Money

Pengalaman Jual Emas di ANTAM

Pada suatu masa, enam tahun lalu, saya menjajal menabung emas. Mikirnya, sayang uangnya kalau cuma di tabungan aja. Lagian risiko uangnya habis buat jajan-sengaja atau ga sengaja-juga besar. Waktu itu saya pilih belanja emasnya online, di toko emas Empat Hati.

Empat Hati itu punyanya Widi Mulia, belinya via twitter, lanjut chat, lalu barangnya dikirim ke rumah dengan bayar biaya kurir. Kenapa beli online? Karena saya baru punya bayi dan ga sempet ke luar rumah.

Kok yakin kalau emasnya asli? Yah, untuk ini saya ga punya jawaban yang memuaskan pastinya. Saya pilih penjual dengan track record baik, waktu itu dan sampai sekarang saya ga pernah denger berita yang jelek-jelek soal Widi, jadi kenapa nggak. πŸ™‚

Setelah beli, saya sempat cari-cari save deposit box di beberapa bank, cari yang ukuran terkecil, tapi ga ketemu, penuh semua.Β  Jadi, selama ini emasnya tersimpan di rumah dan rasanya ga nyaman. Karena kurang nyaman itu, saya udah sempat beberapa kali mau jual, nawarin ke temen-temen aja, tapi belum jodoh.

Sampailah ke Januari 2018, dan di komplek sempat ada kejadian kemalingan beberapa kali. Rasa ga nyaman menjadi. Lalu, saya memutuskan untuk jual emasnya langsung ke ANTAM.

Sebelum pergi, saya sempet browsing soal tata cara penjualan emas. Referensi dari beberapa artikel bilang, pembelian dan penjualan bisa dilakukan di Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia ANTAM Pulogadung. Rasanya langsung pingin selimutan trus tidur lagi. Ngebayangin Pulogadung jauhnya ampunnn…

Trus, ada tulisan lagi yang bilang kalo di ANTAM TB Simatupang udah ada Butik Emas, bisa jual beli di sana, tapi harganya ga sebagus di Pulogadung. Saya pikir, ya udahlah datang ke yang deket aja, daripada jauh-jauh ke Pulogadung trus pulangnya harus jajan cendol, jajan bakso, jajan tongseng karena kecapean. Malah buntung nanti. (cat: belakangan saya baru tau kalau ga ada perbedaan harga antara butik emas dan unit pengolahan di Pulogadung).

butik antam

Kemarin jadi yang pertama kali buat saya masuk ke Gedung ANTAM.Β  Pas masuk mirip-mirip kantor biasa, ga terlalu banyak pengamanan juga. Di depan ada 2 satpam dan di pintu masuk butik ada satu lagi.

Butiknya ga terlalu besar, ada beberapa sofa untuk nunggu giliran. Oh iya pas masuk itu nanti dikasi nomor antrian, kalau nomornya dipanggil baru deh menghadap mbak-mbak di kasir. Nanti di kasir mbaknya akan tanya keperluan, apakah membeli atau menjual. Kalau menjual, emasnya dilihat dulu sama mereka, lalu kita diminta masuk ke ruang pemeriksaan.

Bukan orangnya yang diperiksa, tapi emas dan sertifikatnya. Periksa emasnya dengan timbangan dan cek sertifikatnya dengan alat khusus yang ngeluarin cahaya. Alatnya sama dengan alat buat cek uang asli/palsu. Kalau asli, nanti ada cahaya dan garis biru yang terbaca mesin.

Mbak di ruang periksa kemarin bilang, emas tanpa sertifikat tetap diterima di Butik Antam, cuma kena biaya potong Rp 5000/gr. Sertifikat palsu ini katanya lumayan banyak kasusnya, kebanyakan kejadiannya ke pelanggan yang beli emas di toko emas. Emasnya asli, sertifikatnya nggak.

Proses periksanya cepet, sat set sat set, selesai. Kalau udah selesai dari ruang periksa, balik lagi ke kasir untuk proses selanjutnya. Di kasir, nanti diminta KTP + NPWP. Lalu untuk pembayarannya hanya tersedia dengan transfer, prosesnya makan waktu 2-5 hari kerja.

Harga emas per 2 Februari 2018. Tidak ada perbedaan harga antara unit di Pulogadung dan di Butik Emas.

bukti jual emas, uang ditransfer ke rekening

Lanjut soal harganya, kemarin sih pas jual harganya lagi bagus, harga emas Rp640.000/gr. Tapi untuk penjualan kembali harganya ga setinggi itu, cuma Rp570.000/gr untuk emas di bawah 18gr dan Rp578.000 untuk emas di atas 18gr. Harganya beda karena pelanggan yang jual emas di atas 18gr udah kena potongan pajak 1,5persen.

Ada untungnya ga nyimpen emas sekian lama?

Ada sih, tapi ga gitu banyak
April 2012 lalu saya belinya Rp25.475.000
Februari 2018 saya jual Rp28.467.000

Kalau dihitung totalnya ada pertambahan nilai Rp2.992.000.
Kelihatan besar, ya? Tapi kalau dibagi ke gram, lumayan kecil. Sepanjang enam tahun disimpan, per gram emas naik harganya Rp59.840. Jika dibagi lagi kenaikannya cuma Rp9.973/gram/tahun.

Saya merasa kenaikan harganya ga setimpal dengan deg-degan nyimpen barangnya, sih. Sementara ini kayanya akan melewatkan investasi dengan logam mulia, pilih instrumen lain aja yang lebih kelihatan, misalnya reksadana atau deposito. πŸ™‚

Oh iya, ini penting, kemarin waktu ke sana saya cuma menghabiskan waktu sekitar 15 menit. Cepet yaaa. Butiknya buka mulai pukul 9.00-16.00 sore. Kalau mau ke sini, coba pilih waktu di bawah jam 12 siang, kata petugas butiknya baru mulai ramai di atas jam 12.

Semoga infonya bermanfaat!

PS: Pernah dengar omongan kalo uang tunai tuh susah dipegang? Yes, yes, yes, duitnya langsung kepake buat bayar cicilan dan uang sekolah! Hahahaha…

/salam jualan

Previous Post Next Post

You may also like

170 Comments

  • Reply nengbiker

    hmmm bakal jadi catetan nantik kalo pas jual

    February 9, 2018 at 16:49
    • Reply FINGO

      Sebenarnya jual di toko bisa lbh tinggi 5-10ribu per gram, coba jual ke toko emas besar atau yg biasa jual emas LM. kalo beli pun lbh murah di toko emas karena mereka sirkulasi antara emas yg dia beli dg yg dia jual, tp harus yg sudah mengerti ttg emas asli

      February 16, 2018 at 18:50
      • Reply Tiana

        Boleh tahu, untuk di jakarta selatan, dimana toko yg harga nya bagus tuk jual emas antam?

