Jalan-Jalan Parenting

Main ke Perpustakaan Umum DKI Jakarta, Taman Ismail Marzuki

Yay, akhirnya setelah sempat viral di facebook, saya dan Embun punya kesempatan main berdua ke Perpusatakaan Umum Daerah Jakarta di area Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat.

Ini semuanya serba kebetulan deh. Kebetulan kerjaan emaknya Kamis dua minggu lalu batal jalan, kebetulan udah minta libur seharian dari kantor, dan emaknya ga punya janji lainnya. Daripada cuma tidur-tiduran di rumah, jadilah Rabu malam diputuskan kalau Kamis akan jadi hari emak & anak. Horee.. πŸ˜€

Gedung Perpustakaan Daerah Taman Ismail Marzuki

Gedung Perpustakaan Daerah Taman Ismail Marzuki

Kami berangkat pakai KRL dari Stasiun Sudimara, Serpong menuju Stasiun Tanah Abang. Supaya mudah, dari Stasiun Tanah Abang saya naik gojek aja. Jaraknya dari situ ke TIM ga sampe 5km, jadi saya cuma bayar Rp 25ribu. πŸ™‚

Sampai di TIM tanya ke mbak yang jaga parkir langsung ditunjukin lokasi perpus. Woho, ternyata ini perpusnya ada di gedung depan, ada di pojok kanan, sederetan sama planetarium. Dari jalan raya paling 20 meteran lah masuknya.

Pas liat gedungnya langsung seneng aja, kebayang ini emak dan anak bakalan seneng banget seharian, dan ternyata kebukti lhoo.. πŸ˜€

β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”-

Pendaftaran

Pertama masuk gedung, kita bakalan disambut sama galeri lukisan anak-anak yang ditempel sepanjang dinding. Masuk terus bakalan ketemu sama mas-mas yang memandu pendaftaran. Semua yang datang, termasuk anak-anak harus didaftarkan namanya. Seinget saya kemaren ada 2 komputer yang bisa dipakai untuk pendaftaran ini.

Kalau udah selesai mendaftar, nanti masnya kasi kita kunci loker. Kita boleh bawa apapun ke area perpustakaan & playground, tapi ga boleh pake bungkusnya. Ribet kan, iyaa.. Kemaren niatnya saya sambil ngelarin kerjaan, bawa-bawa laptop segala, taunya malah ribet sendiri karena laptop case aja ga boleh ikutan naik.

Katanya si mas yang jaga sih, mereka udah usul supaya ada kantong plastik transparan yang disediain buat pengunjung, supaya bisa bawa dompet, laptop, smartphone.

Udah beres masukin barang-barang ke loker, kita bisa naik ke lantai 1 (perpustakaan umum), lantai 2 (perpustakaan anak + area playground), dan lantai 3 (area buku referensi + nursing room) dengan elevator.

β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”-

Lantai 1

lantai 1

Di lantai 1 pemandangannya kayak gini. Banyak banget kursi tapi sepiiii.. Saya ambil 1 buku di sini, trus ijin ke mbaknya untuk baca di lantai 2, sambil nemenin anak main.

area komputer lantai 1

 

Ada area komputer! Katanya komputer-komputer ini bakalan terkoneksi internet, jadi pas lewat bisa numpang kerja dong di sini yaa.. πŸ™‚

lemari lantai 1

 

Bukunya lumayan banyak, lho. Memang lemarinya belum penuh semua, tapi lengkap kok.

musholla

Ada mushalla-nya juga di lantai satu, dan kamar mandi yang bersih di setiap lantai. πŸ™‚

β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”-

Lantai 2

area duduk

Keluar dari elevator, pemandangannya langsung begini. Gimana nggak seneng, cobaakk! *angkut meja-bangkunya ke rumah*

area permainan edukatif

Lantai 2 ini sebenernya areanya terbuka gitu aja, sekat-sekatnya bukan dari dinding, tapi dari lemari. Walaupun isinya lumayan padat, jadinya tetap kerasa lapang.

