Virus Corona di Sekitar Kita

by | Apr 27, 2020 | 0 comments

Pelan-pelan satu demi satu hal berubah. Rencana yang tadinya sudah dijahit cukup panjang, terpaksa dipotong paksa. Niat bertemu teman-teman, liburan ke Jogja, main ke Lombok, juga batal. Pada Maret saya sempat membaca berita yang bilang Jakarta akan ditutup agar penyebaran virus dapat dilokalisasi. Maka, setelah urusan yang penting-penting beres, saya segera mencari tiket pulang ke Medan.

Suasana di bandara tidak menyenangkan, Soekarno Hatta dan Kualanamu sama-sama mencekam. Tidak banyak yang lalu-lalang, semua petugas pakai masker, toko-toko sepi. Berbeda dengan suasana bandar udara yang biasanya penuh tawa dan semangat, kemarin saya melihat banyak wajah tak bahagia.

Corona mengubah kita.

Setelah satu bulan, saya menemukan kalau kita ternyata sudah melakukan banyak sekali penyesuaian baik terpaksa maupun tidak terpaksa. Ada yang belajar masak karena ragu membeli makanan di luar, ada yang jadi terampil menggunakan laptop untuk rapat daring, ada juga yang beralih jadi pedagang online agar hidup bisa berlanjut.

Sembari melakukan penyesuaian, kita juga berusaha sekuat tenaga agar tidak terpapar virusnya. Saat ini vaksin virus covid-19 belum ada, jadi jauh-jauh dari kemungkinan terkena virus adalah hal penting. Agar tujuan itu tercapai, tentu ada langkah-langkah yang harus kita lakukan.

Bagaimana Menghindarinya?

  1. Jaga Jarak
    Kalau tak perlu sekali ke luar rumah, yuk #dirumahaja sementara ini. Gunakan waktu yang ada untuk berkumpul bersama keluarga.
  2. Jaga Kebersihan Tubuh, Khususnya Tangan
    Jika beraktivitas di luar rumah, cucilah tangan setelahnya. Bersihkan hingga ke sela-sela jari, usahakan tidak ada sudut yang terlewat. Jika membeli barang-barang dari luar rumah, belanja online misalnya, bungkusnya dibilas dulu sebelum isinya digunakan/dikonsumsi ya.
  3. Tutup Mulut dan Hidung Saat Batuk dan Bersin
    Corona punya efek yang berbeda. Untuk mengantisipasi, jangan-jangan ternyata kita sudah positif tanpa muncul gejalanya, selalu tutup mulut dan hidung saat kita batuk atau bersin ya.
  4. Gunakan Masker
    Jika harus ke luar untuk bekerja, membeli obat, atau membeli kebutuhan rumah tangga, gunakan masker untuk menutup bagian hidung dan mulut. Sepulangnya segera ganti seluruh pakaian dan mandi.
  5. Makan Sehat dan Olahraga
    Masa wabah begini, kadang-kadang emosi mengambil alih tempatnya logika. Kita jadi takut berkepanjangan, jadi khawatir terus-menerus, dan malah sakit. Usahakan tetap berpikir positif yuk. Jaga kondisi tubuh dengan makan teratur dan sehat. Olahraga bisa dilakukan di teras rumah atau di dalam rumah. Silaturahmi dengan tetangga tetap bisa dijalin lho, hanya saja sementara ini tak perlu dekat-dekat dulu. 

Apa Gejalanya?

foto dari: unsplash

Informasi soal gejala virus corona ini saya ambil dari website Halodoc. Oh iya, di masa wabah seperti sekarang ini, di mana lebih baik tak usah ke rumah sakit kalau tak terpaksa betul, aplikasi Halodoc benar-benar layak dapat jempol. Udah coba pakai, belum?

Kembali soal gejala. Corona bisa menimbulkan beragam gejala, tergantung pada seberapa serius infeksi terjadi. Gejala dikatakan ringan jika meliputi hidung beringus, sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan, demam, dan tidak enak badan.

Pada kasus yang parah, infeksi dapat menjadi bronkitis dan pneumonia (disebabkan oleh COVID-19). Gejalanya bisa berupa demam yang mungkin cukup tinggi (bila pasien mengidap pneumonia), batuk dengan lendir, sesak napas, hingga nyeri dada atau sesak saat bernapas dan batuk.

Infeksi bisa jadi makin parah bila menyerang kelompok individu tertentu., seperti orang dengan penyakit jantung/paru-paru, orang dengan sistem kekebalan yang lemah, bayi, dan lansia.

Kapan Harus ke Dokter?

Jika gejala-gejala infeksi virus corona atau COVID-19 di atas tak kunjung membaik dalam hitungan hari, atau gejalanya semakin berkembang, segeralah konsultasi ke dokter, bisa konsultasi langsung ke rumah sakit rujukan di sekitarmu atau konsultasi daring dulu di Halodoc.

Semoga kita semua tetap sehat dan semangat ya. Tetap jaga jarak dan sebisa mungkin usahakan #dirumahaja.

/salam sehat


YOU MAY ALSO LIKE

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Archives

Pin It on Pinterest