        January 9, 2019 at 20:33
        • Reply rere

          Saya kurang tau karena belum pernah jual. Tapi saya pernah beli emas (perhiasan) di sekitaran Blok M Square.

          January 16, 2019 at 07:43
          • jay

            Sepengetahuan saya di melawai plaza(toko emas banyak banget disini). coba cari toko mulia gold.
            Pengalaman jual Antam @10gr press(2keping) harganya paling tinggi. Toko lain (online/offline) selisih 3.000 – 10.000/gram.

            Untuk info saja,
            Emas yang sy jual, sy beli ditokopedia (toko her**n j*****y) tanpa nota pembelian toko.
            Sy jual di mulia gold,
            sampai dilokasi pkl 14:34,
            Emas diminta untuk di cek,sekitar 1 menit.
            Metode pembayaran sy minta transfer Mandiri (mandiri &BCA bisa)
            Nota pembayaran saya terima,
            Dan taraaaa !! 5 menit kemudian dana sudah masuk ke rekening (Cek mandiri online)

            Semoga bermanfaat.

            February 5, 2019 at 23:58
      • Reply Josaphat

        Ya klu di toko emas mikir 2x pas bawa duit 10juta hasil.penjualan. Ngeri…. Hehehe

        October 25, 2019 at 17:21
    • Reply Lina

      Haii…
      Mau tny.
      Kl beli LM apkh hrs bayar sertifikat nya lagi.
      Karna saya baru beli dan disuruh bayar sertifikat ny.

      October 31, 2019 at 16:18
      • Reply rere

        Belinya di mana Mba? Kalau beli di ANTAM setau saya sudah termasuk sertifikat.

        November 3, 2019 at 14:32
    • Reply SPA

      jualnya sebaiknya ke perorangan yg mau beli emas, maksudnya agar dpt harga BELI saat itu bukan harga JUAL EMAS settingan itu. coba di pasarkan dulu di online shop dgn pilihan COD. pengalaman saya sih gitu.. ga pake potongan ini itu kalau jual individu, ke toko emas juga fair harganya jika sudah tau harga pasaran nya,, agak effort sih untuk cek harga ke beberapa toko (di cikini saya rekomen). semoga bermanfaat

      May 20, 2020 at 14:03
  • Reply Windah

    Wah makasih infonya kak. Kebetulan aku belum pernah jual. Cuma beli dan numpuk dirumah

    February 9, 2018 at 17:24
  • Reply Sari widiarti

    Nah aku mau jual emas tapi mundur cantik karena ya itu harga jual kembali πŸ˜€. Makasih infonya mbak

    February 9, 2018 at 18:06
  • Reply Lubena Ali

    Makasih banget infonya, lagi nyari soalnya..

    February 9, 2018 at 18:43
  • Reply Yuniari Nukti

    Antamku ada yang dibeli taun 2012 klo dijual masoh segitu segitu aja ya. Kirain bakal tinggi banget hehe..

    Mbak, itu yg tanda tangan Dwi Sasono artis, suaminya Widi AB Three? Baru tau mereka punya toko emas πŸ˜€

    February 10, 2018 at 00:42
  • Reply FINGO

    Trend kenaikan harga emas sejak 2014 hingga sekarang memang boleh dibilang blm mnguntungkan, jd jgn dijual dulu…lbh baik digadai saja

    February 16, 2018 at 18:47
  • Reply M. Moko

    saya juga dulu pernah beli emas di ANTAM, tapi saat lagi BU, saya jual di toko emas biasa. Nilainya cukup lumayan selisihnya walaupun baru selisih 2 tahunan

    February 18, 2018 at 17:48
  • Reply Atur Uang Ala Freelancer | SEDIKIT CERITA UNTUK KENANGAN

    […] dan takut berspekulasi. Jadi investasinya saat ini masih reksadana saja. Oh iya, saya dulu sempat investasi di logam mulia juga. Tapi lalu karena beberapa hal, logamnya saya jual. […]

    March 12, 2018 at 11:00
  • Reply vira

    info berguna ini Re. thanks for sharing.
    bener juga ya, kalo tempat tinggal suka ada kemalingan, nyimpen emas jadi ketar-ketir. kalo simpan di brankas di bank, kemahalan biayanya kah? (kalo ga salah sih bisa ya?)

    March 14, 2018 at 15:43
    • Reply rere

      Adaaa, tapi kalau didasarkan perhitungan, kenaikannya ga bisa nutup biaya sewa. Mungkin kalau emasnya lebih banyak akan seimbang ya.

      March 14, 2018 at 21:11
  • Reply Mawar

    Apakah ini untuk emas anatam saja ? Bisa kah logam mulia UBS bersertifikat?

    April 11, 2018 at 06:22
    • Reply rere

      Seharusnya bisa.
      Coba cek langsung yaa. πŸ™‚

      April 18, 2018 at 10:16
  • Reply dimas

    dulu saya bingung kok sertifikat emas batangan cma kertas tok, ngak meyakinkan bgt perasaan wkkwkw.. tp ternyata kertasnya bisa nyala hahah..

    April 13, 2018 at 16:02
    • Reply rere

      Bener, kaya kertas mainan yaaa. Hehehe

      April 18, 2018 at 10:13
  • Reply Harits

    Apa perlu nota pembelian saat menjual emas?

    July 17, 2018 at 19:27
    • Reply rere

      Perlu, kalau ga ada nota pembeliannya harga emas akan dikurangi Rp5000 per gram.

      July 18, 2018 at 09:13
      • Reply Ferdi

        nota pembelian dari toko pas kita beli atau sertifikat dari antam nya mbak?

        October 9, 2018 at 11:03
        • Reply rere

          Nota pembelian tidak diperlukan. Sepanjang sudah ada sertifikat emas asli, sudah cukup.

          October 9, 2018 at 11:07
          • Ambarwati

            Saya baca agak bingung mbak rere,
            Antara jawaban mbak rere ke Sdr Harits dan Sdr. Ferdi menurut saya bertolak belakang, atau saya salah mengartikan?
            Mohon “pencerahannya”
            Terimakasih. …
            =================================
            Harits
            JULY 17, 2018 AT 7:27 PM
            Apa perlu nota pembelian saat menjual emas?

