Wonderful Indonesia: Logo dan Makna

by | Jun 19, 2019 | 22 comments

Sejak pertama kali lihat logo Wonderful Indonesia beberapa tahun lalu, saya langsung jatuh hati. Saya suka cara garis-garis lengkung beraneka warna itu bertaut dan membentuk warna-warna cerah dari burung garuda.

Logo wonderful Indonesia bagus, saya tahu. Yang saya tidak tahu adalah, logo ini ternyata sudah berganti desain beberapa kali sejak diperkenalkan ke publik pada 16 Agustus 2008 lalu! Benar, sudah lewat sepuluh tahun, dan saya mengira logo yang dipakai pada banyak aktivitas promosi pariwisata Pesona Indonesia itu cuma ada satu jenis saja.

Lalu, saya berpikir, mungkin tidak cuma saya yang keliru. Jika dilihat sekilas, mungkin perbedaan antar logo tidak terlalu kentara. Tetapi, jika diperhatikan benar-benar, pembedanya akan terlihat, khususnya pada pilihan warna.

Ada lima warna yang membentuk logo Wonderful Indonesia. Warna-warna yang dipilih pada logo baru Wonderful Indonesia itu mewakili makna tertentu:

Hijau dan Ungu mewakili kreativitas, lingkungan alami dan keramahan, juga keselarasan.
Jingga menggambarkan imajinasi, sistem kepercayaan, dan juga persaturan antara fisik & mental.
Biru menjadi lambang inovasi, semangat muda, dan keterbukaan.
Sedangkan Magenta adalah cerita soal keseimbangan, akal sehat, dan hal-hal praktis.

Apa yang ingin disampaikan oleh logo baru ini tentang Indonesia?

Ada lima garis warna yang membentuk burung dibuat melebar ke segala arah. Garis itu menggambarkan Indonesia sebagai negara yang senantiasa menyambut wisatawan dengan tangan terbuka. Warna-warnanya sendiri, menggambarkan Indonesia yang memiliki bentang alam indah dan budaya yang beraneka rupa. Lewat logo Wonderful Indonesia, Indonesia tampil sebagai negara yang berani, kaya, sekaligus penuh warna.

BROMO, SALAH SATU DESTINASI PILIHAN DI INDONESIA

Indonesia, menjamin pengalaman yang takkan terlupakan seumur hidup, kegembiraan yang tak putus, dan aktivitas luar ruang yang seru dan mendebarkan. Indonesia adalah paket lengkap!

Selain soal komplitnya pilihan pariwisata di Indonesia, lewat logo disebarkan juga soal karakter masyarakat Indonesia. Secara umum, karakter itu dapat digambarkan menjadi:

Enchanting Spirit: karismatik, ajaib, hidup, bersahaja, ramah.
Exciting: santai, sepenuh hati, mendorong emosi, dan memotivasi sambil menambah serunya pengalaman.
Magnificent: luar biasa, elegan, mengagumkan, penuh perasaan.
Expressive: jujur, spontan, menarik, dan sangat artistik.

Semenjak 2008, logo Wonderful Indonesia sudah mengalami beberapa perubahan. Perjalanan logo baru Wonderful Indonesia secara lengkap dari tahun ke tahun, bisa dibaca langsung pada gambar di bawah ini.

Logo baru Wonderful Indonesia yang dipakai saat ini adalah logo yang diluncurkan pada 2017 lalu oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya. Komponen logo Wonderful Indonesia baru ini ada dua, yaitu logogram (garis warna-warni yang membentuk garuda), dan logotype (tulisan wonderful Indonesia, yang berada di sisi kiri mendampingi gambar burung).

Sebenarnya bagaimana cara mudah membedakan logo Wonderful Indonesia yang lama dengan logo baru Wonderful Indonesia?

Tinggal lihat warna sayap burung di bagian kiri atas. Pada logo-logo sebelumnya, sayap burung garuda ini berwarna hijau. Nah, pada logo yang baru, warna sayap berubah menjadi jingga!

LOGO WONDERFUL INDONESIA YANG BENAR

Gampang kan membedakannya?
Semoga tulisannya bermanfaat buat teman-teman yang butuh informasi soal logo baru Wonderful Indonesia. Untuk selanjutnya, kalau nanti perlu pakai logo baru Wonderful Indonesia, pastinya gak akan salah lagi.

Oh iya, kalau butuh informasi lebih detil terkait penggunaan logo Wonderful Indonesia ini untuk berbagai materi promosi baik offline/online, bisa mampir langsung ke website Indonesia Travel. Di sana, kamu bisa sekalian juga unduh file logonya.

