksekutif, bisnis, dan ekonomi, kurang lebih sama saja. Fasilitas seperti pendingin udara, toilet, pelayanan staf, dan restoran bisa didapatkan di semua kelas kereta. Bedanya ada di posisi bangku, jenis bangku, dan jarak antar bangku.

Bangku di kereta ekonomi diposisikan berhadapan. Kalau badan cukup tinggi dan besar, dipastikan akan bertemu kaki dengan penumpang di depannya. Lalu, bangku di kereta ekonomi diatur tegak lurus, tidak bisa direbahkan. Bangku kereta di kelas ekonomi juga tidak seempuk bangku di kelas lainnya, jadi kalau duduk cukup lama dipastikan bokong akan pegal-pegal manja. πŸ˜€

Kenapa saya memilih Matarmaja untuk bepergian:

1. Tiketnya murah.
  2. Jam berangkat dan tibanya saya suka, sebagian besar waktu perjalanan akan habis di waktu tidur malam, jadi jauhnya perjalanan ga begitu terasa.

Anaknya diposisikan telentang, emak duduk mepet ujung.

Kemarin saya memilih kursi di kereta ke-5. Ga ada tujuan khusus, cuma kebetulan di kereta itu masih ada dua kursi kosong yang berdampingan buat saya dan Embun. Setelah naik dan duduk saya baru tau kalau kereta Reska (restoran kereta api) ada di antara kereta ke-4 dan ke-5. Artinya saya ga perlu jauh-jauh kalau mau jajan! Horeeee..

Ternyata posisi Reska ini beda-beda di tiap kereta. Sebelumnya, di Gaya Baru Malam Selatan, kereta Reska ada di bagian ekor, setelah kereta ke-8.Β  Kalau kamu tipe yang suka nyemil, bolehlah cari tau lebih dulu posisi kereta Reska sebelum memesan tiket yaaa.. Buat yang malas jalan ke Reska, bisa juga beli atau pesan makanan dari staf yang mondar-mandir menawarkan makanan/minuman.

Jadi, gimana Embun di perjalanan?

Embun sehat dan senang! Hehehe. Segala khawatir yang emak gendong-gendong dari rumah pun raib. Kebanyakan kami ngobrol, becandaan, yutuban, baca buku, dan tidur! Paginya, setelah lebih dari 12 jam perjalanan, anaknya kasi saya senyum semanis ini. πŸ˜€

Pas dia senyum gitu, hati emak langsung nyesss enak. Emak merasa sukses! Hahaha..Β Setelah ini, sepertinya saya akan makin berani bawa dia jalan-jalan yang lebih jauh. Saya kepikir buat naik gunung atau kemping berdua sih, semoga terwujud segera. Amin!

Embun sempet fotoan sama Mba Kondektur.

Bawaan kami pas liburan kemarin. Saya terpaksa bawa dua tas karena harus bawa perlengkapan kerja pas liburan.

Setelah puas main-main empat hari di Batu, kami lalu pulang ke Jakarta dengan kereta yang sama. Di rute Malang Kota Baru -Jakarta Stasiun Senen, waktu berangkat kereta jadi lebih sore, pukul 17.30 WIB. Pengalaman di perjalanan kurang lebih sama, Embun tidurnya lelap dan minus rewel. Kereta tiba di Jakarta pukul 09.20 keesokan harinya. Durasi perjalanan lebih singkat 30 menit di perjalanan pulang,

Berikut beberapa tips dari saya mau coba naik kereta ekonomi bareng anak:

1. Bawa jaket dan kaos kaki. Lebih baik pakai celana panjang dan baju panjang karena kereta lumayan dingin. Kalau baju panjang masih kurang, bawa sarung atau selimut juga.
  2. Bawa uang pecahan kecil buat jajan.
  3. Bawa camilan kesukaan anak. Bawa air putih yang cukup atau beli air di kereta restorasi
  4. Bawa buku, mainan kesukaan anak, tissue basah, tissue kering/lap tangan.
  5. Datang di awal waktu ke stasiun agar tidak terburu-buru saat naik kereta dan cari tempat duduk.