Foto di atas ini area permainan edukatif. Ada ratusan mainan dan puzzle kayu yang boleh dimainin sepuasnya. Embun sampai bingung mau main yang mana dulu, saking banyaknya mainannya. πŸ˜€

lemari mainan edukatif

lemari buku

melihat bukuGa lengkap kalau ke perpustakaan ga sambil baca buku. Bukunya ada banyak, anak-anak dibebasin mau baca di kursi yang warna-warni atau gelempangan di lantai. Senyamannya aja. πŸ™‚

area terbuka

 

Nah, foto di atas ini area favoritnya keluarga yang bawa balita. Area ini luas banget tante, di sebelah kiri ada lemari mainan edukatif, sebelah kanan ada mobilan-motoran-skuter-sepeda yang bebas dimainin, dan di ujungnya ada playground!

area mainan playground

Area ini modelnya semi terbuka, atasnya kaca ada tutupannya sih, yang biasanya nutup atap rumah tanam, supaya panasnya ga terlalu terik, tapi ya tetap aja panas. Main ke sini enakan pagi dan sore. πŸ˜€

playground

Ini tampak dekat playgroundnya. Ada ayunan, perosotan, puter-puteran, mandi bola.

aturan playground

Tapi, yang boleh masuk playground cuma anak-anak yang umurnya di bawah 5 tahun. Kata si mbaknya, kalau anak-anak besar yang main, nanti mainannya cepet rusak, kasian anak kecil nanti ga punya mainan lagi.

anak-anak dan playground

Ini anak-anak yang kecewa ga boleh masuk playground. πŸ˜€

Lantai 2 ini kayanya bisa nampung 100 anak deh, trus di beberapa area dikasi karpet, jadi aman buat anak-anak yang sukanya lari-lari kesana-kemari.

β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”-

Lantai 3

Ini area buku referensi, buku-buku di sini ga boleh dipinjem, cuma boleh baca di tempat.

lantai 3

Selain buku-buku, ada juga majalah dan koran yang bisa dibaca di tempat.

nursing room

 

Di Lantai 3 juga ada nursing room, ada 3 sofa yang disediakan buat ibu-ibu menyusui. Sayangnya belum ada meja buat ganti diapers, tapi segitu juga udah lumayan oke kok. Ruangannya juga dingin, jadi ibunya nyaman, anaknya juga. πŸ™‚

β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”-

Oh iya, untuk jadi anggota harus punya bukti identitas diri sebagai warga DKI Jakarta, kalau warga Tangerang Selatan tapi kantornya di Jakarta, gimana? Boleh tetep daftar jadi anggota, tapi harus nunjukin surat dari kantor yang bilang kalo tante/om bener kerja di perusahaan itu. πŸ™‚

Saya pingin banget jadi anggota sih ini, soalnya masa pinjem bukunya lumayan panjang, perbuku itu 2 minggu dan boleh diperpanjang lewat telepon kalau bukunya belum selesai dibaca. Trus waktu ngebalikin bukunya juga bebas, soalnya ada anjungan pengembalian buku mandiri yang buka 24 jam! Memudahkan banget, ya. πŸ™‚

Perpustakaan yang kece ini buka Senin – Jumat mulai jam 10.00 pagi sampai 16.00 sore. Jam buka dan tutupnya tepat waktu banget, pas jam 15.30 udah ada woro-woro kalau perpus mau ditutup, jadi pengunjung punya waktu buat rapi-rapi sebelum pulang.

Makanan dan minuman ga boleh dibawa ke atas, jadi kalau haus atau lapar, bisa makan di lantai dasar. Saya kemarin bawa bekalnya Embun ke luar gedung sih, dia makan bekal saya makan jajan.

makan siang

Ini makan siang saya kemarin, siomay Rp 7ribu, es kelapa Rp 5ribu. Segitu aja udah kenyang sampe malem. πŸ˜€

Perpustakaan ini ga ngewajibin pengunjung buat beresin mainan. Jadi, abis main atau baca, letakin aja buku/mainannya di tempat terakhir pegang. Nanti yang beresin buku & mainan mbaknya, biar sesuai dengan kode buku. Mainan edukasi ini kan potongannya banyak tuh, nanti si mbaknya juga yang kumpulin tiap potong mainannya ke tempat masing-masing dan susun lagi ke lemari.

Oh iya, ada yang lupa saya infoin, ini perpustakaan dan segala isinya boleh dimanfaatkan seluas-luasnya tanpa bayar serupiah pun, alias GRATIS!

