Food Jalan-Jalan

11 Rekomendasi Wisata Kuliner di Tanjungpinang

Punya waktu luang untuk jalan-jalan dan ingin menjajal makanan khas di Tanjungpinang? Saya rekomendasikan makanan dan tempat jajan di bawah ini untuk kulineran. Jika suka, beberapa jenis makanan bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

  1. Bingke Pandan
    Ini kue favorit saya di Tanjungpinang. Saya sebenarnya ga begitu suka kue yang manis, tapi bingke pandan ini sulit sekali ditolak. Kuenya harum, berlemak santan. Belanjanya di RM Tarempa. Harga kuenya Rp 15 ribu, cuma dibuat 30 buah per hari. Waktu kami mampir sekitar pukul 11.00 WIB, rotinya tinggal dua. *langsung borong dua-duanya. ๐Ÿ˜€
    Alamat warungnya: Kedai Kopi Tarempa, Jalan DI Panjaitan Batu 9 Komplek ruko Villa Pinlang Mas Blok B Nomor 23-24 Tanjungpinang.
    .
    ———-
  2. Otak-Otak
    Otak-otak ala Tanjungpinang ini beda banget sama otak-otak yang saya kenal (versi Jakarta). Kalau di Jakarta warnanya putih keabuan, di Tanjungpinang warnanya kuning dengan harum rempah yang pekat. Teksturnya juga lebih halus, ga perlu gigit kuat-kuat karena dia lumer di mulut. Otak-otak gampang ditemui di pasar/daerah pecinan.
    .
    ———-
  3. Luti Gendang
    Mudah ditemui di warung makan sekitaran Tanjungpinang. Harga perbuahnya Rp 2500 saja. Isian rotinya macam-macam, tapi ikan yang jadi favorit. Rasanya gurih, makannya ga akan cukup sebiji karena rotinya imut-imut dan bikin nagih. Luti gendang bisa dipesan mentah untuk dibawa pulang. Sampai rumah simpan di kulkas, tinggal goreng saja kalau hendak dikonsumsi. ๐Ÿ™‚
    .
    ———-
  4. Lemper
    Lemper Tanjungpinang spesial karena bentuknya berbeda. Bukannya pendek bulat macam lemper daerah lain, tapi kurus, panjang, dan langsing. Isiannya suwiran ikan tongkol. Pas dikunyah akan ketemu sensasi pedas. Saya habis tiga sekali makan. :p.
    ———-
  5. Mie Tarempa
    Sepanjang Tanjungpinang kita akan mudah liat plang-plang warung makan mie tarempa. Sila mampir dan coba. Ada tiga versi mie tarempa, goreng, lembab, dan kuah. Kemarin sempat nyobain yang goreng dan basah. Enak banget! Bentuk mie tarempa gepeng mirip kwetiau. Di atas mienya ada suwiran ikan tongkol berbumbu. Mienya ditumis dengan campuranย  kecambah dan telur. Rasanya pedas, kalau ga kuat pedas tinggal request khusus ke pelayannya waktu pesan. Mie Tarempa ini banyak banget ditemui sepanjang jalanan Tanjungpinang, jualannya mulai pagi-pagi betul untuk sarapan sampai malam. Oh iya, mie tarempa itu bukan merk ya, tapi nama mienya, semacam mie bakso dan mie ayam gitu, deh. Alamat warungnya: Kopitiam Mie Tarempa Jl. D.I panjaitan KM 7, Melayu Kota Piring, Tanjungpinang Timur.
    .
    ———-
  6. Nasi Dagang
    Mirip nasi uduk yang dibungkus model nasi kucing angkringan. Di dalam bungkus daunnya sudah lengkap ada nasi bersantan, lauk, dan sambal. Harganya sekitar Rp 5 ribu.
    .
    ———-
  7. Tepung Gomak
    Kue ini dinamakan tepuk gomak karena berbalut tepung yang tebal. Ketemu di warung kue di daerah pecinan, Tanjungpinang. Rotinya dari kacang hijau, dalamnya ada isian kelapa parut yang dimasak dengan gula merah. Rasa isiannya mirip dengan dadar gulung, tapi bagian luarnya mirip dengan mochi. .
    ———-
  8. Gonggong
    Gonggong atau Canarium Stroumbus adalah sejenis siput/kerang laut yang merupakan makanan khas masyarakat di Kepulauan Riau. Kemarin saya coba gonggong di rumah makan Sei Enam Seafood.ย Olahannya sederhana, hanya direbus saja, sebagai pelengkap ada sambal untuk cocolan. .
    ———-
  9. Deram-Deram atau Drum-Drum
    Namanya lucu ya, deram-deram. Kue ini khas dari Pulau Penyengat tapi mudah ditemui di swalayan sekitaran Tanjungpinang. Bentuknya bulat dengan bolongan di tengah, mirip donat mini. Bahan dasar deram-deram adalah tepung beras yang dicampur dengan gula merah. Konon dulu kue ini merupakan salah satu camilan yang disediakan di kesultanan Melayu. ^^.
    ———-
  10. Akau – Potong Lembu
    Tukang jajan pasti bahagia mampir ke sini. Segala ada, mulai dari seafood, mie, nasi, daging-dagingan (sapi-ayam-babi), sampai buah-buahan. Supaya tak menyesal, jelajahi dulu lokasinya sebelum memutuskan hendak jajan apa. Akau buka setiap hari dari sore – tengah malam. Kemarin saya jajan kwetiau goreng seafood di sini, harganya Rp 22 ribu saja, tapi porsinya bukan main besarnya. Kalau kapasitas perutnya mini, sebungkus bisa buat dua orang! ๐Ÿ˜€ .
    ———-
  11. Warkop Batman
    Sebenarnya ada warkop yang lebih hits lagi, namanya Hawaii. Tapi, karena waktu dan jarak tidak memungkinkan untuk mampir ke sana, saya mampirnya ke Warkop Batman, yang tak kalah bekennya. Kalau udah coba duduk dan ngopi di sana, sekalian beli bungkus untuk di rumah/di jalan. Seumur-umur jajan kopi baru sekali ini saya liat warung kopi yang mengemas kopi panas pakai botol! Anw, kopinya enak banget!

