Cerita Jalan-Jalan

Naik Angkutan Umum ke Lampung

Saya punya masa-masa keemasan buat mudik, masa malas capek, maunya enak, duduk manis dan sampai di tujuan dengan bahagia. Caranya gimana? Kalau pulang kampung, ke Lampung, saya pilih angkutan yang memungkinkan kualitas tidur terjaga. Halah. 😀

Jadi, dulu, pilihannya adalah naik Damri atau naik Travel. Dua angkutan ini menyenangkan, beda fasilitas, beda harga, tapi sama-sama menjanjikan kenikmatan dalam perjalanan.

Belakangan, saya pilih pulang kampung dengan gaya proletar. Naik angkutan umum, nyambung-nyambung dan mesti ganti moda angkutan beberapa kali. Cape tentu saja, tapi lebih murah dan lebih kerasa kaya bertualang. 😀

Bedanya gimana sih, Re?
Sila disimak, yaaa..

===================

DAMRI

Angkutan umum Damri bisa diakses via Stasiun Gambir/Kemayoran. Saya biasanya naik dari Gambir, lokasi loket bus ada di tengah, antara stasiun dan parkiran. Bisa cari lokasi yang banyak bus parkir, nah di sekitar situ tempatnya.

Harga tiket Damri Jakarta (Gambir) – Lampung ada beberapa macam, tergantung kelasnya:

  • Damri Jakarta (Gambir) – Lampung, Bisnis Class: Rp 160.000
  • Damri Jakarta (Gambir) – Lampung, Executive Class: Rp 205.000
  • Damri Jakarta (Gambir) – Lampung, Royal Class: Rp 240.000

JADWAL BUS:

  • Jakarta (Gambir) – Bandar Lampung : 08.00, 10.00, 20.00, 21.00 WIB.
  • Bandar Lampung – Jakarta (Gambir) : 10.00, 21.00, 22.00 WIB

Dari 3 kelas yang tersedia itu, bedanya ada di jarak antar kursi dan ruang kaki. Bus Royal Class isinya 21 kursi dengan formasi 2-1. Naik bus ini berasa naik pesawat kelas bisnis. Kursinya empuk, selimut wangi, ada wifi, AC jreng, ada colokan, toilet, kursi pijet. Enak pokokmen!

wifi-damri

Kalau kelas eksekutif dan bisnis fasilitasnya sama aja, bedanya di ruang gerak dan kursi aja. Bisnis Class isi kursinya 24, kalau bisnis kursinya 43 biji. Untuk semua kelas, ada fasilitas snack box. Perjalanan Gambir – Lampung makan waktu sekitar 8 – 10 jam.

Pembelian tiket setau saya harus langsung, ga bisa lewat telepon. Tapi untuk tanya-tanya ketersediaan tiket bisa telepon dulu ke: 082325000102 / 082325000345

Update: pembelian tiket saat ini sudah bisa dilakukan lewat aplikasi DAMRI. 

===================

TRAVEL

Moda transportasi dengan travel ini sering saya pakai kalau waktu mepet karena masih harus kerja dan malas jalan berjam-jam sebelum waktu keberangkatan.

Travel memungkinan saya duduk santai sambil laptopan di rumah, soalnya moda ini modelnya jemput ke rumah – antar ke lokasi tujuan. Mobilnya model Elf gitu, miriplah dengan travel Jakarta-Bandung.

Karena fasiltas antar-jemputnya itu, moda ini lumayan mahal, sekitar Rp 300an ribu sekali jalan. Kalau rumah ga di pusat Jakarta, (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) ongkos tadi ditambah lagi dengan biaya bensin sekitar Rp 50an ribu.

Dari Lampung ada beberapa penyedia jasa travel, saya biasanya pakai Travel Purnagama untuk mudik. Oh iya di mobil ini ga ada colokan/wifi ya, tapi setiap penumpang dapat snack box. Perjalanan Lokasi pick up – drop off dalam kota makan waktu sekitar 8 – 10 jam.