            REPLY
            rere
            JULY 18, 2018 AT 9:13 AM
            Perlu, kalau ga ada nota pembeliannya harga emas akan dikurangi Rp5000 per gram.

            REPLY
            Ferdi
            OCTOBER 9, 2018 AT 11:03 AM
            nota pembelian dari toko pas kita beli atau sertifikat dari antam nya mbak?

            REPLY
            rere
            OCTOBER 9, 2018 AT 11:07 AM
            Nota pembelian tidak diperlukan. Sepanjang sudah ada sertifikat emas asli, sudah cukup.

            October 27, 2018 at 15:29
          • rere

            Hai Mba, mohon maaf ini keliruu aku jawabnya.

            Nota pembelian tidak diperlukan, asal ada sertifikat udah cukup.
            Kalau ga ada sertifikat, harga emas dikurangi Rp5000/gram

            Aku edit ya jawaban di komen yang lain, supaya ga bingung. πŸ™‚

            October 29, 2018 at 12:29
          • Ade Irawan Harahap

            Mbak rere, apakah beli emas antam beli kemasan 1 gr harga lebih murah jiks beli banyak, misal nya beli 1 kotak (1 kota sebanyak 100 card)

            August 5, 2019 at 23:20
          • rere

            Sepertinya ngga, harganya tetap dihitung perkeping.

            August 10, 2019 at 23:44
  • Reply Marlina merdekawati

    Pengalaman menarik. Terimakasih sudah share.

    September 6, 2018 at 07:00
  • Reply Nina Fajriah | bonadapa.com

    Terima kasih ya, infonya bermanfaat sekali πŸ™‚

    October 9, 2018 at 15:34
  • Reply Jen

    Emas tidak cocok untuk investasi.. Lebih cocok sebagai alat pelindung nilai..

    October 15, 2018 at 21:40
    • Reply Fachry

      Maksud / arti ‘sebagai alat pelindung nilai’, apa itu ?

      October 19, 2018 at 10:54
      • Reply Imam

        Agar nilai uangmu tidak tergerus inflasi

        October 25, 2019 at 17:43
    • Reply Jan

      GoodπŸ‘

      March 15, 2019 at 09:20
      • Reply rere

        Thank you.

        March 23, 2019 at 14:18
  • Reply Fachry

    Maksud / arti ‘sebagai alat pelindung nilai’, apa itu ?

    October 19, 2018 at 10:57
  • Reply Andreas Agung Riantra

    Emas emang prinsipnya gak akan membuatmu makin kaya, tapi akan menjagamu “tetap” kaya. Karena kalau menabung dengan uang, lama kelamaan akan tergerus dengan inflasi.

    October 27, 2018 at 18:43
    • Reply Sulist

      Setuju…

      April 5, 2019 at 13:45
  • Reply Indar Wijianti

    Makasih udah sharing. Infonya bermanfaat bangetπŸ‘

    November 4, 2018 at 06:00
  • Reply Supiyatun

    Apakah emas antam bisa di jual di toko emas biasa?

    November 9, 2018 at 19:26
    • Reply rere

      Bisa Mba. πŸ™‚

      November 13, 2018 at 01:55
  • Reply Adi Murdana

    Saya juga baru pertama kali jual emas diantam sudah lewat 5 hari tapi uangnya belum ditransfer rabu minggu kemarin ketemu lagi rabu tapi belum ditransfer..kenapa yah belum ditransfer soalnya blm ada pengalaman jual rmas diantam.

    November 14, 2018 at 20:22
    • Reply rere

      Ada nomor telepon yang bisa dihubungikah?
      Saya kemarin soalnya cepat terimanya.

      November 15, 2018 at 21:34
  • Reply hanhan

    persyaratan yang diminta hanya KTP + NPWP saja mba ?

    November 18, 2018 at 11:11
    • Reply rere

      Iya Mas. πŸ™‚

      November 18, 2018 at 17:18
  • Reply Christian happy christmas

    Klo untuk logam mulia seperti platinum dan tanpa sertifikat apakah bisa dijual di Antam mba.rere.?
    Atau khusus emas saja.?
    Mohon info ya
    Terima kasih

    November 25, 2018 at 21:20
    • Reply rere

      Kalau platinum saya kurang tau Pak.
      Mungkin bisa telepon ANTAM langsung untuk info lengkapnya?

      December 13, 2018 at 14:41
  • Reply toko perhiasan gloria

    Wah, saya setuju dengan Bu Rere atas artikel ulasan tentang Logam Mulia (LM) PT. Aneka Tambang ini. Memang kalau waktu jual dan beli nya tidak tepat, bisa jadi nilai investasi kita lebih besar di deposito atau instrument finansial lain nya. Namun pernah juga ada orang bisa untung 30% dalam 3 bulan, dulu itu waktu emas dari harga 250rb/gr menjadi 340rb/gr. Tapi ini memang tidak sering terjadi. Apabila momen dan timing nya tidak tepat, bisa jadi malah bisa rugi.

    November 25, 2018 at 22:16
  • Reply Yuni

    Sy kan baru mulai investasi emas, menurut Anda beli emas antam atau UBS? Klo antam ada nawarin Dipegadaian yg tahun 2017 sama 2011 sama2 diksh harga 600 per gram nya, apa tdk mahal? Sy bingung cara belinya 😭

    December 1, 2018 at 17:54
    • Reply rere

      Emas yang saya beli sertifikatnya UBS, saya jual di ANTAM.
      Saya kurang paham mana yang lebih menguntungkan.
      Belinya bisa langsung ke gerai/pegadaian setau saya. Dulu saya belinya online. πŸ˜€

      December 13, 2018 at 14:40
  • Reply Budi wicaksono

    Mau tanya,kalo ga ada npwp gimana?

    December 11, 2018 at 09:54
    • Reply rere

      Ada perbedaan tarif pajak untuk konsumen yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Bila memiliki NPWP maka dikenakan pajak 0,45%. Sementara yang tidak, akan dipungut pajak 0,9%.

      December 11, 2018 at 14:20
      • Reply Nadia

        Kalo jual.di Toko emas apakah harus ada NPWP juga?