/salam jalan-jalan

Previous Post Next Post

You may also like

56 Comments

• Reply Vita pusvitasari

Terakhir naik kereta api tahun 2014 lalu, wah asyik nih bisa naik kereta api ini pp jakarta malang, malang adem dingin bikin betah, terkahir kesana juga tahun 2014 πŸ™‚

August 14, 2018 at 14:51
    • Reply rere

Iyaa, duhhh kemarin dingin banget. Rencananya mau muter-muter Batu sampe malem, eh jam 8 udah ga kuat trus balik penginapan deh. πŸ˜€

August 21, 2018 at 08:56
  • Reply dewi puspa

Naik kereta api ekonomi enaknya ramai-ramai. Kalau sendiri aku malas banget naik Matarmaja, soalnya lama banget baru sampai ke rumahnya hehehe.

August 14, 2018 at 14:57
    • Reply rere

Aku pernah naik kereta sendiri, dari Surabaya. Bawa buku, dengerin musik sepanjang jalan, trus tidur deh. πŸ˜€

August 21, 2018 at 08:57
  • Reply Catcilku

Serunya bisa jalan-jalan berduan aja sama anak. Saya belum sanggup kalau jauh tujuannya. Semoga bisa ikutan pergi naik kereta suatu saat bareng anak

August 14, 2018 at 16:11
    • Reply rere

Sama euy, aku juga gitu. Deg-deg-ser takut anaknya ga nyaman, emaknya ga nyaman. Dengan kekuatan bulan, akhirnya dicoba, dan bagusnya sukses walaupun bonus pegel. :))

August 21, 2018 at 08:58
  • Reply Andiyani Achmad

mbaa.. kok murah banget ke Malang berdua ga nyampe 500k. waini goals aku banget nih bisa traveling backpackeran kayak gini sama anakku. semoga bisa terwujud yaa aamiin. makasih mba buat sharing dan inspirasinya

August 14, 2018 at 17:28

Iyaaa, murah banget yaa.
      Aku udah beli tiket lagi nih buat ke Jogja, dapet 74ribu sekali jalan. :))

August 21, 2018 at 08:59
  • Reply Maria

Wah… Enak bisa diajak jalan jalan anaknya mbak… Asyiknya

August 14, 2018 at 17:45
    • Reply rere

Iya, anaknya suka diajak jalan-jalan gitu. Umurnya udah lumayan juga jadi gampang buat komunikasi. πŸ™‚

August 21, 2018 at 09:00
  • Reply kurnia amelia

Seru bangetbya mba Re bisa liburan sama anak. Sedikit cerita nih beberapa bulan lalu aku ke Bandung naik kereta ekonomi dan bagussss banget dalamnya, bersih, ada AC plus ada colokan. Fasilitas kereta saat ini memang bisa di bilang nyaman sih dan pilihan tepat untuk berpergian soale ga macet hehe.

August 14, 2018 at 21:59
    • Reply rere

Iyaa, kereta ekonomi udah enak sekarang. Masalahnya kalau jauh ya itu, pegel karena kursi ga bisa disesuaikan posisinya. πŸ™‚

August 21, 2018 at 09:02
  • Reply unggulcenter

Ini emak sama anak bener2 deh kompak banget! Kemping bareng sering pula yak.

August 15, 2018 at 11:07
    • Reply rere

Baru beberapa kali, pingin lagi. πŸ˜€

August 21, 2018 at 09:02
  • Reply Helena

Embun pinter fotoin mamanya. Asik nih punya teman traveling baru yang kuat diajak naik kereta ekonomi.
    Aku pernah, mbak. Sekali perjalanan kejebak karena ada kecelakaan kereta, jadilah Surabaya-Jakarta 25 jam naik Gaya Baru.

August 15, 2018 at 14:55

Waduhhh, sehari-semaleeemmm.. :((
      Pengalaman banget itu ya mbaa..

August 21, 2018 at 09:03
  • Reply gita siwi

Lupa kapan terakhir naik kereta. Udah geer mau ikut komunitas jalan jalan ke Malang eh belum jodoh eventnya . Enak ya kereta itu pun lamaan tetap asyik prmandangannya . Peluk hangat buat embun ya

August 15, 2018 at 22:50
    • Reply rere

Semoga segera ada waktu dan kesempatannya ya, Mba. πŸ™‚
      Makasi banyak, peluknya udah disampein ke anak bayik.

