Categories
Hotel

Tidur Enak di Jakarta

Setelah pindah ke Medan, saya sah jadi musafir kalau main ke Jakarta. Tidurnya pindah dari rumah teman yang satu ke teman yang lain. Sungguh itu modus supaya hemat sekaligus bisa curhat. Sesekali, kalau pas ada urusan saya pilih buka kamar di Jakarta. Kalau tidur sendiri pilihnya kamar hotel yang kecil aja, tapi kalau mau sekalian nongkrong sama kawan, paling enak sekalian sewa kamar di apartemen Jakarta Selatan.

Saya ga rewel soal penginapan. Sepanjang bersih, airnya nyala, lampunya lengkap, dan tempatnya ga serem aja. Terpenting, harus ada akses angkutan umumnya, entah itu stasiun kereta, dilewatin jalur Trans Jakarta, atau MRT.

baca juga: http://atemalem.com/review-hotel-gran-melia-jakarta/

Pilihan Tempat Tidur Enak di Jakarta

HOTEL

Tidur di hotel memang nyaman. Ada staf yang membersihkan kamar tiap hari, kalau perlu apa-apa tinggal telepon bagian penerima tamu. Beberapa hotel punya fasilitas gym dan kolam renang, plus dapet sarapan yang beda-beda tiap harinya.

Kalau tidurnya beberapa hari saja, hotel udah paling oke. Tapi kalau menginapnya cukup lama, bisa bosan karena ukuran ruangannya ya segitu-gitu aja. Aktivitas juga terbatas, ga bisa masak-masak. Bawa tamu ke kamar tentu bisa, tapi kalau lebih dari 2 orang kamarnya langsung berasa sesak. Sempit.

Semakin mahal rate hotelnya, biasanya fasilitasnya akan semakin lengkap. Jadi, kalau memutuskan tidur di hotel, bisa pilih-pilih yang sesuai kebutuhan saja ya. ^^

baca juga: http://atemalem.com/pengalaman-menginap-di-manhattan-hotel-jakarta/

HOSTEL

Beberapa bulan lalu saya tiba di Jakarta sudah lewat tengah malam. Karena cuma perlu rebahan beberapa jam dan mandi supaya segar, saya sewa hostel di daerah Jakarta Pusat. Rate-nya menyenangkan, tak sampai Rp100.000 per malam.

Kalau tak bawa banyak barang bawaan dan pakai kamar hanya untuk tidur malam saja, hostel bisa jadi pilihan tepat. Tidur di hostel juga memungkinkan kita ketemu teman-teman baru. Siapa tau bisa jalan bareng keliling kota, kan?

Minusnya tentu privasi. Harus jaga sikap jangan sampai berisik karena tetangga bisa terganggu tidurnya. Oh iya, beberapa hostel menyediakan gorden/pintu di tiap bilik, jangan lupa ditutup dulu kalau mau melakukan hal-hal pribadi, semisal ganti pakaian.

RUMAH TEMAN

Ini pilihan paling asyik! Ga bakal kesepian kalau tidurnya di rumah teman, dari pagi sampai pagi lagi bisa ngobrol ini-itu. Menginap di rumah teman itu bukan hanya bikin hati hangat, tapi perut juga ikutan hangat. ^^

Enaknya lagi bisa sekalian cuci pakaian dan pakai kompor buat main masak-masakan. Selama di Jakarta, saya sempat menginap di rumah Simbok Venus, Mba Ainun, Teh Nita, dan Nona Vira Tanka. Tiap rumah kasi pengalaman yang beda. Banyak rumah, banyak bahagia. ^^

APARTEMEN

Kalau bawa banyak barang dan nginepnya agak lama, sewa apartemen harian udah yang paling cocok. Pilihan apartemen di Jakarta itu banyak betul, dan sebagian besar punya akses angkutan umum yang oke. Apartemen memungkinkan kita buat bernapas lega karena ruangannya cukup luas, ada area kosong yang bisa dipakai beraktivitas, dan ada dapur!

Elektronik rumah tangga di apartemen juga biasanya cukup lengkap. Ada kulkas, microwave, dan kompor. Ini penting banget kalau bosan makan di luar dan pingin masak sendiri, atau kalau beli makanannya kebanyakan, bisa banget disimpen di kulkas untuk dihangatkan besoknya.

Bosan sendirian? Tinggal undang teman-teman mampir ke apartemen untuk ngobrol atau masak bareng. Karena fungsinya hunian, ga ada jam malam untuk tamu yang berkunjung. Hanya, pastikan jangan terlalu berisik sampai ganggu tetangga.

—-

FX SUDIRMAN

Di manapun tidurnya, tempat nongkrongnya tetap sama, di FX Sudirman. Entah kenapa saya sayang betul sama mal yang satu itu. Ada stasiun kereta yang dekat, ada halte TransJakarta, dan ada stasiun MRT juga! Kalau sewaktu-waktu ada panggilan kopdar, jadi gampang transportasinya. ^^

Bikin tulisan ini kok ya jadi kangen betul sama Jakarta. Berangkat kita?

/salam Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *