Lima Alasan Pesan Tiket Pesawat Lebih Awal

by | Dec 20, 2019 | 0 comments

Suka kulineran? Jika iya, Thailand adalah salah satu destinasi wisata yang layak masuk ke list jalan-jalanmu. Sepanjang main-main ke sana, saya belum pernah ketemu makanan yang ga enak. Ga usah jauh-jauh ke mal atau restoran mewah, jajanan kaki limanya saja sudah menggugah selera.

Selain mango sticky rice, segala mie-miean, aneka buah segar, dan jajanan di minimarketnya juga enak-enak! Aduh jadi pingin balik lagi kan.. Asyik sih kalau bisa ke sana lagi, tapi mesti direncanain jauh-jauh hari supaya semua aman, termasuk dana buat belanja tiketnya juga. đŸ˜€

Pergi dadakan, apalagi kalau ke sananya pas musim liburan seperti sekarang, pasti penuh di mana-mana. Biaya akomodasi juga bakalan meroket, tiket pesawat juga ga banyak pilihan. Kalo udah begini, baru deh sadar kalau beli tiket ke Thailand jauh – jauh hari penting betul!

foto: @yopikurniawan_

Mengapa Harus Beli Tiket Lebih Awal

Agar dapat harga terbaik

Sebuah penelitian di Amerika mengatakan bahwa waktu terbaik untuk memesan tiket pesawat adalah 21-121 hari sebelum keberangkatan. Penelitian yang dilakukan oleh cheapair pada tahun 2018 lalu ini mengambil kesimpulan dari 917 juta tiket pesawat, baik untuk penerbangan luar negeri ataupun domestik.

Tidak ada tiket murah di saat terakhir

Banyak yang menganggap bahwa membeli tiket di menit–menit terakhir akan membuka kemungkinan untuk mendapatkan harga tiket pesawat lebih murah. Nyatanya, pendapat tersebut sangatlah salah. Penelitian menunjukan pembelian pada 7 hari terakhir akan membuat penumpang cenderung membayar di atas rata-rata.

baca juga: http://atemalem.com/4-alasan-pilih-naik-shuttle-bus-ke-bandara

Penelitian bilang begitu

Penelitian yang dilakukan oleh cheapair pada tahun lalu ini memperbarui penelitian serupa di 2015 silam. Saya udah buktiin sendiri sih. Kemarin sengaja menunda beli tiket berharap harganya akan turun. Penantian yang sia-sia, karena ketika saya membeli tiket pada H-2, harganya malahan naik tinggi!

Kalau penasaran dengan harga tiketnya coba deh cek-cek di website online travel agent, Traveloka misalnya. Akan kelihatan perbandingan harga tiket untuk penerbangan yang dekat dan yang jauh. Kalau memang berangkatnya sudah pasti, mendingan beli tiket jauh-jauh hari. Lumayan kan kalau bisa irit beberapa puluh atau ratusan ribu rupiah, buat nambah-nambah uang jajan. ^^

Agar opsi harga terbuka 

Kalau sudah sering jalan-jalan, pasti akan kenal dengan rumus liburan selain musim liburan. Akhir Januari-Februari dianggap sebagai bulan termurah untuk liburan. Promo tiket pesawat juga berderet di bulan-bulan ini. Lalu, tiket pesawat akan sangat mahal pada bulan Juli dan Desember. Jika waktu liburan cukup fleksibel, memilih bulan-bulan awal akan menghemat pengeluaranmu.

Penelitian juga menunjukan bahwa pemesanan tiket pesawat lebih murah dipengaruhi oleh tujuan wisata dan bulan keberangkatan. Contohnya saja, untuk ke Thailand, tiket pesawat akan lebih murah di Desember. Adapun beberapa bulan lainnya, seperti bulan Mei, tiket pesawat ke Australia lebih murah, kemudian bulan Juli, tiket ke Jepang lebih murah. Sedangkan untuk ke Malaysia dan Eropa, bulan Oktober cukup murah.

baca juga, pilihan transportasi ke Bandara Soekarno Hatta: http://atemalem.com/transport-bandara/

Agar mendapatkan promo menarik

Untungnya memesan tiket pesawat jauh – jauh hari adalah bisa pilih-pilih promo. Kalau kurang menarik, bisa tunggu dulu sampai ketemu promo yang cocok. Oh iya, beberapa agen travel bahkan akan memberikan tiket pesawat yang lebih murah kalau memesan tiket di hari Senin dan Selasa. Harga tiket ini bisa berbeda kalau pesan tiket di hari Jumat dan Minggu.

Gimana, masih mau nunda-nunda beli tiket liburan?

/salam jalan-jalan

YOU MAY ALSO LIKE

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Archives

Pin It on Pinterest