Kontak Purnagama
Lampung – 0721-7311710, 082371756000, 081903456000
Jakarta – 021 – 34661312, 70098283, 087880001822, 085280001822.

===================

BUS – KAPAL – BUS

Moda transportasi ini paling murah, lumayan banget sampai lampung biayanya ga sampai Rp 100ribu per-orang. Buat yang doyan bertualang, ketemu teman baru, mampir nongkrong ke tempat baru, dan ga keberatan agak cape sedikit, pas banget pilih gaya traveling yang ini.

Caranya gampang:
Cukup datang ke terminal bus terdekat dari lokasi kamu berada. Kalau saya biasanya ke Terminal Kebun Nanas/Terminal Kalideres/Pool Bus Arimbi Cikokol. Di terminal tinggal cari bus jurusan Merak. Harga tiketnya bervariasi tergantung jarak, sekitar Rp 20-30ribuan per-orang.

Terlalu jauh ke terminal? Bus menuju Merak juga bisa diakses di area Kebun Jeruk, tepatnya di seberang RS. Harapan Kita. Di spot ini bisa ketemu banyak bus yang numpang lewat cari penumpang. Bisa milih mau naik ekonomi atau AC, setau saya mereka bakal lewat-lewat sampai sekitar jam 10 malam. Perjalanan menuju Merak makan waktu sekitar 2 – 2,5 jam.

Loket Tiket Pelabuhan Merak

Loket Tiket Pelabuhan Merak

Loket Tiket Pelabuhan Merak

Loket Tiket Pelabuhan Merak

Sampai di Terminal Merak, kita mesti jalan agak jauh ke area ticketing Pelabuhan Merak. Ga jauh-jauh amat, sekitar 1km aja. Jalannya bagus, lurus, terang, jadi jangan kuatir. Turun aja dari bus trus ikutin arah jalan penumpang lain. 🙂

Nanti akan ketemu beberapa box buat beli tiket. Siapin KTP plus uang tunai. Harga tiketnya Rp 13.000 untuk dewasa dan Rp 7.000 untuk anak-anak. Setelah beli tiket, menuju kapal, kita harus lewat mesin buat tap tiket. Dari situ nanti oleh petugas akan diarahkan ke dermaga yang sedang beroperasi.

Dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni

Dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni

Tahap selanjutnya, naik kapal.  Perjalanan dari Merak menuju Bakauheni makan waktu sekitar 2,5 – 3 jam. Dulu, saya jarang betul ketemu kapal bagus. Ya pasti ada sih yang bagus, tapi saya kebanyakan ketemu yang busuk. Belakangan kalau mudik saya cukup sering ketemu kapal yang nyaman dan bersih, AC-nya dingin, tempat sampah banyak, toiletnya layak pakai, dll. Sepertinya pelayanan publik di Indonesia makin oke. Senang. 😀

Sampai Pelabuhan Bakauheni, tinggal turun ke arah terminal bus. Di terminal akan banyak orang yang nawarin jasa travel (antar langsung ke alamat), tarifnya Rp 40ribuan. Boleh aja pakai jasa travel, tapi saya sarankan tanya ongkos yang pasti ke pak supirnya.

Saya pernah tuh udah fix di angka Rp 40ribu ke yang nawarin, eh pas turun diminta Rp 60ribu sama sopirnya. Nah lho! Jadi, sekali lagi, nego ongkos jangan mau ke calo, langsung ke sopir aja ya.

Kalau mau aman, dan ini jalan yang paling sering saya pilih, naik bus aja ke Terminal Rajabasa. Dari Terminal ini tinggal naik angkutan umum ke tujuan atau kalau udah ngerti tempat turunnya, bisa turun sebelum sampai terminal. Ongkos bus AC ke Rajabasa Rp 30ribu, perjalanan makan waktu sekitar 2 jam.

Update: pembelian tiket kapal tidak bisa pakai uang tunai lagi. Siapkan kartu uang elektronik terbitan bank pemerintah (e-money-Mandiri, Tapcash-BNI, Brizzi-BRI, Blink-BTN) untuk membeli tiketnya.