        February 13, 2019 at 07:59
        • Reply rere

          Sepertinya ga perlu. πŸ™‚

          February 13, 2019 at 11:39
  • Reply Aska

    Karena Uang kadang disebut pencairan dana, jadi ya mudah menguap wkwkwk. Sebenarnya di Antam juga ada brankas, mirip deposit dalam bentuk emas, sewaktu-waktu bisa di emaskan, (kita ga lihat wujudnya, hanya berupa data gram emas yg kita simpan) tapi ya gitu deh, ada biaya tambahan untuk sewa brankasnya. Kadang cara ini lebih dianggap aman dibanding menyimpan emas sendiri.

    December 12, 2018 at 12:29
    • Reply rere

      Biaya simpannya tetap lebih mahal, kecuali kalau jumlah emasnya cukup banyak dan kenaikan harga emasnya cukup tajam.

      December 13, 2018 at 14:39
  • Reply Her

    Saya rencana mau jual, tapi saya hitung harga beli Antam hanya +/- 90% dari harga pasar, kalau saya baca di beberapa article harga jual kembali (buy back) sekitar 95%?

    December 13, 2018 at 14:26
    • Reply rere

      Saya kurang paham juga secara persennya.
      Tapi untuk harga jual/beli bisa diakses oleh umum di website.

      December 13, 2018 at 14:38
  • Reply agung

    klo sabtu buka gak yah?

    December 14, 2018 at 05:51
    • Reply rere

      Kalau kata berita ini, sekarang buka Pak. πŸ™‚

      December 14, 2018 at 16:17
  • Reply Fitri

    Mbak mau tanya, kalau mbak kemarin pas jual ditransfer uangnya setelah berapa hari? Ini sy ada rencana jual tp butuh uangnya cepat.. kalau nunggu 2-5 hari agak lama juga ya.. apa mending jual di toko emas biasa saja ya?

    December 21, 2018 at 06:10
    • Reply rere

      Lupa persisnya, tapi ga sampai seminggu.

      December 26, 2018 at 16:34
  • Reply Wabiel

    Kalau beli emas batangan di toko emas biasa ada gak?

    December 26, 2018 at 02:38
    • Reply rere

      Ada, bisa ditanya langsung ke tokonya ya.
      Jangan lupa minta sertifikatnya. ^^

      December 26, 2018 at 16:33
      • Reply Zulferiana Malau

        Sertifikatnya hanya kertas kecil itu saja?
        Apakah nabti beda harga dengan yg punya hologram?
        Apakah berat emas batangan bisa berkurang ?

        March 6, 2020 at 19:28
  • Reply Mahendra puspita sari

    Klo saya jual mas antam ada sertifikatnya d jual toko mas.. Nyaratnya apa ya mbk. Mohon infonya

    December 28, 2018 at 14:24
    • Reply rere

      Kalau jual ke toko mas harusnya ga ada syarat apa-apa selain sertifikat Mas/Mba.

      December 28, 2018 at 19:04
  • Reply Arif Isnaeni

    itu potongannya nyampe 10% an dong? bukan 1,5%?

    kutip:
    Lanjut soal harganya, kemarin sih pas jual harganya lagi bagus, harga emas Rp640.000/gr. Tapi untuk penjualan kembali harganya ga setinggi itu, cuma Rp570.000/gr untuk emas di bawah 18gr dan Rp578.000 untuk emas di atas 18gr. Harganya beda karena pelanggan yang jual emas di atas 18gr udah kena potongan pajak 1,5persen.

    January 1, 2019 at 05:30
    • Reply rere

      Harga jual dan beli itu yang menentukan nilainya langsung ANTAM
      Kalau perbedaan harga, yang di atas 18gr dapet lebih tinggi karena nantinya dia AKAN KENA PAJAK LAGI 1,5%
      Di bawah 18% ga kena pajak.

      January 3, 2019 at 16:16
    • Reply Dwi

      Kak ini saya ngga paham-paham juga..
      Jadi mending beli emas yg dibawah 18 gram aja atau diatas 18 gram supaya potongannya gak banyak2?

      Atau secara uang yg dipotong sama aja nilainya?

      January 17, 2019 at 14:33
      • Reply rere

        Menurut saja jatuhnya sama saja Mas.
        Di bawah 18gr harga lebih rendah tapi tidak kena pajak
        Di atas 18gr dapat harga lebih tinggi tapi dipotong pajak.

        January 21, 2019 at 16:46
  • Reply Ayu kurniasari isroi

    Nah iya saya juga baca artikel kaya gt dan skrg saya lagi membuktikan harga jual di pegadaian lebih tinggi atau engga dari antamnya

    January 3, 2019 at 10:21
  • Reply Erda

    Hmm.. kalo emas yg dijual di ANTAM harus berbentuk emas batangan atau boleh berbentuk perhiasan???

    January 7, 2019 at 22:40
    • Reply rere

      Setau saya sih hanya logam mulia aja, yang emasnya 24 karat.

      January 16, 2019 at 07:45
  • Reply Lilik krisna

    Lebih bagus beli emas batangan atau simpan di Brangkas Antam ya? Fyi saya masih mau nyoba.

    January 11, 2019 at 12:01
    • Reply rere

      Kalau emasnya cukup banyak, sepertinya simpan di brankas lebih oke tuh.
      Saya jual karena ga punya tempat nyimpen emas yang proper di rumah.

      January 16, 2019 at 07:40
  • Reply kang syibro

    nice info ka, makasih udah share, lagi nimbang-nimbang mau jual dimana, hehe. ka, kalau misal kita punya 1gr 10 pcs lalu mau di tuker ke yg 10gr itu proses nya gimana ya di antam ? langsung tuker aja atau jual dulu lalu beli yg 10gr ?

    January 14, 2019 at 20:04
    • Reply rere

      Nah, ini aku belum pernah.
      Tapi mestinya jatuhnya sih jual dulu baru beli lagi yang 10gr.
      Rugi banyak dong yaaa

      January 16, 2019 at 07:38
  • Reply Gigih Endra Utama Putra

    Mbak mau tanya, kalau jual di toko emas/perhiasan, nyerahin faktur pembeliannya juga (waktu beli), atau cukup sertifikatnya aja?

    January 18, 2019 at 11:21
  • Reply Gigih Endra Utama Putra

    Mbak mau tanya, untuk menjual emas antam ke toko, apakah perlu menyerahkan faktur pembelian awal dari antam, atau hanya perlu logam mulia & sertifikatnya saja, lalu dikuitansikan sendiri sesuai harga kesepakatan?

    January 18, 2019 at 11:24
    • Reply rere

      Hai, aku belum pernah menjual logam mulia ke toko emas. Tapi sepertinya cukup sertifikat saja sudah bisa.