Emak-emak mana coba yang matanya ga berubah jadi warna pelangi kalau denger-denger yang gratisan? πŸ˜€

β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”-

Tips

  1. Pakai baju yang nyaman, supaya anak bebas ke sana-ke mari tanpa kegerahan.
  2. Bawa bekal dan minum yang cukup. Ada jajanan sih, tapi kalau mau beli air mesti jalan agak jauh.
  3. Dateng dari pagi, biar puas.

β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”-

Perpustakaan Umum DKI Jakarta

Taman Ismail Marzuki, No. 73, Jl. Cikini Raya, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330
Hari operasional : Senin – Jumat.
Jam buka : 10.00 – 16.00 WIB
Petanya ini, ya. ^^

/selamat main!

 

 

Previous Post Next Post

You may also like

93 Comments

  • Reply nunik99

    wiii seru yaaa tapi sayang ponakanku udah gede & pasti gak bisa main di sana … tapi sepertinya seru buat menyendiri :))

    June 15, 2015 at 10:59
    • Reply rere

      Bisa baca buku mbaa.. Banyak banget buku di sanaaa

      June 15, 2015 at 11:12
  • Reply momtraveler

    Waahh asyik tempatnya..tp kok sepi gitu ya? πŸ™
    Bagian anak2nya juga seru..anak2 pasti betah ya πŸ™‚

    June 15, 2015 at 12:03
    • Reply rere

      Ini sepi karena difoto pagi, mak.
      Siang ke sore ramee..
      Yang dewasa memang agak sepi sih, mungkin karena hari kerja ya.

      June 15, 2015 at 18:13
      • Reply Amalia

        Masuknya bayar gk???

        May 20, 2018 at 21:22
        • Reply rere

          Masuk ke perpus ga pake bayar, Mba. πŸ™‚

          May 21, 2018 at 08:25
    • Reply nurul

      yaiyalah sepi lha wong jam buka sama kayak jam kantor mana bisa orang kantoran ke sana, anak sekolah jaman skarang juga pulangnya jam segitu beuuh

      September 26, 2016 at 07:07
  • Reply Yeye

    Aku br ajak anak ku tadi ksana, ini baru plg. Seneng banget dia πŸ™‚
    Bagus yah ada perpusda ini, anak2 bs main sambil belajar πŸ™‚

    June 15, 2015 at 15:11
    • Reply rere

      Iya mba, ini agak gadis juga nagih minta ke sana lagi.
      Cakepp tempatnyaa

      June 15, 2015 at 18:14
  • Reply christin

    kenapa hari kerja doang muhuhuhu

    June 15, 2015 at 16:01
    • Reply rere

      Katanyaaaa nanti dibuka wiken juga.
      Kita tunggu lah realisasinya. πŸ˜›

      June 15, 2015 at 18:14
      • Reply susi bunda alya

        sabtu or minggu ga buka ya playgorundnya? pdhl pengen ajak bocah2 kesana

        December 11, 2017 at 14:11
  • Reply Ipeh Alena

    Wah, boleh juga nih mak perpustakaannya. Terlihat bersih banget ya. Nice share mak makasih yaaa

    Salam kenal

    June 15, 2015 at 19:43
    • Reply rere

      Salam kenal juga mak.
      Memang bersih dan nyaman banget, petugasnya juga banyak di tiap lantai. πŸ™‚

      June 15, 2015 at 20:01
  • Reply kania

    asik banget buat anak, bisa betah baca dan main. tapi ga boleh ribut ya.??

    June 16, 2015 at 10:22
    • Reply rere

      Boleh banget ribut mba. Di area anak semua ribut. :)))

      June 16, 2015 at 14:56
  • Reply Fika

    Klo sabtu minggu buka ga sis?

    June 21, 2015 at 09:15
    • Reply rere

      sekarang ini baru Senin-Jumat.
      tapi katanya bakalan dibuka wiken juga, cuma mulai kapannya belum jelas.

      June 21, 2015 at 09:21
  • Reply ajeng

    Wahhh mba anakku 7th dan 5th7bln, berarti ga bisa masuk ke area bermain ya πŸ™ hanya baca2 buku aja??

    July 23, 2015 at 11:32
    • Reply rere

      Bisa baca buku dan main permainan edukatif mba. Permainan edukatifnya ada di bagian playground (luar), ada juga di ruangan dalam.

      July 23, 2015 at 11:34
  • Reply rizka

    bukunya ga cuma buat anak kecil kan mbak?

    December 26, 2015 at 16:48
    • Reply rere

      bukunya lengkap mba, seperti perpustakaan pada umumnya.

