Wisata Religi Makam Sunan Gunung Jati

by | Feb 19, 2016 | 9 comments

Selain kulineran sampe kenyang, jalan-jalan nyenengin anak sampe capek, kami juga mampir ke Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon untuk wisata reliji.

Makam Sunan Gunung Jati ini ga terlalu jauh dari kota Cirebon. Menuju lokasi, bisa dipandu dengan gugel map tentu saja, kalau nurut sama beliau, mestinya sih nggak kesasar, ya.. ^^

Untuk masuk ke area makam, pengunjung mesti bayar tiket masuk. Mobil tiketnya Rp 10ribu, kalau orang saja (tanpa kendaraan), tiketnya Rp 1000.

sunan gunung jati 1

Lorong menuju Makam Sunan Gunung Jati dipadati warung yang jual souvenir, ada kaos bergambar sunan, ada sendal, kopiah, selendang, dan banyak lagi.

sunan gunung jati 2

Oh iya, jadi di warung-warung itu ada yang jual jerigen juga. Ternyata, ada budaya untuk membawa pulang air berkah dari makam. Peziarah yang tidak membawa tempat, bisa membeli di lokasi.

sunan gunung jati 3

Pengunjung yang datang lumayan rame, ada beberapa bus pariwisata, banyak mobil dan juga motor. Fasilitas untuk peziarah cukup lengkap, ada toilet umum berbayar, banyak penjual makanan di sisi lapangan parkir, dan ada tempat berteduh di tengah-tengah lapangan.

sunan gunung jati 4

Untuk Embun, seingat saya ini pertama kalinya dia berkunjung ke makam. Sepanjang berada di lokasi, Embun banyak bertanya ke bapaknya soal hidup, meninggal, kuburan, dan alasan mengapa manusia bisa meninggal. Hufft, untung dia nanya ke bapaknya ya, *lempar tanggung jawab* 😀

sunan gunung jati 5

Pintu coklat yang besar itu lokasi makamnya Sunan Gunung Jati. Makamnya tertutup. Pengunjung bisa berziarah dengan duduk di depan pintu. Kemarin saya sempat liat ada mbak-mbak yang lempar uang logam ke depan pintu kayu, entah apa maksudnya.

Ini informasi sekilas soal Sunan Gunung Jati yang saya ambil dari wiki.  Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah lahir sekitar 1450 M, namun ada juga yang mengatakan bahwa ia lahir pada sekitar 1448 M. Sunan Gunung Jati adalah salah satu dari kelompok ulama besar di Jawa bernama walisongo. Sunan Gunung Jati merupakan satu-satunya Walisongo yang menyebarkan Islam di Jawa Barat.

Untuk melengkapi referensi, ada juga cerita pernikahan Sunan Gunung Jati dengan Putri Ong Tien, anak Kaisar Hong Gie dari Dinasti Ming. Sayangnya Putri Ong Tien tidak berumur panjang, empat tahun setelah menikah dengan Sunan, putri wafat. Peninggalannya, berupa keramik Cina, masih bisa ditemui di area makam.

sunan gunung jati 6

Ini penting, untuk teman-teman yang ada rencana ziarah ke makam sunan, siapkanlah uang receh yang banyak. Dari pintu masuk area makam menuju pendopo, sudah banyak orang-orang yang mengacungkan baskom meminta sumbangan.

Baskom dan kotak sumbangan ini terus ada bahkan di dalam gedung makam, lho. Hooh banyak banget yang minta sumbangan, dan beberapa diantaranya memaksa. 🙁

Ada yang sudah pernah mampir ke sini juga?

/salam Cirebon

Postingan sepanjang liburan di Cirebon :
Wisata Kuliner : http://atemalem.com/wisata-kuliner-di-cirebon/
Taman Ade Irma Suryani : http://atemalem.com/main-main-ke-taman-ade-irma-suryani-cirebon/
Makam Sunan Gunung Jati : http://atemalem.com/wisata-religi-makam-sunan-gunung-jati/

YOU MAY ALSO LIKE

9 Comments

  1. 21inchs

    Dimana2 banyak pengemisnya ya..

    Reply
    • rere

      Iya, sayang…

      Reply
  2. Lidya

    pernah dengar juga dari mamaku yang berkunjung kesana. kalau di kasih satu yg lain lgs ngumpul minta juga

    Reply
    • rere

      Iya mba, makanya harus siap-siap receh yang banyak.

      Reply
  3. Febriyan

    Saya belum pernah sampai ke sananya mbak. kapan2 ah ke sana

    Reply
    • rere

      Semoga ada kesempatan mampir, mas. 🙂

      Reply
  4. Endang Ermanto

    aku juga pernah kesitu, secara over all siih nyaman, suasananya sejuk yaa, tapii
    miris juga banyak bgtt pengemisnya.

    Reply
  5. Adam al-Genseti

    paling gag suka ama pengamen2nya yang kadang suka maksa2 minta2 -_-“

    Reply

Trackbacks/Pingbacks

  1. Review – Hotel Batiqa Cirebon | SEDIKIT CERITA UNTUK KENANGAN - […] : http://atemalem.com/main-main-ke-taman-ade-irma-suryani-cirebon/ Makam Sunan Gunung Jati : http://atemalem.com/wisata-religi-makam-sunan-gunung-jati/ Review Batiqa Cirebon […]
  2. Main-Main ke Taman Ade Irma Suryani, Cirebon | SEDIKIT CERITA UNTUK KENANGAN - […] : http://atemalem.com/main-main-ke-taman-ade-irma-suryani-cirebon/ Makam Sunan Gunung Jati : http://atemalem.com/wisata-religi-makam-sunan-gunung-jati/ Review Batiqa Cirebon […]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Archives

Pin It on Pinterest