Selamat nyemil-nyemil enak di Tanjungpinang, ya. Pantang pulang sebelum kenyang!

/salam makan kenyang.

Previous Post Next Post

You may also like

25 Comments

  • Reply Fitri Tasfiah

    duh tergiur lempernya. semua yang pedes pedes sih aku suka. di sana rasa khasnya apa ya? pedas kah?

    May 15, 2017 at 11:38
    • Reply rere

      Berempah dan pedas, khas makanan Melayu kak.

      May 15, 2017 at 12:54
  • Reply indrijuwono

    ya ampuunnn, kayaknya enak semua nih. bisa kesana dan 3 hari nongkrong cuma buat makan nihh..

    May 15, 2017 at 18:51
    • Reply rere

      Banget, perlu diahendakan cuma buat makan-makan sampe lemas sepertinya, kak.

      May 15, 2017 at 18:58
  • Reply puputs

    gw demen banget sama mie, ngeliat Mie Tarempa merah menyala kayak gitu.. jadi pengan bikin indomie goreng tauk wakkakakak

    May 15, 2017 at 21:08
    • Reply rere

      Ga cuma warnanya yang menggoda kakak. Rasanya pun enak.
      Sungguh!

      May 15, 2017 at 21:12
  • Reply Satya Winnie

    Duh semuanya bikin aku ngiler Kak. Kemarin sempat kulineran juga di Tanjung Pinang tapi nggak selengkap daftarmu Kare. Hahaha. Mungkin artinya harus kembali segera ke Tanjung Pinang ya xD

    May 16, 2017 at 08:10
    • Reply rere

      Hahha, aku pake request khusus ke sopirnya. Pak, yang enak di sini apa? Kalau di sana yang enak apa. Hhahahah
      Jadilah listnya segambreng. ๐Ÿ˜€

      May 16, 2017 at 08:54
      • Reply vira

        nanya ke orang lokal, apalagi yang biasa nganter tamu, memang paling oke dah! kemaren juga di sana aku berhasil nemu yang enak-enak berkat rekomendasi dari supirnya :))

        August 21, 2017 at 08:01
        • Reply rere

          Hooh, memang bagusnya nanya ke orang lokal, karena mereka tau yang mana yang enak beneran.