      January 21, 2019 at 16:43
      • Reply Diana

        Mb, kalo di toko emas, tahun nya ngaruh g sih. Maksudnya cetakan 2011 ama 2018 dengan kadar yg sama akan mempengaruhi harga jual nya?

        July 10, 2019 at 19:45
        • Reply rere

          Ga ngaruh sih, setauku. πŸ™‚

          July 11, 2019 at 11:26
  • Reply Wd

    Waaah infonya bermanfaat.. Tp saya jual emas batangan dibawah 5gram ditoko surya indah pasarminggu bagus lumayan lah nego sm kokonya baik bgt

    February 5, 2019 at 19:37
  • Reply Esti

    Hai, Kak… Mau tanya, mungkin bisa kasih saran unt saya Kak
    Ketika sy hendak membeli di toko mas, pramuniaga di toko tsb menyebutkan bahwa potongan dan harga jual emas batangan lebih tinggi dibanding yg sudah jadi perhiasan
    Namun ketika sy iseng tanya pura2 mau jual, mereka bilang potongan nya smp 40 persen
    Tadinya mau beli lagi jd sy uringkan niat sy
    Sbnrnya tips n trik ketika hendak membeli emas batangan itu gmn ya kak

    February 8, 2019 at 06:09
    • Reply rere

      Hai Mba Esti, mohon maaf saya ga bisa kasi saran untuk ini.
      Seingat saya memang ada potongan harga untuk jual lagi emasnya, tapi harusnya sih ga banyak ya.
      Kalau sampai 40% mungkin sebaiknya Mba jual langsung ke ANTAM saja.

      February 8, 2019 at 16:07
  • Reply Silvi

    apakah beli antam online di logammulia.com harus pakai NPWP ?

    February 14, 2019 at 12:32
    • Reply rere

      Saya belum pernah beli secara online Mba.
      Mungkin bisa coba telepon dulu ya. πŸ™‚

      Maaf tidak bisa membantu.

      February 14, 2019 at 15:29
  • Reply Adam

    Kalo menurut org yg sering bahas emas juga.
    Emas bukan untuk nambah kekayaan.

    Tapi sebagai penyimpan kekayaan.

    Tepatnya. Klo kita nyimpen uang.
    Harga uang setiap tahun menurun karena inflasi.
    Tpi klo emas aman.

    Ya emng dr penyimpanan berasa susah.

    February 25, 2019 at 21:07
    • Reply rere

      Bener nihhh…
      Seandainya punya tempat penyimpanan yang oke, stok emas ya bagus-bagus.

      March 1, 2019 at 15:29
  • Reply desi

    mbak, sy rencananya mulai bulan depan mau beli emas antam, tapi belinya 1gr/bulan, karena saya masih belajar nabung, dan masih kuliah sambil kerja juga dr pada uangnya habis pakai jajan jadi sy mau coba beli setiap bulan/1 gram mbak

    nanti kalau di jual apakah akan menguntungkan atau merugikan ya mbak?
    karena kan bentuknya 1 gram-an gitu semuanya…

    February 26, 2019 at 12:32
    • Reply rere

      Hai, sebenarnya beli instrumen investasi itu ga bakal rugi sih.
      Yang harus dipikirkan tempat nyimpennya. Kalau biaya nyimpennya lebih tinggi dari pertambahan nilainya, bisa dibilang rugi.

      March 1, 2019 at 15:25
  • Reply Rafi

    bulan lalu saya sengaja jalan-jalan ke toko emas di kota saya. saya tanya2 ada gak emas buat inverstasi, dan diperlihatkan lah saya emas kepingan, seperti foto yang di atas. katanya bisa dijual kembali.

    tapi sampai sekarang saya belum beli-beli. masih ragu.

    kebetulan nemu tulisan ini.

    mau nanya, mba kalo di antam apa bisa kita membeli emas di sana juga? emas yang dalam bentuk kepingan buat inverstasi gitu. bisa gak? makasih sbelumnya.

    March 2, 2019 at 14:38
    • Reply rere

      Bisaaa, di ANTAM bisa beli dan jual.

      March 3, 2019 at 16:05
  • Reply ERDA

    mbak, saya mau tanya, lebih baik membeli emas per1 gram, atau sekalian yg gramnya besar ya ?

    trus saya mau tanya juga kalo beli dan jual itu harus ada NPWP ya ?
    kalo ga ada bisa ga?

    March 3, 2019 at 11:31
    • Reply rere

      Kalau di toko emas saya kurang paham.
      Tapi kalau di ANTAM untuk jual iya pakai NPWP, kalau beli kurang tau juga.

      Beli emas sesuai kemampuan aja, semestinya sih sama aja kalau dibandingkan.

      March 3, 2019 at 16:03
  • Reply Agus

    Maaf, saya mau tanya, saya ada gelang emas putih kode hwt 750 , apakah bisa dijual di antam ? Teria kasih

    March 8, 2019 at 06:56
    • Reply rere

      Mohon maaf saya kurang tau.
      Bisa coba telepon langsung ANTAM untuk infonya ya.

      March 8, 2019 at 07:29
  • Reply Tria

    Mba kalo jual lm ada biaya potongan sertifikat gak? Denger denger kena biaya sertifikat 100ribu yah?

    March 11, 2019 at 11:44
    • Reply rere

      Potongan Rp5000/gr itu ada kalau ga bawa sertifikat.
      Kalau punya sertifikat mah ga dipotong.

      March 23, 2019 at 14:28
  • Reply Anto

    Ka saya pernah beli LM di toko emas biasa.apakah saya bisa jual di Antamnya langsung.dan kira kira kena potongan harganya berapa ya ka..

    March 15, 2019 at 09:39
    • Reply rere

      Bisaaa..
      Ga kena potongan harga kalau sertifikatnya ada.
      Harga beli dan harga jual ikut dari butik antam.

      March 23, 2019 at 14:18
  • Reply KOKO KUSDIYANTO

    Terima kasih, infonya sangat bermanfaat.

    March 15, 2019 at 14:05
    • Reply rere

      Sama-sama, senang bisa membantu.

      March 23, 2019 at 14:16
  • Reply Vira

    Kak aku mau tanyaa kalo misalkan kita dibawah 17 thn bisa jual emas di antam? (Tidak memiliki ktp dan NPWP)

    March 17, 2019 at 18:47
  • Reply Vira

    Kak kalo misalkan kita 17 kebawah dalam artian tidak punya npwp sama ktp masih bisa jual emasnya?