===================

Semoga informasinya bermanfaat, yes! Selamat jalan-jalan ke Lampung. Kalau lewat rumah mamak saya, tolong bilang anaknya titip cium. 😀

/salam halan-halan.

Previous Post Next Post

You may also like

64 Comments

  • Reply Ajeng Lembayung

    IHIIIR.. asik pertanyaanku dibikinin postingan segala..

    Kalo naik kereta sampe ke Merak udah pernah, Re?
    Jadi sebenernya kalo mau ke Lampung ngeteng angkot tuh harus sedia badan buat ngabisin waktu sekitar semalaman ya? 😐

    November 14, 2016 at 19:05
    • Reply rere

      Udah pernah juga naik kereta, kayanya mesti dibikin postingan sendiri yaa. Hhahaha
      Jadi keretanya itu berangkat dari Angke ke Merak, ga berhenti di semua stasiun. Aku naik keretanya di Stasiun Serpong.

      Jadwal berangkat dari Angke: 7.10 dan 10.07 pagi. Baiknya datang lebih awal
      Jadwal berangkat dari Merak: 06.00 dan 11.18 siang. Hadir lebih awal juga, keretanya tepat waktu.

      Ongkos terakhir 8000 sekali jalan. Murah, tapi waktu tempuhnya lamaaa 5-6 jam gitu. Trus kalo jalannya wiken, kemungkinan bisa duduk manis itu susah, padat. Keretanya enak sekarang, udah ber-AC, tapi kalo rame AC-nya ga kerasa.

      Iyes, aku ke Lampung biasa jalan malam, jadi sampai sana pagi. ^^

      November 14, 2016 at 19:20
  • Reply Kapal Laut Mewah di Selat Sunda | SEDIKIT CERITA UNTUK KENANGAN

    […] penumpang kapal roll on – roll off (Ro-Ro) ga punya pilihan. Ada satu dua kapal yang bersih, tapi seperti yang saya bilang tadi, kebanyakan ga […]

    November 16, 2016 at 11:22
  • Reply Rahman dira jaya

    Ka yg punya postingan mau tanya dong,kalo mau ke arah universitas raden intan lampung turun nya di mana ya ka kalo naik bus arah rajabasah?

    May 14, 2017 at 12:49
    • Reply rere

      Wah, deket banget tuh. Sepertinya ga ada angkutan langsung, mesti ganti 2 kali, tapi aku kurang paham naiknya apa aja. Nanya ke warung-warung di sekitaran situ deh. Maaf ga bantu, yaa

      May 15, 2017 at 07:31
      • Reply Benz

        Turun aja di perempatan kalibalok depan pom bensin seberang hotel Nusantara, dr situ naik angkot jurusan tj karang sukarame / golf warna abu abu.
        Bisa jg turun di perempatan sukarame, atau sebelum RS Imanuel, lalu naik angkot warna abu abu kombinasi biru tua jurusan tj karang via kedaton – sukarame / golf. Itu pasti sampe ke IAIN RADIN INTEN.

        December 23, 2019 at 13:30
  • Reply Dita

    ka rere mau tanya, kalo lebaran ongkos Ngeteng Bus kapal Bus naik 2 kali lipat gak ya? biasa nya jadi berapa ongkosnya?

    June 10, 2017 at 01:44
    • Reply rere

      Hai Dita.
      Nggak, kok. Bus naiknya dikit, maksimal 25% kalau ga salah. Kalau tiket kapal malah seingetku ga naik sama sekali. Semoga membantu, yaa.

      June 10, 2017 at 02:45
  • Reply Rezeki Mudik Gratis | SEDIKIT CERITA UNTUK KENANGAN

    […] buta. Oh iya, kalau ga kebagian tiket Damri, ada jalan lain menuju Lampung, selengkapnya bisa cek di link ini, […]

    June 21, 2017 at 11:32
  • Reply Yopi

    Mbak Rere saya mau ke Lampung dari Jakarta… Boleh dong minta tips mode transfortasi nya. Soalnya masih bingung mau naik apa

    August 27, 2017 at 06:02
    • Reply rere

      Hai, yang dibingungin apa? Rencananya mau naik apa? Bus, travel, atau ngeteng?