          August 22, 2017 at 07:01
  • Reply vanisa

    mie tarempanya bikin ngileeer.

    itu gnggong di sini banyak, tapi gaada yang berani makan. kok jadi geli ya ngebayangin makan gonggong ๐Ÿ˜›

    May 16, 2017 at 09:44
    • Reply rere

      Wah, di sana banyak? Mungkin karena ga pernah jadinya geli ya, Vanisa.
      Sesekali cobain deh, kali-kali aja suka. ^^

      May 16, 2017 at 11:09
  • Reply Rry Rivano

    Salah banget baca diwaktu mendekati makan siang, perutku keroncongan kakkk

    May 16, 2017 at 11:35
    • Reply rere

      Gambarnya aja enak yes, apalagi kenyataannya. Aduhhh ikutan laperr

      May 16, 2017 at 12:39
  • Reply imama

    aku mau semuanya lagiiiiiiiii

    May 18, 2017 at 17:14
    • Reply rere

      Akuuu jugaaa, bisa digojekin ga ya.
      Aduh

      May 18, 2017 at 18:06
  • Reply Aquela

    wkwkw\

    June 27, 2017 at 08:44
  • Reply JEIN LAUSO

    mungkin juga perlu di sebut kalau tanjungpinang itu gak cuma gong gong , tapi seluruh seafood itu enaknya memang di pinang . Sotong gerung tepung yang enak di Hanaria , Otak -otak terenak bisa coba di daerah trikora .

    December 22, 2017 at 20:17
    • Reply rere

      Waahh, makasi banyak rekomendasinya. ๐Ÿ™‚

      November 7, 2018 at 19:35
    • Reply Cici

      Otak2 dijalan trikora masih kalah enak dg otak2 sungai enam kijang bintan. Di sungai enam itu memang desa otak2.

      December 11, 2018 at 20:48
  • Reply Rex

    Beberapa tambahan jajanan signature Tanjungpinang:
    1. Ikan asam pedas & sop ikan di potong lembu! Potong lembu Dah kesebut Tp ikan asam pedas & sop ikan/seafood nya miss tuh… coba diulang Lg deh ke potong lembu nya…
    2. Sop ikan Aulia.. Google aja saya bkn org pinang Gak hafal nama daerahnya..
    3. Seafood bakar, banyak dimana2.. di pinang bumbu nya Melayu bgt, kuning kunyit gt bukan santan orens a la bakaran Padang.. saya sering ke RM pancur, alim & bakar2.. Google aja
    4. Es campur apolo, again Google aja
    5. RM siantan, Google aja.. bubur ikan musti pesen lwt telpon dulu karena bubur nya Made to order.. bukan bubur yg sudah jadi.. seafood nya jg top
    6. Mie Jawa di tepi laut, sori Gak tau alamatnya Tp ini rame bgt
    7. Sop ayam Mbah Darno, ada ayam cabe ijo jg disini
    8. Kopi Hawaii di kijang, Tp kalo Gak salah kebakaran Trus ganti nama jd kopi kawan lama.. asli Mantab bgt.. kalo mo kekinian ngopi di morning bakery jg enak kok dan Gak mahal
    9. Again, otak2 pinang musti cobain deh.. ada 3 macam: ikan, sotong & tulang ikan.. yg tulang itu makannya diemut2 jgn dikunyah (duri bo) asli nagih Gak bisa berhenti
    10. Mie tarempa.. tapi kalo saya suka nya yg deket jembatan ke dompak itu (Ramayana) sebelah kantor PAN.. Gak tau jalan apa.. Wiratno kali ya

    Itu dl aja.. ntar kalo inget ditambahin Lg deh…

    January 13, 2018 at 08:58
    • Reply rere

      Waahh, makasi banyak rekomendasinya.
      Banyak banget ini. Nanti kalau rezeki ke Pinang lagi, aku cobain deh. ๐Ÿ™‚

      November 7, 2018 at 19:36
  • Reply Ucui

    salfok yg nomor 10. akau potong lembu
    ada babi tapi 100% halal

    November 7, 2018 at 14:11
    • Reply rere

      Ada yang halal dan ada yang haram, tapi stall-nya beda-beda kok. ๐Ÿ˜€

      November 7, 2018 at 19:19
      • Reply Cici

        Klau ke akau potong lembu cobain es koteng. Aseli enak, seger dan sehat…

        December 11, 2018 at 20:51

    Leave a Reply