    March 17, 2019 at 18:49
    • Reply rere

      Aku kurang paham kalau ini Kak.
      Coba telepon langsung butiknya untuk info lengkap ya. πŸ™‚

      (021) 7891234

      March 23, 2019 at 14:11
  • Reply Vera

    Kak…itu alamatnya di mna ya?

    March 21, 2019 at 10:53
    • Reply rere

      Antam Office Building
      Alamat: Lingkar Selatan, Jl. TB Simatupang No.1, RT.10/RW.4, Tj. Bar., Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530

      March 23, 2019 at 14:01
  • Reply puspa

    mbak
    jadi harga beli emas di Butik Simatupang dg di Pulogadung, sama ya ..

    saya malah dapat info jangan beli di butik tapi langsung di Antam Pulogadung

    mohon infonya ya ,

    tks mbak

    March 21, 2019 at 11:58
    • Reply rere

      Saya pernah dapat info yang sama.
      Tapi lalu sampai sana, tanya petugas, ternyata ga ada perbedaan harga.

      March 23, 2019 at 13:59
      • Reply Adam huzen

        Kak setelah baca tulisan kakak saya jdi pengen coba, setah saya coba cek harga di market place seperti BL dan TOKOPED, harganya jauh beda antara 50rbu-200rb, tergantung lapak yg jual, jadi kesannya kayak beli barang elektronik beda lapak beda harga, gak sesuai dengan harga mas sebenarnya. Apakah masih masuk akal untuk di jadi kan invest kak, karna di tempat saya gak ada cabang pt antam.

        March 24, 2019 at 02:20
        • Reply rere

          Aku belum pernah coba, jadi tidak bisa merekomendasikan.
          Di kolom komen ada juga pengalaman dari Pak Nur. Mungkin bisa jadi referensi sebelum membeli.
          Semoga bermanfaat ya.

          March 28, 2019 at 11:25
        • Reply Yus ketjil

          Sy bantu jawab ya, sy juga beli di tokped dan Alhamdulillah aman. Kl mau lbh and lagi cari toko IndoGold itu toko yg sudah kerjasama dgn tokped utk jual emas batangan, tp yaaa harganya bisa selisih 50ribuan dgn toko lain. Toko lain juga liat reputasi dan pengiriman nya juga. Kl bagus sy yakin dia bagus dan liat pengirimannya sdh brp byk.

          May 7, 2019 at 21:12
  • Reply Adam huzen

    Setelah membaca tulisan kak rerr saya jdi pengen coba, saya coba cari di market place seperti di BL dan TOKOPED, tapi harganya jauh lebih mahal antara 50rbu -200rbu, beda lapak beda harga, jafi kayak barang elektronik tidak mengikuti harga mas sebenarnya, kira2 apa masih masuk akal ya , kalau di jadikan invest beli di lapak2 market place. Kak rere

    March 24, 2019 at 02:08
  • Reply Nur

    Klo mau beli emas antam online di buk4lap*k atau tok*pedi4, liat lapaknya dlu, cari yg ulasan pembelinya sdh banyak, terus cari yg di tokonya pengirimannya sdh ada ojek onlinenya jg,. Beli di online jg lumayan untungnya krn ada voucher cashback yg diberikan t0k*pedia atau buk4lap*k bisa ratusan ribu. Terakhir saya beli emas di tokonya Tosline shop bukalap*k, dan ga ketipu barang sampai dgn selamat, dan dpt cashback jg dgn masukin kode voucher saat beli di bukalap*k.

    March 27, 2019 at 16:10
    • Reply rere

      Terima kasih sharenya.
      Ini manfaat banget buat orang-orang yang tertarik belanja via online. πŸ™‚

      March 28, 2019 at 12:17
  • Reply belitung

    dulu sempet punya nih emas antam tapi saya jual di kaskus. ternyata baru tau bisa jual di sana juga

    March 29, 2019 at 21:57
  • Reply Rizqi

    Maaf mau tanya… Antam kan cetaknya dari tahun ke tahun. Nah tahun mana yg bagus yg lebih lama atau lebih baru… Karena banyak orang bertanya tahun berapa sebelum membeli..

    April 15, 2019 at 11:07
    • Reply rere

      Maaf untuk ini saya kurang paham.
      Mungkin ada yang bisa bantu jawab?

      April 17, 2019 at 22:38
    • Reply Erlyna

      Kalo dari artikel yang pernah saya baca sebenarnya tidak ada perbedaan harga jual mas dari tahun lama dan yang baru.
      Hanya kalo dijual di toko mas biasa,yang baru memang agak tinggi harganya, akibat permintaan pasar yang selalu beli minta edisi baru. ( kan emas yang kita jual bakalan di jual lagi sama pihak toko mas)
      Dan edisi lama harganya lebih murah dibelinya, karena biasanya toko mas menjual kembali dengan harga juga rendah agar cepat laku, agar tidak melalui proses peleburan untuk dijadikan baru ( yang tentunya makan biaya lagi).
      Tapi kalo jual di antamnya sendiri, harga sama saja, mau edisi lama maupun baru, harga jual kembali disesuaikan dengan harga yang ditentukan.

      April 25, 2019 at 22:03
    • Reply Erlyna

      Kalo dari artikel yang pernah saya baca sebenarnya tidak ada perbedaan harga jual mas dari tahun lama dan yang baru.
      Hanya kalo dijual di toko mas biasa,yang baru memang agak tinggi harganya, akibat permintaan pasar yang selalu beli minta edisi baru. ( kan emas yang kita jual bakalan di jual lagi sama pihak toko mas)
      Dan edisi lama harganya lebih murah dibelinya, karena biasanya toko mas menjual kembali dengan harga juga rendah agar cepat laku, agar tidak melalui proses peleburan untuk dijadikan baru ( yang tentunya makan biaya lagi).
      Tapi kalo jual di antamnya sendiri, harga sama saja, tidak ada perbedaan antara emas edisi lama dan baru.

      April 25, 2019 at 22:06
    • Reply riez

      Klo mau belinya di Antam atau Pegadaian, di sarankan tahun yang terbaru. Klo belinya di toko emas terserah mau tahun berapa aja yg penting murah, karena harga saat kita mau jual di Antam itu mengikuti harga buyback terkini, artinya Antam menerima emas dari tahun berapa pun tapi dengan harga (buyback) terkini.