      August 27, 2017 at 07:51
  • Reply Sarah

    Mba rere, alhamdulillaaaah nemu blognya. Membantu banget. Kebetulan tgl 31 agustus saya mau plg ke metro, tapi saya galau sama tiket pesawat yg mahal, terus kalo dari gambir baik damri nanti saya ga dpt pengalaman, soalnya naik itu terus tiap plg, kan kalo ngeteng enak mba lebih murah 90/100rb. Nah yg mau saya tanya, aman ga kalo perempuan jalan sendirian? Kebetulan saya bawa laptop kantor krna harus mobile kerjaan dari rumah juga. Ditunggu mba jawabannya

    August 28, 2017 at 21:15
    • Reply rere

      Hai Sarah, aman kok jalan sendirian. Aku kalau pulang juga selalu bawa laptop dll, yang penting jangan dibongkar-pake selama perjalanan supaya ga memancing perhatian. Semoga lancar perjalanan pulangnya nanti, ya..

      August 28, 2017 at 23:33
  • Reply Tebar Pesona Travel

    Dibandingkan jika menggunakan pesawat terbang, seni perjalanan dari Jakarta ke Lampung ataupun sebaliknya adalah perpaduan antara darat dan laut. Baik itu dengan jasa Travel, Damri maupun secara ketengan.

    Ulasan yang renyah!

    October 27, 2017 at 03:24
  • Reply nov

    hi kebetulan aku nemu blog ini. mau nanya untuk sekarang harga bus dr pelabuhan ke rajabasa msh sama atau sdh naik ya? dan itu ada 24 jam atau dijam tertentu saja? makasih sbelumnya.

    April 22, 2018 at 15:18
    • Reply rere

      Hai, harganya masih sama, 25-30rb tergantung bus. Busnya ada 24jam sih, tapiii mereka jalannya nunggu penuh. Kalau sampai Bakauheni di atas jam 11 malam sepertinya mesti nunggu 2-4 jam sampai busnya penuh baru berangkat. Semoga membantu ya. 🙂

      April 22, 2018 at 16:31
  • Reply Ani

    Kak mau tanya. Klok udah nyampek trminal merak lbih enak turun di luar trminal apa di dlem trminal ya? Katanya sih klok di dlem bnyak calo yg nawarin travel tp calo nya reseh. Sama klok udh turun ke kapal cari bus ke arah rajabasa beli tiket dulu apa lngsung pilih bus lngsung naik. Sama klok jadwal keberangkatan dri rajabasa ke unit 2 tulang bawang jam berapa aja. Terminal rajabasa buka 24jam kah? Maaf tanyanya kbnyakan kak hehe. Terimakasih…

    May 19, 2018 at 06:13
    • Reply rere

      1. Aku turunnya selalu di terminal, kan kalau naik kapal kita harus ngelewatin jembatan, jembatannya itu ujungnya di terminal.
      2. Memang banyak calo travel, kalau ga mau naik travel, diemin aja, ga usah diladenin gpp.
      3. Ke Rajabasa tiketnya langsung beli di bus. Nanti pas udah masuk terminal liat aja ada bus baris, naik yang tulisannya Rajabasa.
      4. Jadwal ke unit tulang bawang 2 aku kurang paham, maaf yaa.
      5. Rajabasa buka terus, ga pernah tutup.

      Semoga membantu yaa

      May 19, 2018 at 08:15
      • Reply Doni

        klo jurusan ke Tulang bawang Unit 2, bisa naik mobil udayana, itu mobil yg punya org bali klo g salah, dan aman kok, sya aja biasa kalo ke lampung ke tulang bawang Unit 2 selalu naik itu,..

        December 21, 2018 at 10:27
        • Reply rere

          Terima kasih sudah berbagi, Mas Doni. 🙂

          December 26, 2018 at 16:36
  • Reply Adhel

    Ka rere klo mau ke merek naek kereta bsa gk?? Aku start dri cibinong

    September 25, 2018 at 08:07
    • Reply rere

      Bisaa. Dari Cibinong ke arah Tanah Abang trus cari kereta arah Rangkas Bitung. Dari Rangkas Bitung baru deh naik kereta ke Merak. Tapi jadwal keretanya aku ga punya nih, bisa telepon ke KAI 121 untuk info lengkapnya.