August 21, 2018 at 09:04
  • Reply cicidesri

akujuga pernah nih naik Matarmaja ke Malang, lumayan lama tapi asik.. gak berasa sih kalo dibawa ngobrol hihihi

August 16, 2018 at 13:52
    • Reply rere

Kalau temen jalannya asyik, perjalanan ga berasa ya Mba. πŸ™‚

August 21, 2018 at 09:05
  • Reply nursaidr

Wuihhh keren mba reh. Udah diajak jalan sejak kecil..hihi edukasi juga sih ini ya. Dan jadi pengalaman menarik buat anak.

August 18, 2018 at 10:38
    • Reply rere

Edukasi + nyemil sepanjang jalan. :))

August 21, 2018 at 09:10
  • Reply Fenni Bungsu

Daku kangen naik kereta api, mau mengulangi lagi masa-masa indah itu 😍

August 19, 2018 at 05:17
    • Reply rere

Makan waktu memang ya, tapi ngangenin. :*

August 21, 2018 at 09:11
  • Reply Andri Mastiyanto

Pernah naik Matarmaja dari Malang ke Jakarta. Seru karena bareng-bareng

August 19, 2018 at 15:55
    • Reply rere

Kalo bareng-bareng tambah asyikkkk.. Pas berangkat kemarin ada rombongan ibu-ibu yang mau naik bromo, duh cemburu liat mereka seru banget sepanjang jalan. πŸ˜€

August 21, 2018 at 09:12
  • Reply Melysa Luthiasari

Rencananya aku juga akan ke Blitar pake Mataremaja mba, aku sih belum pernah naik kereta sampai ke Blitar, dulu nyoba sampai ke Jogja. ga berasa sih, seru aja. Tapi ga tau kalau ke Blitar yah, hehe….semoga kesampaian.

August 19, 2018 at 21:39
    • Reply rere

Semoga kesampaian dan senang di perjalanan yaaa..

August 21, 2018 at 09:12
  • Reply maya rumi

ya ampun seneng banget bica backpacker sama anak… embun usia berapa mbak ? aq pengen nyoba seperti itu kalau anakku sudah lebih besar… ditunggu cerita lainnya yah mbakk

August 20, 2018 at 09:52
    • Reply rere

Umurnya tujuh tahun sekarang. Semoga nanti kepengennya kesampean ya mbaaa.. Salam sayang buat anakmu. ^^

August 21, 2018 at 09:18
  • Reply Marga

Aku paling jauh naik kereta sampai Yogyakarta. Dari Jakarta malam, sampai sana jam 6-7an pagi gitu. Seru sih, tapi pegal-pegal hahaha.

August 20, 2018 at 10:35
    • Reply rere

Iyaaa, jauh lebih nyaman dan enak naik kereta eksekutif. πŸ˜€

August 21, 2018 at 09:20
  • Reply Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

Wah seru ya mbak pergi berdua sama anak, apalagi bisa mencoba beberapa transportasi. Aku juga belum lama naik ekonomi menuju Bandung, biasanya gak sedingin itu. Efeknya aku bersin2 karena kedinginan sepanjang perjalanan.

August 20, 2018 at 10:59
    • Reply rere

Sama kaya pengalamanku Mba, aku nae kereta pake celana pendek + baju lengan pendek, sukses kedinginan sepanjang jalan. hahahha

August 21, 2018 at 09:21
  • Reply Sadewi Handayani

Makasih sharing nya kebetulan aku juga mau memcoba naik kereta ekonomi bersama si kecil bulan depan

August 20, 2018 at 12:10
    • Reply rere

Yayyy, semoga sukses, senang, nyaman, dan seruuu yaaaa

August 21, 2018 at 09:23
  • Reply Honey Josep

saya masih maju mundur syantik mau ajak toddler liburan naik KA nih….

