PERTAMA MENJAJAL OCBC NISP – NYALA

by | Oct 15, 2021 | 0 comments

Dari sekian banyak iklan tabungan digital berseliweran di sekitar, saya cukup penasaran dengan Nyala. NYALA sendiri, berdasarkan info dari websitenya, adalah layanan perbankan untuk generasi muda yang pingin mengelola keuangan, dan sekaligus juga mau mengoptimalkannya. Nyala bisa diakses melalui aplikasi ONe Mobile.

Belum terlihat ada hal yang berbeda kalau hanya membaca definisinya saja, tetapi setelah mendaftar, mengisi dana, dan mencoba layanan Nyala, saya akhirnya paham mengapa mereka fokus di pengelolaan dan investasi. Sebelum saya cerita lebih banyak soal produk yang berhubungan dengan definisi di atas, saya mau membawa kawan-kawan mengikuti perjalanan coba-coba saya mendaftar Nyala via ONe Mobile.


PENDAFTARAN

WARNING: Siapkan waktu lebih karena halaman yang harus diisi cukup banyak.

Pertama, cari lebih dulu aplikasi ONe Mobile di playstore/app store. Kalau sudah ketemu, langsung install. Aplikasinya ngga berat, jadi hanya beberapa detik install-nya beres, dan bisa lanjut ke tahap berikutnya, yaitu pendaftaran.

Sewaktu masuk ke bagian register, kita akan dikasi tampilan begini. Nyala bakal kasi free transfer bank sebanyak 10 kali tiap bulan, 10 kali juga ambil duit di ATM Bersama/Prima network, gratis biaya administrasi bulanan, dan bakal kasi kamu laporan digital untuk transaksinya.

Dasar pinter nih mereka. Pas masuk buat daftar nyala, mereka pake nambahin info buat daftar yang lain. Di halaman awal kita dicolek, kali aja butuh personal loan (KTA), kartu kredit, KPR, atau pinjaman untuk beli kendaraan. Belum naro duit di rekening, sudah dipercaya buat apply minjem-minjem. Ssst, diapprove atau ngga itu pasti tergantung profil, tapi daftar dulu boleh doong.. πŸ˜€

Ikutin aja terus alurnya ya, next-next-next sampai ketemu halaman ini. Di sini kita diingetin buat nyiapin E-KTP. Kartu identitas ini akan difoto saat pendaftaran dan akan ditunjukkan kembali saat proses verifikasi rekening lewat video call. Untuk kemudahan pembacaan data, buat kamu yang E-KTPnya diplastikin, boleh dibuka dulu plastiknya, yes!

Satu lagi, pesan cinta dariku nih yaaa… Jangan lupa masukin kode promo ONBLOGREH juga di awal, supaya bisa dapat cashback Rp250.000 setelah pembukaan rekeningnya. πŸ˜€

Kalau udah masuk, lanjutin isi semua data selengkap-lengkapnya, dan login. Nanti setelah login kita kan lihat petunjuk untuk menghidupkan rekening lewat verifikasi video call. Klik, tunggu beberapa detik, dan langsung terhubung.

ALUR PENDAFTARAN, POSITIF FEEDBACK:

  • Prosesnya cepat, pertanyaannya jelas.
  • Kalau misalnya mau edit jawaban di halaman sebelumnya, tinggal back aja, edit, lalu kembali ke pertanyaan setelahnya. Jawaban di halaman berikutnya (jika sudah sempat diisi), nggak hilang.
  • Verifikasi via videonya nggak pake nunggu lama, jam operasionalnya juga panjang.

ALUR PENDAFTARAN, NETRAL – NEGATIF FEEDBACK:

  • Form yang harus diisi banyaaakk, jadi mungkin di tahap ini ada yang nggak sabar dan bisa batal daftar tabungannya.
  • Bank-nya kepo sekaliiiii. Udah dikasi KTP, eh minta dokumen lainnya. Anw, mereka nggak terima NPWP atau kartu BPJS, jadi harus pilih salah satu antara PASPOR atau BUKU NIKAH atau IJAZAH. Salah satu dari dokumen itu harus dikirim ke email mereka, baru kemudian akunnya aktif.

BERBURU CASHBACK NYALA

Oke, pendaftaran sudah selesai. Sekarang lanjut ke tahap kedua dari percobaan saya mendaftar NYALA, yaitu mengejar cashback!

Pengguna baru nyala bisa dapat cashback sampai Rp250.000. Caranya mudah, dijamin nggak ribet. Saya udah ikutin alurnya dan cukup mudah dipahami, tinggal nunggu cashback-nya aja, nih. Cashback-nya nggak plek-plek masuk Rp250.000, tapi dibagi ke dua tahap, yaitu cashback Rp100.000 (untuk aktivitas di poin pertama), dan cashback Rp150.000 (untuk aktivitas di poin kedua).

Teman-teman yang membuka tabungan bisa pilih hanya mendapat cashback Rp100.000 saja, atau seperti saya ikutan berburu cashback yang Rp150.000 juga. Di bawah ini ada info untuk dapat cashback-nya:

  1. Cashback Rp100.000 untuk tiap nasabah baru yang membuka rekening pakai kode promo ONBLOGREH. Pastikan dengan ketentuan setoran pertama dan minimal uang yang ada di dalam rekening selama 30 hari minimal Rp1.000.000.
  1. Cashback tambahan Rp150.000 jika pembaca buka produk OCBC NISP lainnya seperti TAKA (tahapan berjangka), Deposito, atau Reksa Dana.