      September 25, 2018 at 08:29
  • Reply Arif

    Siang mbk rere, tau update harga transport terbaru gak?

    saya rencananya mau mudik 7 Juni 2019 nanti, edisi kurang budget, makanya coba turun di Soekarno-Hatta (kami dari Batam) tujuan ke Lampung.

    Karna bawa anak, mungkin kami milih mode trans kereta api. minta tolong dong mbak saran nya.

    terima kasih,

    October 7, 2018 at 14:48
    • Reply rere

      Hai, sekarang untuk kereta ga ada yang langsung ke Merak. Jadi, dari Tanah Abang naik kereta arah Rangkas Bitung. Dari Rangkas baru pindah kereta lokal ke Merak. Ongkosnya saya lupa, tapi untuk kereta lokalnya di bawah 10ribu. Supaya mudah dan ga perlu nyambung, naik bus lebih enak.

      October 9, 2018 at 08:46
  • Reply Dafi

    Maaf mba mw tanya klo penginapan yg budget 100rb an yg dkt terminal rajasamba hotel apa??
    Mohon di bantu mba..

    January 4, 2019 at 00:27
    • Reply rere

      Hai Dafi, mohon maaf aku belum pernah menginap di sekitaran Terminal Rajabasa.
      Mungkin bisa tanya ke warung-warung di sekitar terminal, semoga ada yang bisa membantu ya.

      January 16, 2019 at 07:47
  • Reply Dodi

    Hai kak saya rencana mau ke tulang bawang unit 2 kalau dr jakarta enaknya naik bus apaa.. Kira2 berapa lama perjalanan.. Trus kalau langsung balik ke jkrta bawa mobil paling aman berangkat pagi atau gimana.. Thanks

    January 9, 2019 at 22:43
    • Reply rere

      Kalau ke unit 2 itu bisa naik bus apa aja tujuan Merak, bisa dari Kp Rambutan misalnya.
      Lalu nyeberang ke Bakauheni.
      Sampai Bakauheni cari bus tujuan Unit 2. Busnya ini cuma ada pagi-sore sepertinya. Jadi lebih baik berangkat pagi dari Jakarta.

      Kalau bawa mobil, semua waktu harusnya aman aja.

      January 16, 2019 at 07:43
  • Reply rohim

    mau tanya kak dari bakauhuni ke sribawono naik apa,,,,angkot atau bus

    February 12, 2019 at 20:42
    • Reply rere

      Sepertinya ada bus dan travel.
      Bisa tanya ke petugas sebelum keluar pelabuhan yaa.

      February 12, 2019 at 22:58
  • Reply Fitri

    Salam kenal mbak rere. Saya mau tanya..
    1. Apakah aman mbak kalau perempuan pergi sendirian?
    2. Apa kapal ferry nya ada yg berangkat malam?
    3. Mau tanya kalau dari pelabuhan bakauheni ke stasiun tanjung karang naik angkutan berapa kali ya mbak?
    Terimakasih

    February 19, 2019 at 01:19
    • Reply rere

      1. Amaaann. Saya sering bolak-balik Lampung sendirian kok.
      2. Ada terus kapalnya, 24 jam.
      3. Naik bus jurusan Terminal Rajabasa. Dari terminal ke stasiun naik angkot biru 1 kali aja. Bisa naik ojek online juga.

      February 19, 2019 at 12:28
  • Reply Kiki

    Mbak, mau nanya kalau dari pelabuhan merak ke stasiun tanjung karang naik apa ya? Dan berapa lama kira-kira? Makasi

    March 12, 2019 at 22:39
    • Reply rere

      Pelabuhan Merak nyeberang dulu ke Pelabuhan Bakauheni.
      Lalu dari Pelabuhan Bakauheni naik bus ke Terminal Rajabasa.
      Dari Terminal Rajabasa naik angkot biru menuju Stasiun Tanjung Karang.

