Resep Pindang Patin Anti Gagal

by | Jun 27, 2015 | 16 comments

Saya suka betul pindang patin. Di Lampung biasanya kalau kepingin makan pindang, saya tinggal kasi kode ke mamak. “Mak, bikin pindang enak kali ya, mak.” Lalu, mamak dengan senang hati dan bahagia memasakkan kami sekeluarga ikan pindang sepanci penuh.

Dekat-dekat mamak itu memang bisa jadi pedang bermata dua. Bisa pinter masak kalau mau buka mata dan bantu-bantu ke dapur, bisa juga cuma pinter makannya aja. ๐Ÿ˜€

Oke, jadi suami pingin makan lauk yang beda buat temen nasi. Awalnya kepikiran mau bikin ikan patin bumbuย kari, trus pas di pasar kok malah ketemu ibu-ibu yang ga disangka ngasi resep pindang patin waktu lagi antri di tukang ikan.

Saya (S) : Ikan masnya diapain, Bu?
Dia (D) ย  : Mau digoreng kering, anak-anak suka. Patinnya diapain?
S ย : Dikari kayanya, Bu.
D : Enakan dipindang, bumbunya xx, yy, zz, cemplungin aa, bb. Udah.

Lha kok, kayanya gampang banget. Jadilah saya berubah pikiran dan masak pindang!

pindang patin

Resep Pindang Patin

Bahan ย  : 1 ekor patin, ukuran 500gr – 1kg.
Bumbu :
– Cabe merah kecil (4 buah)
– Bawang merah (4 buah)
– Kunyit (setengah ruas jari)
– Laos secukupnya
– Sereh 2 batang
– Daun salam 5 lembar
– Nanas matang secukupnya (saya beli nanas potong di abang dorong)
– Belimbing wuluh, 2 buah
– Garam secukupnya

Cara memasak :
– Potong-potong ikan, bagian kepalanya dibelah 2.
–ย Siapkan bumbu halus : cabe – bawang merah – kunyit
– Rebus ikan dan bumbu halus berbarengan sampai mendidih, masukkan laos dan sereh yang sudah digeprek sebelumnya. Masukkan juga daun salam.
– Jelang matang, masukkan nanas, belimbing wuluh yang sudah dipotong kecil, dan garam secukupnya.
– Setelah benar-benar matang, angkat dan sajikan.

Udah, gitu doang! Gampang banget, anti gagal dan pastinya enaaakk. Rencananya ikannya buat berbuka dan sahur, eh ya tapi untuk buka puasa aja udah abis dong! Sahurnya telur lagi, deh. ^^

Semoga manfaat ya. ^^

/salam masak!

YOU MAY ALSO LIKE

16 Comments

  1. Oline

    Waah gampang ya. Tinggal cemplung2 doang :))

    Reply
    • rere

      Gampangnya kebangetan.
      Hahhahahaha..
      masaknya pun cepet, ikan soalnya ya, memang hakikatnya matengnya gampang. ๐Ÿ˜€

      Reply
    • rere

      Gampang mak. Yuk cobain.
      Aku follow yaa.. ^^

      Reply
  2. handdriati

    wiihh…gampang banget mba…tinggal cemplung2 doang ya…

    Reply
    • rere

      Iyah mbaa, enak dan gampang. ๐Ÿ˜€

      Reply
  3. Arman

    Wah gw juga suka banget ama pindang patin…

    Reply
    • rere

      Di sana ada patin ga sih?

      Reply
  4. Billy Koesoemadinata

    hal yang sama berlaku untuk mama saya: deket2 beliau bisa tau berbagai bumbu dapur atau bahan masakan (sayur & daging serta cara membersihkannya) & minimal bisa masak masakan yang ga sekelas maskercep.

    btw, liat foto pindang patinnya pas jam puasa gini salah banget. salaaaaahhh banget.

    Reply
    • rere

      Suka masak, Bil?
      Iya, deket tukang masak minimal bisa lah bedain lada-merica. Laos-jahe. ๐Ÿ˜€

      Reply
      • Billy Koesoemadinata

        masak? suka. tapi lebih suka dimasakin. ๐Ÿ˜†
        anyway, sejak pindah ke rumah yg sekarang jadi jarang ke dapur & ngoprek2 masakan.
        soalnya udah ada mertua, jadinya ya… gitu deh.

        Reply
  5. karimun jawa

    pindah oh pindang dirimu sungguh menggoda hehe
    kalau di jepara sama di karimunjawa ada namanya pindang “SRANI” coba search aja di google banyak sekali menu resep makanan pindang srani. mungkin rasanya hampir mirip sama pindah patin hehehe
    salam kenal http://www.karimunjawatourtravel.com

    Reply
    • rere

      Wah baru tau Pindang Srani. Penasaran rasanya sama apa nggak. ๐Ÿ™‚

      Reply
  6. kania

    ooo, ga digoreng to bumbunya…minyak yg keluar dr kaldu ikan ya..mm..yummy

    Reply
    • rere

      Bener, bumbunya gada yang digoreng. Ini makanan super sehat!

      Reply
  7. syaiful

    wah gambarnya bikin ngiler, apalagi pas puasa kayak gini, jadi pengen pindangnya, heheheheh, nanti ah pas buka puasa, sukses deh mbak artikelnya

    Reply

Trackbacks/Pingbacks

  1. Kenali Lebih Dalam Makananmu | SEDIKIT CERITA UNTUK KENANGAN - […] pindang patin buat keluarga. Resepnya ada di sini, ya. […]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archives



Pin It on Pinterest