Jalan-Jalan

Traveling ke Surabaya: Bisa Transit Bandung dengan Kereta Lanjutan

Kota Surabaya masih menjadi kota terbesar kedua di Indonesia. Perkembangan kotanya yang pesat dikuti juga dengan upaya Pemerintah Kota Surabaya untuk meningkatkan minat wisata ke Kota Pahlawan ini. Tahun lalu melalui melalui Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH), Pemkot Surabaya mulai membangun taman sebanyak 28 titik yang tersebar di seluruh Surabaya.

Sampai saat ini, Surabaya sudah punya taman aktif sebanyak 70 titik, beberapa di antaranya adalah Taman Bungkul, Taman Pelangi, Taman Ekspresi, dan masih banyak lagi.

Saya terpikir, pasti asyik ya kalau kapan-kapan solo traveling ke Surabaya. Kalau biasanya ke Surabaya untuk wisata khusus untuk kulineran masakan bebek yang rasanya tiada dua, gimana kalau kali ini main ke Surabaya untuk memecahkan rekor mengunjungi semua taman yang ada. Kayanya sih seru, ya. *brb cek tiket*

Saya sudah beberapa kali main ke Surabaya. Kotanya lumayan ramai, sampai tengah malam masih banyak penjual makanan yang enak-enak, plus angkutan umum online juga udah sampai ke sana, mau pindah-pindah tempat jadi mudah

Selain puluhan taman yang tersebar di banyak lokasi, pemerintah kota juga menata destinasi wisata alam untuk warga lokal dan turis dari luar kota. Dari hasil browsing, ada beberapa tempat wisata yang layak kunjung, contohnya Pantai Kenjeran dan Hutan Mangrove Wonorejo. Kalau kamu suka pemandangan laut, bisa mampir ke Surabaya North Quay buat menikmati sunset yang indah dan lagi-lagi icip-icip kuliner khas Surabaya. Masih punya waktu buat santai jelang malam? Bisalah tengok kerlap-kerlip Jembatan Suramadu sambil foto-foto sedikit buat dipajang di social media pribadi. ^^

Jatah liburan cukup lama? Bikin liburan kamu semakin seru dengan coba moda transportasi kereta api. ย Masih kurang seru? Coba beli tiket kereta apinya jangan yang langsung sampai, tapi beli yang transit dengan kereta lanjutan!

Kereta lanjutan itu gimana teknisnya?

Gini…

Biasanya kan kalau mau pergi ke satu lokasi/provinsi/kota, kita langsung beli tiket kereta dengan tujuan kota yang ingin didatangi. Jadi misal berangkat dari Jakarta, maka kita akan membeli tiket ke Surabaya. Nanti keretanya bisa dapat Argo Bromo Anggrek atau Gaya Baru Selatan yang akan mengantar kita langsung ke Surabaya.

Kalau kereta lanjutan, menuju perjalanan akhir, kita akan melalui rute sambungan. Jadi, kita akan naik 2 kereta api berbeda dan akan transit 1 kali di stasiun yang sudah ditetapkan. Kereta lanjutan ini inovasi dari Traveloka untuk pengguna setia kereta api gitu deh. Intinya sih inovasi ini akan memudahkan kita mendapatkan tiket kereta saat ingin bepergian ke tempat-tempat yang tidak memiliki akses kereta langsung atau saat kehabisan tiket kereta di hari/jam tertentu.

Kenapa kereta lanjutan ke Surabaya?

Jadi…

Semua tiket kereta api lanjutan menuju Surabaya akan transit di Bandung. Waktunya transitnya beragam, mulai dari dua sampai sembilan jam. Bayangin gimana asyiknya seru-seruan di Bandung sebelum sampai ke Surabaya. ๐Ÿ˜€

Untuk perjalanan Jakarta-Surabaya, ada beberapa pilihan kereta dan waktu. Setelah lihat-lihat saya tertarik untuk pilih opsi perjalanan yang menggabungkan kereta ekonomi Argo Parahyangan dan Kereta Eksekutif Turangga. Sampai Bandung naik kereta kelas ekonomi, dari Bandung lanjut kelas eksekutif ke Surabaya. Dua kelas, dua tujuan, dan kesempatan bagus buat membandingkan layanan kereta api secara langsung.

Kalau pilih opsi ini, berangkatnya nanti pagi dari Jakarta pukul 08.45. Jam ini buat saya lumayan aman, masih sempat tidur cukup malam sebelumnya dan sempet sarapan di stasiun juga. Perjalanan ke Bandung normalnya menempuhย  waktu selama 3 Jam, jadi perkiraan sampainya sekitar jam 12 Siang.

Sesampainya di Stasiun Bandung, cek-cek dulu barang bawaan sebelum turun, karena kita ga akan naik kereta yang sama menuju Surabaya. Jam sampainya udah pas banget dengan jam makan siang, bolehlah duduk sebentar sambil pikir-pikir mau makan di mana. Kalau saya udah kepikir pesen ojek/taksi online buat antar ngopi di Kopi Toko Djawa, trus lanjut makan siang di Imah Babaturan.

Kopi Awan ala Kopi Toko Djawa

cemilan enak di Imah Babaturan

Udah? Belum dong! Waktu transitnya kan 7 jam, masih banyak waktu buat jalan-jalan. Bisa jalan ke museum, Trans Studio Bandung, Upside Down World Bandung, atau main ke taman-taman cantik yang lokasinya dekat dengan Stasiun Bandung.

Ingat-ingat! Seseru apapun Bandung, tujuan utama kita adalah Surabaya. Jadi, setelah puas main-main di Bandung, kembalilah ke stasiun untuk check in kembali dan cetak boarding pass untuk perjalanan kereta berikutnya. Kereta Eksekutif Turangga menuju Surabaya dari Bandung akan berangkat pukul 19.30 WIB, perhatikan waktunya agar tidak ketinggalan kereta. Karena sudah malam, jangan lupa bawa bekal makan malam atau kalau malas nenteng makanan bisa juga jajan di gerbong restorasi.

Semua sudah aman? Waktunya tidur lelap di kereta eksekutif. Keretanya akan tiba di Surabaya besok paginya pukul 08.14 WIB, bangun-bangun udah seger lagi. Sekarang tinggal memulai petualangan jalan-jalan ke taman-taman di Surabaya!

Ada yang mau coba bareng saya? ๐Ÿ™‚

Previous Post Next Post

You may also like

26 Comments

  • Reply Ilman Nafian

    Keren nihh, informatif banget.. Jalan-jalan tidak lupa menikmati kuliner yang menggoyang lidah. Apalagi di Bandung. Hmmm maknyusss

    April 4, 2018 at 23:22
    • Reply rere

      Terima kasihh..
      Hooh, alternatif lain buat liburan ya. ๐Ÿ™‚

      April 5, 2018 at 12:28
  • Reply masirwin

    transitnya 7 jam?? kaya jam kerja yah ๐Ÿ˜€

    April 7, 2018 at 21:36
  • Reply Nchie Hanie

    Waah aku baru tahu kalo bisa transit di Bandung, kirain pesawat doank yang transit, ternyata kereta pun bisa yaa..

    April 10, 2018 at 13:45
  • Reply Kania Safitri

    Wah asik banget jadi bisa mampir ke Bandung dulu ya. Pas banget niy mbak buat nanti ke Surabaya sama keluarga.

    April 10, 2018 at 19:16
  • Reply Fenni Bungsu

    Dari tahun kapan gitu punya rencana ke Surabaya dan belum kesampean. Semoga tercapai deh besok-besok.

    April 11, 2018 at 14:47
  • Reply Agung Han

    Saya blm pernah nih naik kereta ke Sby Via Bandung, bisa jd pertimbangan kalau kereta Jkt – sby penuh ya kak

    April 12, 2018 at 07:03
  • Reply anita maya

    Pas sekali suamiku dari Surabaya dan biasanya kami pulang ke Surabaya setahun sekali, tahun ini mau cobain naik kereta yang bisa transit ke Bandung ini ah.. itung-itung sekalian piknik..

