Tech Update

Shoot Your Dream : Belanja Gaya Baru

Jadi gini, di postingan yang ini kan saya udah cerita kalo saya punya handphone yang udah uzur. Nah, mau beli baru belum ada budgetnya, mikirnya kan sayang ya, handphonenya sebenernya sih masih bisa hidup dan digunakan, cuma aja kadang (sering)Β dia hang. Kalo udah hang segala-gala kebutuhan jadi terhambat.

“Tit tit*, handphonenya bunyi, pas diambil dan di klik icon-nya ga ada yang gerak. Ditunggu sebentar, ga gerak juga. Ditunggu lagi sepuluh menit, tetap sama. Akhirnya menyerah, lepas batere, pasang lagi, dan terpaksa nunggu handphone-nya loading sempurna. Untuk loading ini perlu waktu sekitar 5 menitan. *sigh*

Memang handphonenya sudah selayaknya ganti sih, ya. Tapi karena masalah budget tadi, terpaksa ditunda sementara.

Terus kemarin diundang ke acaranya Shoot Your Dream. Shoot Your Dream itu aplikasi yang memungkinkan kita belanja-belanja secara kredit tanpa kartu kredit. Nah, lho, gimana tuh?

Shoot Your Dream ini aplikasi dari Columbia. Tau Columbia, kan? Udah 30 tahun ini Columbia melayani penjualan barang kebutuhan rumah tangga, cash/kredit. Sekarang mereka mulai penjualan lewat aplikasi. Bedanya dengan penjualan offline apa? Aplikasi Shoot Your Dream ini lebih fokus ke “apa yang kamu mau”, bukan ke “ini yang kami jual”.

Jadi, kalau ke toko, misalnya, suka barang A atau B, bisa foto terus masukin ke aplikasinya. Nanti setelah proses upload, ada proses paling lama 1×24 jam untuk menghitung jumlah dan masa cicilan. Kita bisa pilih tenornya mulai 3 sampai 12 bulan.

Pembayarannya gimana? Untuk pertama kali bisa transfer, pembayaran ke-2 dan seterusnya ada 3 pilihan, bisa transfer, lewat kantor pos, dan lewat salah satu dari 400 outlet-nya Columbia.

Cara pake aplikasinya gimana, dong?

Download duluuuu yaa… Ada di playstore (kalau android), dan blackberry application world (kalau blackberry). Kalau ga pake BB/android? Tetap bisa pake aplikasinya dan ga perlu download, tinggal buka lewat mobile device aja di sini.

Setelah masuk, akan dipandu untuk registrasi, pastiin waktu registrasi submit nomor telepon yang benar dan lengkap karena nanti setelah kita submit, columbia bakalan nelpon untuk kasi info selanjutnya.

Setelah masuk ke aplikasi, akan ada dua pilihan. Kalau pingin submit barang impian, pilih Shoot Your Dream. Nanti kalau sudah selesai submit foto sampai selesai, bisa cek status pesanannya di “Check Status” itu.. πŸ™‚

dream2

Kalau pilih Shoot Your Dream nanti keluar seperti gambar di atas, pilih Next untuk ambil foto lewat kamera.

dream3

dream4

Kalau sudah motret, ada 2 pilihan, bisa done kalau sudah yakin sama gambarnya, bisa juga ambil ulang kalau pingin gambarnya lebih kece!

dream5Jangan lupa pilih kategorinya. Ada handphone, elektronik, furniture, fashion, kebutuhan rumah tangga, dan hobi. Setelah pilih kategori, klik Next.

dream6Masukkan kata kunci produk, nanti aplikasinya akan bantu carikan. Kalau ga ketemu, akan ada pilihan untuk submit manual.

dream7

Kalau keluar notifikasi seperti di atas, bisa klik ok dan masukkan data info barang yang pingin dibeli di form yang disediakan.

dream8Ini form-nya. Untuk pilihan harganya harus minimal Rp 1.500.000,- Di bawah itu ga bisa dilayani. Oh iya, untuk nama tokonya bisa diisi juga kalau tau atau pingin ngerekomendasiin barang dari toko tertentu. Misal nih, di Toko A harga Blackberry tipe anu itu Rp 2juta, nah di Toko B harga Blackberry tipe anu harganya Rp 2,1juta. Bisa tulis aja nama Toko A supaya bisa dapat harga yang lebih oke di perhitungan cicilannya. πŸ™‚

dream9Kemudian, UPLOAD!

Setelah upload nanti akan ada keterangan untuk menunggu 1 x 24 jam. Jadi setelah 1×24 jam tinggal buka lagi aplikasinya untuk lihat tawaran cicilan. Kalau lupa? Tenang aja, kalau perhitungannya sudah beres dilakukan ada notifikasi juga yang bakalan masuk ke email. πŸ™‚

Nah, waktu pengalamannya saya kemarin, belum 24 jam bagian marketingnya udah telepon, ngabarin Blackberry 9700 yang saya mau itu udah ga ada di pasaran. Saya dikasi pilihan beberapa tipe blackberry lainnya. Karena belum ada yang sreg, saya bilang ke mas-nya untuk cancel dulu aja, nanti saya cari-cari lagi yang lain terus masukin ke aplikasi sendiri. πŸ™‚

dream10Setelah dicancel, begini dia penampakan pesanan saya. πŸ™‚

Nih, kalau mau lihat live-nya ada di video ini

——

Seru kan, ya?

Eh, lupa bilang, untuk cicilan mereka akan minta KTP dan bukti kepemilikan rumah contohnya pembayaran rekening listrik/air/PBB. Data-datanya baru akan diminta kalau kita udah sepakat dengan jumlah dan masa cicilan.

Jadi, jadi, nyicil apa kita bulan ini? πŸ™‚

/salam cicil

Previous Post Next Post

You may also like

4 Comments

  • Reply Billy Koesoemadinata

    Eh tenor paling lama berapa bulan? Ga pake dp juga ya berarti?
    Nyicil mobil bisa ga ya via columbia?

    November 29, 2013 at 11:59
    • Reply Rere @atemalem

      Paling lama 12 bulan. Ada DP-nya, itu ditransfer pertama kali sebelum barangnya dikirim. Nyicil mobil/motor belum bisa seingetku kemaren.

      November 29, 2013 at 12:56
  • Reply Dian Adi Prasetyo (@didut)

    ah lebih jelas di tulisan ini tentang aplikasi ini πŸ™‚

    November 30, 2013 at 22:13
  • Leave a Reply