      Semoga membantu ya.

      March 23, 2019 at 14:22
  • Reply Liyana

    Siang ka,, ,
    Mau nanya kalau dari balaraja mau ke metro gimana rutenya

    March 17, 2019 at 14:52
  • Reply Liyana

    Siang ka rere
    Alhamdulillah nemu blog ini sy mau ke lampung bingung ka
    Mau nanya kalau dari balaraja mau kemetro naik apa ya

    March 17, 2019 at 14:58
    • Reply rere

      Hai Liyana, mohon maaf aku kurang paham kalau dari Balaraja.
      Boleh tanya ke petugas pas sudah sampai Pelabuhan Bakauheni ya.

      March 23, 2019 at 14:14
  • Reply Kid_na

    Ka, mau tanya … Akses jalan dr turun bis/kereta sampe menuju loket kapal, seberapa jauh ya ? Terus kalo kita sampe sana malem gitu, rawan gak jalan dsitu ?

    April 22, 2019 at 05:08
    • Reply rere

      Sekitar 300-400 meter.
      Aman karena selalu ada pedagang di sepanjang jalan menuju loketnya.

      April 28, 2019 at 17:09
  • Reply Serly

    KK mau tanya, dari pelabuhan bakauheni ke simpang palas kalianda ada ga akses transportasi ntah itu bus atau travel. ? dan biaya ny berapa. trus pertanyaan kedua dari simpang palas kalianda mau ke stasiun tanjung karang naik apa? takut ny salah naik dan bener ga tau naik apa

    April 30, 2019 at 14:39
  • Reply Serly

    kak dr pelabuhan bakauheni ke simpang palas kalianda transportasi umun ny apa? dan dari simpang palas kalianda ke stasiun tanjung karang naik apa yaa.?

    April 30, 2019 at 14:44
    • Reply rere

      Bisa naik semua bus yang menuju Rajabasa.
      Sebelumnya tanya dulu ya, mereka masuk tol atau nggak.
      Kalianda harus lewat jalan umum.

      May 24, 2019 at 10:58
  • Reply hanifan

    kk mau nanya saya dari surabaya naik kereta turun ps. senin. klo mau ke lampung.panjang selatan… enak naik bus atau gmana ? karna bawak anak kecil. mohon sarannya

    June 22, 2019 at 13:59
    • Reply rere

      Dari Terminal Senen bisa cari angkutan yang ke arah Terminal Kampung Rambutan.
      Dari sana, cari bus yang ke arah Pelabuhan Merak, lalu naik kapal menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni.

      Dari Bakauheni bisa naik bus arah Terminal Rajabasa, nanti turun di Panjang (ongkos sekitar 25-30rb). Atau bisa naik travel, diantar langsung ke tempat (biayanya kurang tau).

      June 22, 2019 at 17:36
  • Reply Yoga

    Re izin mau tanyaa.. Aku skrng dlm perjalanan ke pelabuhan bakauheni.. Klu ke stasiun Tanjung karang gmna yaa?? Brp kali naik mobil dna tarif ny brp

    July 6, 2019 at 07:02
    • Reply rere

      Dari Pelabuhan, naik ke Terminal Rajabasa.
      Turun di terminal lalu naik angkot biru yang tujuan Stasiun Tanjung Karang.
      Cuma ada 1 stasiun, jadi harusnya ga kesasar.

      Semangat yaaaa

      July 6, 2019 at 11:45
  • Reply Hanun

    Wah nemu blog ini, rencana agustus mau ke lampung .Saya dari Solo mbak,,berangkatnya pake mobil pribadi pulangnya mau ngeteng mampir jakarta.Belum pernah ke Lampung (Kalianda ) sebelumnya. Sudah searching2 ngincer kapal portlink, buat nyebrangnya. Nah yg msh ragu dari pelabuhan merak ke stasiun merak naik apa ya? Trus kereta lokalnya ckp nyaman ga? Bawa anak kecil 7 thn, sama suami sih,pengen bekpekeran gt.
    TERIMA KASIH….:-)

    July 31, 2019 at 02:12
    • Reply rere

      Pelabuhan dan Stasiun itu dempetan Mba, cuma perlu naik tangga aja menuju dermaga.