Untuk tambahan cashback di poin ke-2 ini ada syarat dan ketentuannya, yaaa. Kamu harus buka salah satu dari 3 produknya NYALA. Cek di bawah ini untuk info lengkapnya:

  1. TAKA (Tabungan Berjangka), yaitu:
    β€’ TAKA Bunga, TAKA Bunga Pasti, TAKA Hadiah dengan target dana minimal Rp5.000.000 dalam 1 tahun, β€œATAU”
    β€’ TAKA dengan angsuran tetap (TAKA Fix Installment) minimal Rp420.000 per bulan dengan tenor minimal 1 tahun, dan sukses dengan setoran awal.
  2. RDB (Reksa Dana Berjangka) dengan jangka waktu minimal 12 bulan dan sukses pendebitan:
    β€’ Jika RDB Harian minimal Rp20,000/hari
    β€’ Jika RDB Mingguan minimal Rp100,000/minggu
    β€’ Jika RDB Bulanan minimal Rp400,000/bulan
  3. Deposito minimal Rp10,000,000 dengan tenor 3, 6 atau 12 bulan.

Kalau semua tugas dari Nyala sudah dilakukan, sekarang tinggal leyeh-leyeh saja menunggu cashbacknya masuk.


TRANSAKSI DI NYALA

Apalah artinya buka tabungan kalau tidak transaksi, bukan?
Maka dengan kekuatan bulan, saya menjajal 2 transaksi, yaitu BUKA DEPOSITO dan ISI GOPAY!

BUKA DEPOSITO BERJANGKA

Di bawah ini saya share alur pembukaan depositonya,.

Proses pembukaan depositonya super gampang. Ada kalkulator deposito yang bisa kita pakai kalau mau kepo-kepo soal hasil pendapatan di akhir masa depositonya nanti. Ketika proses pembukaan deposito sudah selesai, kalau kita cek di halaman depan akan tertera informasi soal Tabungan Tanda360Plus-Digital, dan Deposito Berjangka.

———

ISI SALDO GOPAY

Pas betul kemarin saya perlu isi Gopay untuk jajan GoFood. Jadi, sekalian deh saya nyobain pake Nyala. Caranya mudah, tinggal klik button TOP UP e-MONEY di halaman depan aplikasi. Langsung masukkan nama walletnya, dan nomor teleponnya. Setelahnya masukkan PIN Transaksi, dan voilaaa.. selesai, deh!

Agar lebih terbayang, bisa cek alurnya lewat foto di bawah ini, yaa:

Sama seperti proses bikin deposito, proses isi saldo Gopay ini juga berlangsung smooth. Prosesnya cepat, nggak pake muter-muter, dan transaksinya berhasil. Oh iya, untuk isi Gopay kena biaya Rp2.000, ya. Sebagai customer saya akan senang kalau di masa depan transaksi ini bisa gratis dengan memotong jatah free transfer bulanan.


KESIMPULAN

Kembali ke informasi di paragraf satu tadi soal definisi Nyala, yuk! Setelah mencoba aplikasinya, saya akhirnya paham kenapa aplikasi perbankan yang satu ini digadang-gadang sebagai tempat mengelola keuangan sekaligus mengembangkannya.

Produk investasi di Nyala ini sungguh super lengkap! Untuk orang-orang yang konservatif, ada deposito dan TAKA Angsuran Tetap. Sedangkan untuk yang suka mencoba produk baru dengan harapan return yang lebih tinggi ada Reksa Dana Berjangka dan produk TAKA lain seperti TAKA Hadiah, TAKA Bunga, TAKA Bunga Pasti, dan TAKA Online.

Berikut beberapa poin yang positif:

  • Nyala mengakomodir semua kebutuhan. Tidak hanya kepentingan menabung, tapi juga kepentingan investasi.
  • Pada bagian Bayar dan Beli, pilihannya LUAR BIASA BANYAK! Saya rasa dari semua produk tabungan online, fitur bayar dan beli di Nyala adalah salah satu yang paling lengkap.
  • Loadingnya saat pindah-pindah button cukup cepat!

Sedangkan feedback dari saya untuk aplikasinya:

  • Saya tidak menemukan tombol copy nomor rekening di tabungan ini. Akan lebih menyenangkan kalau ada button copy supaya kita tinggal copas saja ketika ada yang menanyakan nomor rekening.
  • Buttonnya banyak betul! Kemungkinan seseorang tersesat di aplikasi ini sungguh besar. Tapi saya rasa, ini hanya masalah faktor kebiasaan saja. Setelah menggunakan aplikasinya beberapa hari, saya sudah cukup nyaman untuk berselancar di Nyala.

Semoga review ini bisa membantu teman-teman yang ingin membuka Nyala, yaa. Jangan lupa pakai kode promo ONBLOGREH untuk dapat cashback hingga Rp250.000,-

/salam pintar perduitan!

YOU MAY ALSO LIKE

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archives



Pin It on Pinterest