Tech Update

Rumah Tangga Tanpa TV dan Mesin Cuci

Tiba-tiba mau cerita soal kebutuhan rumah tangga. Apa aja barang penting, kebutuhan primer, wajib ada, di rumah saja.

Dari duluu, waktu masih gadis, barang elektronik yang pertama saya beli itu kipas angin, setrikaan, TV, lalu mesin cuci, lalu kulkas. Setelahnya baru radio, kompor.

Kipas angin dan setrikaan itu WAJIB nya tingkat pertama. Saya baru bisa tidur nyenyak kalau kipas angin dipasang menghadap badan. Setrika wajib untuk bikin rapi baju-baju kuliah. Anak kosan harus punya dua barang ini! Jaman dulu belum banyak londri kiloan di deket kampus, jadi nyuci/setrika harus sendiri. Lebih irit juga. ๐Ÿ˜€ย 

Pindah ke Jakarta, punya kontrakan yang agak lebih lapang. Dua barang berikutnya yang jadi wajib adalah Mesin Cuci dan Kulkas! Intinya sih pingin memanjakan diri, pulang kerja seharian panas-panasan, pinginnya sampe rumah itu leyeh-leyeh di depan tipi, nonton pilem atau acara yang entah hapa-hapa, sambil nungguin mesin cuci yang muter sendiri.

Tugas berikutnya tinggal ngeringin sama jemur. Mayan kebantu banget, kaan? Mesin cuci idolaku lah pokoknya!

Lalu kemudian…

TV diangkut ke Lampung, males angkut ke sini lagi, trus mesin cuci kemaren udah soak, jadi dikasiin aja ke si mbak.

Trus kalo TV sama Mesin Cuci ga ada, gimana nasib?

Sedih kak..
Iya, awal-awal sedih, rumah kok sepii.. Tapi sekarang udah mulai lumayan bisa adaptasi. Kalo rumah sepi, ya kami bikin rame. Nyanyi-nyanyi, menggambar, berantem, ketawa, berantem lagi. Gitu-gitu deh. ^^

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan kalo rumah kerasa sepi. ;))

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan kalo rumah kerasa sepi. ;))

Trus nyuci bajunya? Sementara ini pake tangan. Supaya gampang, baju kotor direndem dulu pake detergen. Trus cara nyucinya, rendeman diinjek-injek sampe keringetan (yang keringetan yang nginjek maksudnya, bukan baju kotornya), terus kucek-kucek bagian baju yang kotor pake tangan.

Bersih? Mayaaannn lah..
Cape? Hu uh.

Sementara ini sih bisa dijalanin, belum ada masalah yang bikin susah banget. Kadang-kadang kalo lupa/ada kerjaan lain rendeman lupa diliat trus jadi bauuu.. Sekarang lagi proses pilih-pilih detergen yang ga gampang bau kalo dipake ngerendem semaleman. ๐Ÿ˜€

Bakalan beli mesin cuci dan TV baru ga nanti?

Rencananya beli, mungkin 2 atau 3 bulan lagi. Sekarang masih tahap cari-cari yang sesuai kebutuhan dan budget. Kepinginnya punya TV LED sama mesin cuci yang bukaan depan. ย Belum tau nanti bakalan berubah lagi atau nggak.

Sekarang? Ya sudah kita nikmati saja. ๐Ÿ™‚

/salam urusan rumah tangga

Previous Post Next Post

You may also like

31 Comments

  • Reply Adham Somantrie

    Mesin cuci paling penttiiinnggg… TV ga gunaaa!!!

    October 30, 2014 at 11:46
    • Reply rehatemalem

      adhams ga punya TV?