      October 17, 2019 at 17:04
  • Reply Yus ketjil

    Numpang tanya donk, aku ada batangan press 2018 dan Press 2019. Itukan langsung press sm sertifikat ya? Apa perlu nota pembelian, cz aku beli OL dan ga minta dibuatkan nota.

    May 7, 2019 at 21:05
    • Reply rere

      Saya kurang paham soal batangan press, Mas.
      Semoga di bawah saya ada yang bisa bantu ya.

      May 24, 2019 at 10:59
    • Reply Saiful anwar

      masalah nota gk wajib hukumnya,soalnya yg terpenting emas antam adalah sertifikatnya. Apalagi produck thn 2018 dan 2019 Emasnya sudah menyatu dengan sertifikat,jadi gk masalah meskipun pembelian tanpa nota.matur nuwun

      June 6, 2019 at 01:30
  • Reply Saprudin

    Mau tanya mba kmrn” ini saya membeli mas antam di pegadaian tp sya tidak cetak sertifikat apakah klo di jual kena ptongan 5.000/gr

    May 9, 2019 at 10:08
    • Reply rere

      Kemarin sih katanya begitu. πŸ™‚

      May 19, 2019 at 22:34
  • Reply Dwitio Ahmad Pranoto

    Assalamu’alaikum, mau tanya mending beli emas LM di toko online atau di toko offline?

    May 28, 2019 at 06:44
  • Reply galih

    om kok pph y gede amat om. 1.5 %
    apa mungkin ini yg ngebedain antara jual di antam sama di toko emas biasa ???

    May 31, 2019 at 11:06
  • Reply Miranti | jendelakeluarga.com

    Hi kak Rere, terdampar disini nih hehe.. aku malah baru mau seriusin invest di LM ini, makanya lagi nyari2 referensi. Makasi infonya kak

    June 2, 2019 at 10:00
  • Reply BlogSabda.com

    wah kenaikannya sekitar 9k/gr/tahun, kecil juga ya mbak, benet sih dibandingkan deg degan nyimpannya. tp beli emas bisa jadi solusi bagi yang susah nyimpan uang tunai.
    btw, makasih sharingnya

    June 2, 2019 at 10:10
  • Reply dianisa

    Saat ini orang juga ramai beli emas, tabungan masa depan

    June 5, 2019 at 07:52
  • Reply Ale

    Hari sabtu butik emas antam buka, gak? Thx.

    June 12, 2019 at 21:55
  • Reply Dyn

    saya liat di toko online seperti tokopedia,LM ANTAM & LM UBS kenapa harga nya lebih mahal ANTAM. Apakah itu arti nya harga jual beli emas ada 2 macam ? hrga jual ANTAM dan hrga jual UBS

    June 24, 2019 at 21:22
    • Reply rere

      Saya belum pernah beli di tempat lain. Mungkin ada yang bisa bantu?

      June 25, 2019 at 13:15
  • Reply Big E

    Keren artikelnya. Sangat membantu. Saya juga ada pengalaman jual beli emas. Saya beli emas di online lalu jualnya di antam unit pulogadung..memang tidak ribet dan proses pencairan max 2 hari selain Bank Mandiri. Kalau Bank Mandiri lebih cepat.

    Nah, antam suka ngadain promo ‘harga pabrik’. Lumayan harganya di kisaran 1.5%-2.5% dari harga reguler / gr. Bisa hunting2 kalau antam buka booth / GO pasti ketemu harga pabriknya.

    Dan ga enaknya itu kalau mau jual emas di pegadaian. Hanya menerima emas yg pernah beli di pegadaian

    June 29, 2019 at 07:54
  • Reply Arif

    Mau tanya dulu waktu beli emas pake npwp ga?
    Tuh npwp buat apa ya? Apakah nanti dicatat no.nya trus bakal kena spt tahunan atau gmn? Denger2 sih klo beli dengan menyertakan npwp bakal lebih murah tapi… nanti klo ditagih pas stp tahunan percuma…
    Mohon infonya, terimakasih.

    July 1, 2019 at 07:55
    • Reply rere

      Belinya ga pake.
      Pas jual pake karena dipotong pajak.

      July 3, 2019 at 19:16
  • Reply TRS

    Jualnya ke org2 terdekat aja, barang kali ada yg lg butuh emas atau sedang menabung emas. Harganya bisa di up 50 – 60 rb dr harga buy back tapi tetep dibawah harga spot di butik antam. Jadi tetep untung… Itu sih cara saya.. Hehehe

    Klo masalah penyimpanan, kita ikhlasin dan ikhtiarin aja.. saya nyimpen di rumah. Ga takut hilang. Kalo pun kemalingan, ya mungkin emang rejekinya segitu. Toh jangankan emas, uang aja bisa ilang atau di copet kok klo udah takdirnya. Ikhtiarin aja, semacam jangan umbar2 ke org lain, jgn sombong, rajin berdoa minta perlindungan sama Alloh, rajin sedekah, dan jangan lupa dizakatkan kalo udah mencapai nisabnya…

    July 7, 2019 at 06:46
  • Reply yusqi

    mba kalau jual emas UBS di butik antam bisa kah?
    kan sertifikatnya asli, atau tetap kena potong 5rb/gram karena bukan sertifikat antam?

    July 14, 2019 at 17:56
    • Reply rere

      Sepertinya sih bisa dan ga kena potongan karena sertifikatnya ada.
      Yang kena potongan itu kalau ga ada sertifikat asli.

      July 16, 2019 at 08:44
      • Reply Dwi rizkianto

        Mba Rere kalau kita beli emas di pelelangan gading dengan sistem PO 14 hari kerja, saat ini kita bisa beli dengan harga 630rb/grm. Tapi tidak ada sertifikat dan hanya ada ID number di batangan emas dan si bungkusnya.. apakah itu sudah tersertifikasi? Terimakasih

        July 23, 2019 at 01:42
        • Reply rere

          Aku kurang tau soal ID number.
          Kemarin di emasnya memang ada nomor, tapi sertifikatnya tetap diminta pas jual di ANTAM.
          Coba telepon Butik Emas untuk info lebih lengkap yaa. ^^

          July 23, 2019 at 09:23
        • Reply Ucok

          Om, ini pelelangan gading maksudnya gmn? Trims

          August 14, 2019 at 22:01
  • Reply Anggi

    Pengalaman saya beli LM, baiknya langsung ke toko emasnya, selisih harga beli di online dengan toko emas bisa 30rb/gram sampe 50rb/gramnya, karna di toko online mereka bebankan biaya ongkos cetak disetiap gramnya, sementara di toko emas ongkos cetaknya tidak setiap gram melainkan dalam setiap transaksi pembelian emas.
    Biaya ongkos cetak emas masing2 berat beragam dan masing toko emas juga berbeda, sejauh saya beli LM di toko emas, selisih harga dengan toko online lumayan jauh, jadi saran saya sebelum beli online coba datang dulu ke toko emas untuk cek harga, pasti jauh lebih hemat.