      December 27, 2015 at 12:51
  • Reply Hasyemi Rafsanjani

    Mba, di perpustakaan ini kalo cari referensi untuk tugas akhir/skripsi ada ngga ya?

    January 15, 2016 at 21:31
    • Reply rere

      Banyak buku sih di sana, supaya lebih jelas mungkin bisa mampir langsung, Hasyemi. πŸ™‚

      January 15, 2016 at 21:42
  • Reply Ristin

    Salam kenal mbak.. lg browsing nyasar kesini.. hehehhe.. nice info ini.. jadi pengen kesini deh nanti.. makasih sharenya.

    February 3, 2016 at 07:28
    • Reply rere

      Yay…
      Salam kenal mba Ristin. ^^
      aku juga mau ke sana lagi sama anak, nih. πŸ™‚

      February 3, 2016 at 14:20
  • Reply jodi priana

    kak klo orang dari luar jakarta gk bisa berkunjung donk,,,

    March 12, 2016 at 11:03
    • Reply rere

      Boleeeh, cuma ndak bisa pinjam buku. πŸ™‚

      March 13, 2016 at 21:20
  • Reply Septi Setya

    Kalo pelajar domisili Tangerang boleh gak kak?

    May 17, 2016 at 08:17
    • Reply rere

      boleeeeee

      May 18, 2016 at 14:24
  • Reply Rais

    klo kesini harus pakaian rapih bgt gk mba ? .
    and masuknya bayar gk ??

    June 2, 2016 at 11:37
    • Reply rere

      Bajunya bebas, tapi kayanya kemarin ga ada yang terlalu berantakan juga sih. πŸ™‚

      June 6, 2016 at 14:28
  • Reply roberta

    sabtu gak buka ya mbk ya??

    July 23, 2016 at 07:21
    • Reply rere

      Sepertinya sekarang udah buka di weekend. πŸ™‚

      July 26, 2016 at 18:06
  • Reply viroez

    sayang sekali hari sabtu dan minggu tidak buka. Hari kerja tidak bisa ke sana >,< hikzzz

    August 6, 2016 at 14:21
    • Reply Anggia

      Per Agustus 2016 Weekend buka koq mbak.
      Cuma ya agak rame.

      Untuk playground (max 5thn) berikut update jadwal :
      Hari : selasa, kamis, sabtu,
      Jam : 10am-12am

      September 9, 2016 at 16:17
      • Reply rere

        Yay, makasi infonya yaaa

        September 11, 2016 at 17:02
      • Reply Putriana Mahardika

        Halo mbak anggia dan mbak rere. Terima kasih sharingnya. Itu yg terjadwal utk playground area (yang ada skuter, perosotan dll) atau termasuk area permainan edukatif yg disekat dan eva mat nya warna-warni? Terima kasih πŸ™‚

        April 23, 2018 at 07:40
        • Reply rere

          Seluruhnya, mulai dari luar pintu. Di luar pintu itu ada perosotan, ada mainan edukatif juga.
          untuk kakak-kakak yang lebih besar hanya boleh main di dalam area. πŸ™‚

          April 23, 2018 at 12:59
  • Reply lira

    Thanks info nya Mbak Rere, ajak si bocah kesana aah…
    *secara ibu anak kehabisan bacaan

    August 25, 2016 at 08:43
    • Reply rere

      Yay, selamat jalan-jalan, mbaa.. ^^

      August 25, 2016 at 08:47
  • Reply LuLu zachiya

    Mbak rere saya mau nanya kalau bukan anggota gratis gk mbak ??? Makasih yh mbakk

    September 10, 2016 at 23:31
    • Reply rere

      Gratis, mba. πŸ™‚

      September 11, 2016 at 17:02
  • Reply Herdian Robi Nugroho

    Cara Minjem Buku di perpustakaan Umum Bagaimana Prosedurnya, mbak? Walau bukan anggota perpustakaan.

    October 2, 2016 at 18:17
    • Reply rere

      Kalau dari luar daerah, mesti bawa surat “keterangan kerja dari kantornya di Jakarta”
      Kalau orang Jakarta, sepertinya cuma butuh KTP aja

      October 4, 2016 at 15:01
  • Reply Herdian Robi Nugroho

    Permisi, mbak rere saya mau bertanya cara membuat kartu anggota di perpustakaan umum bagaimana caranya/prosedurnya

    October 3, 2016 at 07:55
  • Reply dwi murniati

    lah waktu itu belum jadi ya, sekarang dah jadi ya. cap cus dah. terima kasih mba rere.