      October 30, 2014 at 11:47
      • Reply Adham Somantrie

        punya, tapi ga kepake… dipakenya kalo nonton film/series donlotan, biar ga pegel nonton di laptop gitu. lumayan jadi ngirit biaya ngebioskop…

        kalo mesin cuci, tentu kepake, seminggu 2-3x. kan udah full otomatis, tinggal masukin cucian, deterjen, pencet2 tombol. udah kering tinggal jemur seharian ๐Ÿ˜› cuma nyetrika aja yg masih manual, gada mesin setrika yang otomatis sih ๐Ÿ˜›

        October 30, 2014 at 15:19
    • Reply @goenrock

      Berarti TV dapet kapan itu gak kepakai doong. Sini Dham

      October 30, 2014 at 15:27
      • Reply rehatemalem

        woh iya ya..
        Kak Dham, lego dong kak..

        Hihihi

        October 30, 2014 at 15:28
  • Reply Riski Fitriasari

    Aku nggak punya keduanya juga Mak. Dari awal menikah sampai sekarang berarti sdh 3 tahun. Belum kesepian sih, kalau berita, bisa baca di koran langganan :). Ada deterjen cair Mak (ini bukan promo soalnya aku ga ditawari job reviewnya mereka). Yg depannya R, tapi yg klasik, rendeman semalam gak bau, kalau 2 malam baru bau (pengalaman) hehehe…

    October 30, 2014 at 12:53
    • Reply rehatemalem

      Makasi sarannya, mak.
      Oke detergen cair ya. Tapi detergen cair ini kalo kebanyakan, bisa bikin pudar warna ga ya?

      October 30, 2014 at 13:13
  • Reply Keke Naima

    kyknya saya belom sanggup kalau gak ada tv. Mesin cuci sih gpp. lah. Mentok2 paling nge-laundry kl cape hehhe

    October 30, 2014 at 13:09
    • Reply rehatemalem

      Macem-macem banget manusia ya kak.
      Ada yang kuatnya malah ga punya tipi tapi punya mesin cuci. hahhaa..

      October 30, 2014 at 13:12
  • Reply icit

    bertahun-tahun jadi anak kos dan akhirnya sekarang abis nikah baru pakai mesin cuci. sekarang gak kebayang kalau gak pakai mesin cuci lagi, walaupun sesekai masih ngucek kalau nyuci kerudung dan bra, tp buat yang lain kayaknya gak kuat lagi :p
    tv sebenrnya gak terlalu urgen, kalau ada laptop dan jaringan internet, bisa diakomodir kebutuhan trhadap informasi dan hiburan lah ๐Ÿ˜€

    October 30, 2014 at 14:12
    • Reply rehatemalem

      Iyaaaaa… Mesin cuci idolaku betul ya kak icit..
      *liat tangan kapalan*

      October 30, 2014 at 14:29
  • Reply novie @vierose22

    mesin cuci dan setrika jaraaaang dipake karena ketergantungan laundry tingkat tinggi. kalo tv sih sering karena diletakkan di ruang tv yang menyatu sama ruang makan. tapi kalo lagi makan itu tv di stel mute mode on. di semua kamar tidur sama sekali gak ada tv. nyaman…

    October 30, 2014 at 14:27
    • Reply rehatemalem

      waaaa..
      sini kirim ke rumaaahh..
      hahhahahaa

      October 30, 2014 at 14:29
  • Reply icha

    aku selama kost di jakarta (3 tahun) nggak punya tv, suami kost juga (6 tahun) di jakarta, nggak punya tv juga. sekarang nikah udah setahun, udah punya anak, masih nggak punya dan belum niat beli tv. hihihihi. nggak bosen sih lebih suka main/ngobrol/nonton dvd di laptop daripada nonton tv.

    kalau mesin cuci alhamdulillah dapet kado waktu nikah. huahahaha. *nggak modal*

    October 30, 2014 at 14:32
    • Reply rehatemalem

      Wooo, ga niat beli tipi? Ga sepi?
      Iya, mesin cuci itu yah. Semacam soulmate yang hilang.