      Umur 7 tahun aman banget sih.
      Have fun yaa..

      August 1, 2019 at 12:41
  • Reply dennis

    ka rere maaf mau tanya, kalau dr terminal raja basa mau ke rs. harapan bunda naik angkutan jurusan apa ya ? mohon bantuannya 🙏

    August 12, 2019 at 21:14
    • Reply rere

      Hai Dennis, aku kurang paham angkotnya. Tapi sekarang sudah ada ojek dan taksi online. Jadi bisa pesan itu buat alternatif transportasi ya.

      August 14, 2019 at 17:37
  • Reply Lia

    Mba mau tanya, dr pelabuhan ke grand elty . Naik apa ? Tarif berapa ? Apakah 24 jam ?

    October 3, 2019 at 09:14
    • Reply rere

      Pelabuhan Bakauheni ga 24 jam, berhenti di tengah malam lalu lanjut lagi di jam 4-5 pagi.

      October 3, 2019 at 14:33
  • Reply Nabilla

    Hallo kak mau nanya, dr pelabuhan bakauheni menuju ke stasiun tanjung karang naik apa ya? Yg paling murah

    October 9, 2019 at 10:56
    • Reply rere

      Bisa naik bus ke arah Rajabasa, trus naik angkot ke stasiunnya. 🙂

      October 15, 2019 at 23:06
      • Reply Ichsan

        Re mau tanya dong klo dari taman wisata kera lampung soalnya saya habis jam kerja pukul 3 sore soalnya saya mau k cibinong bogor tgl 29 november 2019 ini biar lebih hemat naik apa saja angkotnya?
        Terima kasih

        November 16, 2019 at 17:42
        • Reply rere

          Aku kurang tau taman wisata itu di mana.
          Tapi bisa langsung naik angkutan umum (bus) ke arah Bakauheni, lalu naik kapal untuk menyeberang ke Merak.
          Dari Merak bisa cari angkutan jurusan Kampung Rambutan, dari sana ke Cibinong tinggal naik angkot aja.
          Nomor angkotnya aku kurang paham, bisa tanya ke petugas stasiun yaa.

          November 18, 2019 at 20:32
      • Reply Ichsan

        Mba rere mau tanya saya dari daerah jl.cipto mangunkusumo tepatnya d daerah taman hutan kera mau tau cara ngeteng yang hemat mau ke cibinong bogor. Terima kasih

        November 17, 2019 at 10:04
  • Reply Fadil Crust

    Terima kasih, sangat berguna infonya.

    October 18, 2019 at 13:08
  • Reply Ichsan

    Mba rere mau tanya saya dari daerah jl.cipto mangunkusumo tepatnya d daerah taman hutan kera mau tau cara ngeteng yang hemat mau ke cibinong bogor. Terima kasih

    November 17, 2019 at 10:05
  • Reply Fajar reza

    Ya ampun bagus banget ini blok, saya dari tangerang mau ke kotabumi lampung naik motor mba rere. Nanti motor dinaikan ke kapal yah? Dan brapa harga nya kalo bawa motor ke kapal gitu

    December 27, 2019 at 19:42
    • Reply rere

      Iya, motornya ikut naik kapal.
      Ongkos nyeberangnya Rp51.000. Penumpang yang di atas motor ga dikenakan biaya lagi.

      December 28, 2019 at 18:09
  • Reply Eko

    Kak, kalo dari Jakarta mau ke Sukarame tapi sampai sana nya pagi jam 6-7, kira2 naik apa ya & kalo naik damri yg dari gambir malem sampe rajabasa sekitar jam berapa ?

    May 19, 2020 at 17:15
    • Reply Atemalem

      Kalau naik damri yang jam 8 malem kayanya kekejer jam segitu sampe Lampung.

      May 31, 2020 at 15:34
  • Leave a Reply