    October 3, 2016 at 08:42
    • Reply rere

      Yuk, katanya sekarang wiken juga udah buka, lho.

      October 4, 2016 at 15:00
  • Reply Meiby

    Kalo buku pelajaran sekolah disitu ada tidak mbak?
    Oh iya saya kan dari luar daerah, masih boleh baca di tempat kan ya walaupun untuk pinjamnya agak ribet?

    October 22, 2016 at 21:10
    • Reply rere

      Buku sekolah kurang tau juga, harusnya ada ya.
      Baca di tempat bebas, siapa aja boleh. πŸ™‚

      October 23, 2016 at 15:10
  • Reply San

    Mba Rere saya kan pelajar dari luar jakarta. Saya ada rencana mau minjem buku di perpustakaan ini. Kira-kira bisa ga ya? Seandainya bisa, apa ada prosedurnya?

    November 3, 2016 at 14:24
    • Reply rere

      Nah, kalau itu saya ga tau pasti.
      Coba telepon ke perpusnya untuk cari tau.
      Mohon maaf ga bisa bantu, yaa

      November 3, 2016 at 17:11
  • Reply farah

    untuk daftar jadi anggotanya
    harus senin sampai jumat atau bisa sabtu minggu?

    Peminjaman dalam waktu bebas atau dibatasi waktunya?

    November 6, 2016 at 12:29
    • Reply kim

      Bisa membuka anggota pada hari sabtu minggu atau engga?
      sama batas waktu minjem bukunya berapa lama?

      November 6, 2016 at 12:29
      • Reply rere

        Untuk ini aku gatau, katanya sekarang wiken udah buka, tapi pendaftaran ga tau apakah dibuka juga.
        Waktu pinjemnya 14 hari. ?

        November 7, 2016 at 15:33
    • Reply rere

      Untuk ini aku gatau, katanya sekarang wiken udah buka, tapi pendaftaran ga tau apakah dibuka juga.
      Waktu pinjemnya 14 hari. πŸ™‚

      November 7, 2016 at 15:32
  • Reply Azar Guswantoro

    btw password wifi di perpustakaannya apa mba? hehehe

    December 4, 2016 at 14:21
    • Reply rere

      Uhm, ga inget euy. Coba tanya ke petugasnya yaa. πŸ™‚

      December 5, 2016 at 06:41
  • Reply Fajar

    Sayangnya nggak boleh bawa laptop masuk ya? Asik banget kalau boleh bawa laptop..

    December 13, 2016 at 14:09
    • Reply Hasyemi Rafsanjani Asyari

      boleh setau saya. waktu kesini ngerjain tugas bawa laptop. cuma gaboleh bawa tasnya.

      December 14, 2016 at 08:57
  • Reply indrijuwono

    tetiba nemu blogpost ini waktu lagi bengong kehabisan tiket planetarium. senaangggg…

    January 7, 2017 at 14:47
    • Reply rere

      Yayyyy, senang blogpostnya bermanpaaaaatt..
      Met main perpus kakak.

      January 7, 2017 at 15:15
  • Reply Ahmad Yakub

    mba, di perpusda ini ada buku-buku tentang pembelajaran bahasa jerman ga?
    saya perlu untuk skripsi saya.

    February 27, 2017 at 12:55
    • Reply rere

      Hai Ahmad, mohnn maaf saya ga tau soal stok buku Bahasa Jerman. Bisa cek langsung atau telepon perpusnas untuk infonya, ya.

      March 1, 2017 at 07:52
    • Reply Vida

      Ada dilantai 1. Di rak “bahasa” πŸ™‚

      March 30, 2017 at 08:39
  • Reply @WoroWill

    Masih sepi ya..
    Aku terakhir, 4 tahun lalu waktu cari bahan skripsi. Dan perpusnya sepi..

    March 2, 2017 at 01:26
  • Reply Sitha

    Bukunya lengkap gak mba?
    Buat nyari buku referensian skripsi
    Yang tau mohon bantu jawab ya
    Thanks

    March 19, 2017 at 22:42
    • Reply rere

      Dulu belum begitu banyak, tapi mestinya sekarang udah semakin bertambah ya koleksinya. πŸ™‚

      March 22, 2017 at 08:33
  • Reply Sutrayulianti umar

    Slmt mlm..saya mau tax apa perpustakaan itu koleksi aku tentang pariwisatax lengkap ngaj ya. .