      October 30, 2014 at 14:33
      • Reply icha

        belum niat beli tipi soalnya aku kerja, suami kerja, anak di daycare. nggak punya mbak/babysitter di rumah. jadi sampai rumah pasti sibuk masak kemudian makan malam+beres-beres rumah+main sama anak bayi. nggak sempet nonton tipi. hahaha *kasian* kalau wiken gelutukan di kasur aja cerita-cerita atau nge-mall deh. XD

        October 31, 2014 at 11:51
        • Reply rehatemalem

          Hiburannya hape/laptop gitu, mba?

          October 31, 2014 at 21:32
  • Reply Nia Haryanto

    Aku pengen rumah tanpa tv. Huaaaaaaaa…. *akunya sendiri malah penonton setia* :((

    October 30, 2014 at 14:58
    • Reply rehatemalem

      Hahhahaha…
      Aku pingin punya tipii lagii..
      Kemaren itu ada tipi, tapi paling idupnya satu-tiga jam sehari.
      Nah, pingin gitu lagi, nonton pilem doang.

      Hahhaha

      October 30, 2014 at 14:59
  • Reply rita dewi

    kalo saya kayaknya belum sanggup hidup tanpa tipi. beberapa waktu lalu mesin cuci sempet rusak. tapi kayaknya fine2 aja tuh nyuci pake tangan. malah bapake anak2 yg ngotot beli mesin cuci lagi ๐Ÿ™‚

    October 30, 2014 at 15:45
    • Reply rehatemalem

      Bapake kasian sama ibunya cape-cape nyuci pake tangan.
      Tanda sayang tuh, makk..

      October 30, 2014 at 15:47
  • Reply Dwi Aryanti

    Kulkas!!! Untuk ASI perahku karena untuk sementara belum bisa bawa anak ke penempatan hikshiks

    October 30, 2014 at 16:56
    • Reply rehatemalem

      Kulkas ini penting banget emang ya mak.
      Penyelamat makanan sisa juga. ๐Ÿ˜€

      October 30, 2014 at 16:58
  • Reply Hilda Ikka

    Huaaa…. selamat bertahan hidup yaaaa. Kalo mesin cuci ga ada emang ngebikin capekk… Mending gak punya TV karena masih ada hiburan laptop ๐Ÿ˜€

    October 30, 2014 at 17:43
    • Reply rehatemalem

      Bener, jauh lebih mending ga ada TV.
      Tapi ya gimana, sekarang lagi ga ada dua-duanya. hihihih

      October 30, 2014 at 17:47
  • Reply Sary Melati

    Gak punya TV masih bisa hahahihi. Tapi kalo gak punya mesin cuci, kayaknya aku bakal setresss hihihi. Soalnya cuciannya tiap hari banyak! Kalo ke londri, cucian sehari bisa sampe 30-40 rb-an sekali nyuci. Dikali 30 hari kan lumayan bikin dompet jd langsing hahaha.

    Pengen banget ada mesin cuci yg bs sekaligus nyetrika. Jadi keluar dr mesin, baju udah licin aja gitu :))

    October 31, 2014 at 04:54
    • Reply rehatemalem

      Iya mba akupun begitu. mau londri kok ya ga tega sama dompet.
      Tapi nyuci sendiri juga kadang-kadang malas.
      hahahha

      October 31, 2014 at 21:33
  • Reply istiana

    aku gak punya tv mbak ee, dan Alhamdulillah masih sanggup, masih bisa ngikutin arus berita juga dari internet, hehe.

    emang kebijakan kita sih belum punya TV dulu selagi anak2 masih kecil ^^

    October 31, 2014 at 05:30
    • Reply rehatemalem

      Wah, asik banget siihh mbaaa..
      Punya TV emang banyak resikonya, tapi ga ada lumayan sepi juga. ๐Ÿ˜€

      November 1, 2014 at 10:40
  • Reply dita @fairyteeth

    TV gak penting2 amat mba.. Mesin Cuci wajib ituuu…

    November 4, 2014 at 20:05
    • Reply rehatemalem

      Iyaa ditt…
      *pecahin celengan dita*

      November 5, 2014 at 16:12

    Leave a Reply