ikut senang karena Embun menikmati perjalanan ke Malang πŸ™‚

August 20, 2018 at 15:57
    • Reply rere

Sama, aku juga gitu, galau ga ada ujungnya. :))

August 21, 2018 at 09:24
  • Reply Yunita Tresnawati

Kereta zaman sekarang keren ya Mba. AC-nya juga dingin meski kelas ekonomi. Tipsnya oke banget, memang harus bawa jaket kalau naik kereta. Dulu saya ngentengin kereta ekonomi ke Semarang, ga bawa jaket cuek aja pakai kaos, hasilnya menggigil dan sebentar2 diri deket toilet hehehhe

August 20, 2018 at 20:40

Untung ada toilet di tiap gerbong ya Mbaa.. Hahhaha

August 21, 2018 at 09:24
  • Reply Agung Han

Saya pernah naik Jayabaya jurusan surbaya, ACnya lumayan dingin dan tidak ada orang jualan, pengin juga naik Matarmaja ke Malang

August 21, 2018 at 06:46
    • Reply rere

Iya, di kereta ga ada yang lalu-lalang selain penumpang dan petugas. Kalau pingin makanan tertentu baiknya ngebekel dari rumah.

August 21, 2018 at 09:25
  • Reply Fania surya

Ke Malang belum pernah naik matarmaja. Selalu naik sembrani. Tapi skg matarmaja sdh bagus ya. Jadi pengen nyoba nih ke Malang pake kereta ini soanya lebih murah ya. Murah banget.

August 21, 2018 at 08:10

Murah banget! Nanti kapan-kapan aku nyobain Sembrani deh. πŸ™‚

August 21, 2018 at 09:26
  • Reply PutriKPM

Aku ngikutin cerita Kak Rere di instastory dan seneng banget ngeliat Embun happy selama perjalanan. Bisa dicontoh kalau nanti aku punya anak :’)

August 21, 2018 at 08:52

Aminnnnnn, semoga lancar terus sampai hari H ya, Put. ^^

August 21, 2018 at 09:26

Hahaha, iya, emaknya udah bikin rencana buat jalan-jalan berikutnya. πŸ˜€

August 21, 2018 at 09:05
  • Reply Liswanti

Seru banget perjalannnya mba, itu berdua saja ya. Aku pengen nyobain bawa anakku juga

August 21, 2018 at 13:02
  • Reply Pengalaman Pakai Paket Sakti di Jatim Park | SEDIKIT CERITA UNTUK KENANGAN

[…] Batu, pergi dan pulang, kami menumpang Kereta Matarmaja. Keretanya berangkat dari Stasiun Senen (Jakarta) dan berhenti di Stasiun Malang (Jawa Timur). Dari […]

August 21, 2018 at 15:42
  • Reply Silvia

Selamat berlibur 😍

August 27, 2018 at 17:46
  • Reply Achir Arianto

Embun, sesuai namanya. Berwajah ayu dan sangat menyejukkan. Sehat terus Embun dan kelak jadi anak taat dan hormat akan orangtua. Salam

March 4, 2019 at 08:17

Terima kasihh.. ^^
      Amin

March 4, 2019 at 18:04
  • Reply Dian

Mbak, apa bisa sewa selimut di KA Matarmaja ?

April 11, 2019 at 12:39
    • Reply rere

Bisa. Bilang aja ke Prami/Prama yang bertugas di kereta ya. πŸ™‚

April 11, 2019 at 13:31
  • Reply LIBURAN BERSAMA EMBUN: BROMO | SEDIKIT CERITA UNTUK KENANGAN

[…] foto-foto liburan saya tahun lalu. Awalnya sempat ragu karena jarak Jakarta-Malang yang cukup jauh, kurang lebih 17 jam naik kereta api Matarmaja (kelas ekonomi). Satu tips agar tidak terlalu lelah di perjalanan: coba nikmati perjalanan dengan […]

August 18, 2019 at 17:36
  • Reply Atemalem - Liburan Bersama Embun: BROMO

[…] foto-foto liburan saya tahun lalu. Awalnya sempat ragu karena jarak Jakarta-Malang yang cukup jauh, kurang lebih 17 jam naik kereta api Matarmaja (kelas […]