    July 18, 2019 at 22:00
  • Reply Dwi rizkianto

    Mba saya mau tanya kalau kita beli emas dengan sintem PO lelang 14 hari kerja dapat harga cuman 630rb/gram saat ini.. dan tidak dapat sertifikat nya. Hanya ada id pada bungkusan emas, apakah itu bisa dinyatakan tersertifikasi atau emas tanpa sertifikat.. terimakasih

    July 23, 2019 at 01:37
    • Reply Ge

      Tolong ada yg jawab ini dongg hehehee saya mau beli emas online 2019 yg katanya sertifikatnya ada di barcide bungkusnya

      August 26, 2019 at 21:32
  • Reply Wahyu

    Mba, kalau jual emas di Antam. Tapi gak ada sertifikatnya. Bisa gak yah?
    Kena potongan berapa yah?

    July 23, 2019 at 09:39
    • Reply rere

      Bisa, kena potongan Rp5000 untuk 1 gramnya.

      July 23, 2019 at 10:03
  • Reply Sugiono

    Jual mas tanpa sertipikat diantam apakah bisa dicairkn

    July 23, 2019 at 09:49
    • Reply rere

      Bisa, kena potongan Rp5000 untuk 1 gramnya.

      July 24, 2019 at 11:04
  • Reply Nana

    Mb kalau jual ke antam,kuitansi pembeliannya diminta ya? Soalnya kuitansi sy hilang ,mksh

    July 23, 2019 at 15:28
    • Reply rere

      Kalau ga ada kuitansi, harga emas dipotong Rp5000/gramnya.

      July 24, 2019 at 11:02
  • Reply Ade Irawan Harahap

    Ketipu nya bagaimana?

    August 5, 2019 at 23:18
  • Reply Andre

    Mba Rere, harus bawa buku tabungan atau bisa menyebutkan nomor rekening saja ya untuk transfer penjualan emas?

    August 8, 2019 at 01:28
    • Reply rere

      Cukup nomor rekening aja. πŸ™‚

      August 10, 2019 at 23:43
  • Reply Rangga

    FYI,
    harga kambing di zaman nabi adalah 1 dinar. Ada yang mengatakan bahwa 1 dinar itu beratnya setara dengan 4,25 gram emas. Kalau di konversikan ke rupiah dengan harga emas sekarang, 1 dinar = 4,25 gram = (4,25 x 700.000) = Rp. 2.975.000. Jadi sejak 1400 tahun yang lalu nilai emas masih setabil sampai sekarang. Benar kata orang2 bahwa kalau nabung emas memang tidak membuat kaya tapi mengamankan kekayaan.

    September 1, 2019 at 14:26
  • Reply Aditia Mahesa

    nice info bngt. [engalan jual ini yg sedang saya cari.
    karna kebetulan saya beli emas dr teman saya yg katanya beli 1kg, dan sistemnya saya nitip 10 gram di dia, shg dpt harga murah 650rb/gr (19agustus2019) dan 680rb/gr (13sept2019), kalo oktober nanti mungkin udah 700rb/gr krn harga Antam sendiri saya liat di harga-emas.org udah 763rb/gr sedangkan di pegadaian 793rb/gr.
    lalu saat saya terima hanya berupa card berisi emas batangan dgn barcode di kemasannya, tanpa nota pembelian.
    Saya coba scan barcode nya ternyata asli otentik, namun jika ntuk menjualnya saya ragu krn ga ada nota pembeliannya.
    Untung baca artikel ini, trnyta ga perlu nota pembelian ya.
    Alhamdulillah hati tenang

    September 21, 2019 at 14:44
  • Reply Lim

    Mau tanya kak. Kl jual emas lebih banyak untung yg gramnya kecil atau yg gramnya besar ?
    Misal antara jual 25 keping @1 gr dan 1 keping 25 gram.
    Sedangkan saat kita beli tiap 1 gr kena biaya cetak. Jd 25 keping @1 gr kena 25 kali biaya cetak, sedangkan yg 1 keping 25gr hanya 1 kali biaya cetak

    September 29, 2019 at 10:37
    • Reply rere

      Ada yang bisa bantu jawabkah?
      Maaf banget ga bisa bantu Mba, karena kemarin belinya yang 10gr dan waktu jual tetap saja potongan pajak dikenakan dr total.

      October 3, 2019 at 14:32
  • Reply Muhammad Zunaidi

    Apakah emas antam yg kita punya bisa d jual d pegadaian?

    Soalnya katanya pegadaian hanya menerima emas yg d beli d pegadaian.

    October 2, 2019 at 00:35
    • Reply rere

      Saya kurang tau Mas.
      Ada yang bisa bantu?

      October 3, 2019 at 14:32
  • Reply sali

    saya lagi googling cara jual lm di antam, ketemu sama blog ini. makasih informasinya mba.

    October 8, 2019 at 05:47
  • Reply PENGALAMAN MENCAIRKAN DANA BPJS KETENAGAKERJAAN | SEDIKIT CERITA UNTUK KENANGAN

    […] rumah supaya layak dikontrakkan. Sumber-sumber dana yang memungkinkan saya korek sampai dalam. Jual emas, tagih piutang, dan lalu selembar kertas tanda peserta BPJS Ketenagakerjaan (untuk selanjutnya akan […]

    October 23, 2019 at 10:00
  • Reply Motor mobil

    Harga di antam dan toko emas, pasti lebih bagus antam ya? Apa bener begitu?

    Andez

    November 17, 2019 at 16:13
  • Reply Dons

    Emas antam itu tidak membuat kaya, tp cukup untuk mempertahankan kekayaan hihi

    December 30, 2019 at 02:00
  • Reply pengalaman investasi emas online

    Kalau saya nabung emas antam juga, tetapi dalam bentuk koin dinar belinya di geraidinar. Selama ini kalau ada kebutuhan dan terpaksa harus jual, penjualannya pun bisa dilayani disana

    January 23, 2020 at 13:28
  • Leave a Reply to Andreas Agung Riantra Cancel Reply