    March 23, 2017 at 21:38
    • Reply rere

      Hai, saya kurang paham soal koleksinya. Tapi bisa dicek langsung atau coba telepon perpusnya untuk info lebih lengkap ya Mba. ^^

      March 24, 2017 at 08:37
      • Reply Sutrayulianti umar

        Oh iya trma ksih ya mba…
        Klau kta mau cri refernsi bku untk skripsi itu adax d lantai brpa mba

        March 24, 2017 at 13:19
  • Reply neneng

    Kalau tgl merah buka gak ya??

    April 28, 2017 at 21:42
    • Reply rere

      Bisa hubungi langsung ke perpus untuk jadwal terupdate yah, kak. ^^

      April 29, 2017 at 07:29
  • Reply Icha

    Kalo dr luar jakarta boleh masuk kan ya?

    May 5, 2017 at 00:53
    • Reply rere

      Boleeeh dong! πŸ˜€

      May 25, 2017 at 09:03
  • Reply Muhamad Adi Nugraha

    Mau tanya kalau untuk jadwalnya pas kebetulan tanggal merah libur ngga yaa?

    May 25, 2017 at 08:52
    • Reply rere

      Dulu sih libur, kalau sekarang bisa coba telepon perpusnya aja ya, Mas.
      Kuatir salah. πŸ™‚

      May 25, 2017 at 09:02
  • Reply snydez

    wahh. sabtu minggu ga buka toh.
    πŸ™

    September 12, 2017 at 14:51
    • Reply rere

      Katanya buka sekarang. Waktu aku ke sana belum diinfo begitu.

      September 12, 2017 at 15:11
      • Reply snydez

        waah
        thx! nanti coba cari tahu juga deh

        October 25, 2017 at 09:05
  • Reply Alra

    Boleh bawa buku dan bolpen untuk ngerjain soal didalem ga ya? Nyari suasana tenangnya hehe
    Makasih

    December 2, 2017 at 22:15
    • Reply rere

      Boleehhh.. ^^

      December 3, 2017 at 09:11
  • Reply Eka

    Mba saya mau tanya .. klo mau daftar pakai biaya apa tidak ya?? Terus harus bawa apa nggak untuk daftar??
    Terimakasih

    May 20, 2018 at 18:41
    • Reply rere

      Untuk daftar jadi anggota setau saya cuma butuh KTP DKI/surat keterangan bekerja di DKI.

      May 21, 2018 at 08:26
  • Reply uswatun

    Kalo bukan orang dki bisa masuk gak ? Semisal saya orang bogor

    August 22, 2018 at 17:12
    • Reply rere

      Hai bisaaa, cuma ga bisa pinjam bukunya aja. ☺️

      August 22, 2018 at 18:08
  • Reply Adinda Khairani

    kak, saya mau nanya nih ^^

    daftar buat luar jakarta gmn kak? saya pelajar smp domisili tangerang
    terus kalau daftarnya bayar gk kak?

    terima kasih ^^

    September 11, 2018 at 20:09
  • Reply louisgurl

    halo kak, mau nanya nih πŸ™‚

    kalau pelajar daftarnya bagaimana ya? dan dari luar jakarta itu harus daftar juga kah?

    terima kasih πŸ™‚

    September 11, 2018 at 20:15
    • Reply rere

      Hai, kalau berkunjung saja, boleh untuk umum. Kartu identitas Jakarta hanya diperlukan untuk kepentingan peminjaman buku. πŸ™‚

      September 11, 2018 at 20:59
  • Reply nabilla

    Kalau mau magang disana bisa ngga ya mba?

    October 8, 2018 at 09:22
    • Reply rere

      Saya kurang tau ada atau ngga. Bisa coba cek langsung ke lokasi/cek websitenya ya.

      October 9, 2018 at 08:47
  • Reply rizkaa

    sabtu buka ga ka?

    October 22, 2018 at 15:27
    • Reply rere

      Perpustakaannya buka Sabtu – Minggu sekarang. πŸ™‚

      October 22, 2018 at 15:29

    Leave a Reply to Vida Cancel Reply