    April 13, 2018 at 18:00
  • Reply urmilamile

    boleh banget nih tipsnya, jadi kaya menyelam sambil minum air.. hehe

    April 14, 2018 at 18:00
  • Reply Wian

    Waktu transitnya lumayan lama ya. Tapi meski begitu, jgn sampe telat ya balik lagi ke stasiun supaya gak ketinggalan kereta selanjutny.

    April 14, 2018 at 20:34
  • Reply windhu

    Boleh juga nih, mencoba jalan-jalan dengan kereta api lanjutan. Pakai transit yang bisa digunakan untuk jaln-jalan. Sebelum pergi ke tempat tujuan. Belum pernah coba sih, biasanya tiket langsungan.

    April 15, 2018 at 19:21
  • Reply Sadewi

    Makasih infonya kakak, boleh kapan-kapan dicoba pasti makin seru

    April 15, 2018 at 20:15
  • Reply Atisatya Arifin

    Makasih infonya kak Rere. Nanti mau coba ah tips kak rere ini dan ajak keluarga jalan-jalan ke Surabaya.

    April 15, 2018 at 23:57
  • Reply Selamet Hariadi Online Strategist

    Gak lebih lama ya kalau ke bandung dulu… tapi kalau niatnya jalan-jalan tentunya makin asyiiik…

    April 16, 2018 at 12:21
  • Reply yayat

    oooo baru tau kalo ngendon lama di bandung.. asyik dong bisa jalan jalan bentar di bandung.. trus keasikan jalan eh ketinggalan kereta ๐Ÿ˜€

    April 16, 2018 at 12:40
  • Reply pewe

    Wah ada juga yah jalur ke Surabaya yang lewat Bandung… Seru nih kayanya… Saya suka soalnya kalau berpergian memakai jasa angkutan Kereta…

    April 16, 2018 at 18:34
  • Reply Suciarti Wahyuningtyas

    Es kopinya juga favorit aku banget itu

    April 16, 2018 at 19:30
  • Reply Helena

    Eh iya seru juga tuh bisa explore Bandung sebentar. Kalau harganya jadi lebih mahal dong karena beli 2 tiket.

    April 17, 2018 at 05:57
  • Reply Natara

    Kalo waktu transitnya segitu lamanya mah emang mendingan main dulu yak… Tapi ati ati kebablasan… Heheheh

    April 17, 2018 at 09:51
  • Reply Marga

    Wah, aku belum pernah transit naik kereta, pesawat aja ngga pernah. Hahaha. Selalu ambil yang langsung sampai.

    April 17, 2018 at 11:07
  • Reply ivoniezahra

    Inovasinya boleh banget nih dicoba mbak. Kalau dari Malang ke Jakarta ada gak ya hehe

    April 17, 2018 at 12:21
  • Reply Catcilku

    Tapi repot tidak ya itu gotong2 barang bawaan? atau sudah ada jasa penitipan barang? jadi puas main2 di bandung tanpa harus repot dengan bawaan

    April 17, 2018 at 13:01
  • Reply Catcilku

    tapi repot tidak itu ya barang bawaannya. apa sudah ada jasa penitipan barang? jadi tidak repot dengan bawaan, untuk main2 di bandung ๐Ÿ™‚

    April 17, 2018 at 13:02
  • Reply Caroline Adenan

    Wahh aku baru kepikiran bisa kayak gini lho kak :))
    Ahh besok2 pas hari libur kejepit atau long wiken atau pas libur lebaran bsk mau coba ah.. kali2 aja masih ada kereta lanjutan yg open. Thanks sharingnya kak ~

    April 17, 2018 at 14:29
  • Reply lita chan lai

    wah, blm coba kereta ini…kalau ke solo dan jogja ada ga kereta yg transit di bandung. kalau ada bakalan sering nih cobain transit kaya gini. waktu transit panjang juga ya. huahaha…semoga ga lupa balik ke stasiun.

    April 29, 2018 at 08:21
  • Reply Siti Nurjanah

    Lumayan. Dlm satu waktu ada dua kota yg dikunjungi, tp selam ini saya terlalu nyaman dg perjalanan one way ๐Ÿ˜

    May 14, 2018 at 21:37
  • Leave a Reply