/salam jalan-jalan

YOU MAY ALSO LIKE

22 Comments

  1. Uci

    Aku ga ngeh juga kalau udah berubah loh logonya Kak, infonya membantu bgt, aku jadi makin paham tentang logonya

    Reply
  2. Dede Ariyanto

    Simple juga yah ternyata cara membedakannya. Kayak teka-teki nih artikelnya bagus. Kalo baca semua baru paham, tapi kalo baca sekilas pasti terkecoh. Haha 😁🙈

    Reply
  3. Samleinad

    Saya juga suka logo ini. Bentuknya bagus dan unik, juga warnanya cerah dan bikin mood jadi ceria

    Reply
  4. Catcilku

    Hah, ternyat sudah berkali-kali berubah. Tidak ngeh ya, kalau yang berubah cuma warna saja. Mesti dilihat bener-bener, supaya terlihat bedanya

    Reply
  5. Catcilku

    Hah, sudah berkali-kali berubah ya ini logo. Tidak ngeh sama sekali. Tapi kalau cuma warna yang berubah sulit membedakan perubahannya. Apalagi kalau tidak jeli lihat beda warnanya

    Reply
  6. Fenni Bungsu

    Perubahan logo ini semoga semakin menambah semangat yang melihatnya untuk berwisata ke indonesia

    Reply
  7. Putu Sukartini

    Kalau gak diperhatikan bener-bener, aku gak ngeh sama perubahan logo ini. Makin cantik ternyata ya
    Aku suka bentuk dan perpaduan warnanya
    Unik dan ceria. Ternyata maknanya dalam ya
    Semoga pariwisata Indonesia makin maju

    Reply
  8. Dita Indrihapsari

    Waaah iya kalau diperhatikan seksama ternyata logonya berubah ya. Aku oun baru ngeh ini mba.. Logotype-nya juga posisinya berubah-ubah.. Aku suka logo ini, kesannya dinamis aktif dan ceria gitu karena pakai warna-warna cerah. Tagline-nya juga singkat, padat tapi ngena banget.. 🙂

    Reply
  9. Sriw_sw

    Ya ampun aku kira logo wonderful indonesia itu sama kak rere, ternyata ada tujuh kali perubahan warna pada logo wonderful indonesia.
    Perubahan warna sayap kiri burung Garuda dari yang tadi sebelumnya berwarna hijau menjadi warna jingga aku rasa bakal memberikan dampak positif bagi dunia pariwisata Indonesia ke depan nya. Karena Menurut ku warna jingga melambangkan spirit dan optimisme bahwa pariwisata indonesia sama bagusnya dengan pariwisata di luar sana dengan menekankan ciri khas yang berbeda yang (mungkin) sulit ditemukan di luar sana 🙂

    Reply
  10. zata

    samaaa…, aku pun suka sama warna-warnanya yang colourful banget, kesannya hepi dan penuh semangat. Thanks ya artikelnya, jadi lebih tahu maknanya…

    Reply
  11. Agung Han

    Ternyata logo wonderfull Indonesia sdh dr 2008 dan dirubah berkali kali, sungguh saya kudet anget :).

    Reply
  12. Silvia

    Waaa..baca tulisan ini bikin wawasan bertambah…jadi memperhatikan logo wonderful indonesia makasih ya kk rere

    Reply
  13. unggulcenter

    klo untuk logo burungnya sendiri sama ya. hanya pewarnaannya dan artinya yang beda. bagus itu, krn sudah jadi top of mind logonya

    Reply
  14. Honey Josep

    kalau enggak diperhatikan seperti sama ya logo Wonderful Indonesia tapi ternyata berbeda karena lima garis warnanya lebih banyak dan lebih besar. Harapannya Indonesia semakin aju di sektor pariwisatanya 🙂

    Reply
  15. Satto Raji

    Kalau gak baca artikel ini, bakalan gak paham kalau ada beberapa perubahan.

    Tambahan warna jingga bikin lebih fresh.

    Reply
  16. Marga Apsari

    Aku bahkan gak ngeh kalau warna sayap logo ini ganti…haha. Dan baru tau juga kalau tiap warna ada artinya. Keren ya!! Beneran dipikirin filosofi tiap elemen~

    Reply
  17. Nurul Dwi Larasati

    Semoga perubahan logo ini makin bikin Indonesia banyak wisatawan yang hadir. Logonya kaya akan filosofi seperti Indonesia yang beragam kebudayaannya.

    Reply
  18. Stephanie

    Waaahhh makasih loh mba jadi tau saya skrg trnyta udh ganti beberapa logo ya.. Dan emg lbh cantik yg skrg sih logonya hehe

    Reply
  19. Suciarti Wahyuningtyas

    Jujur kalau aku sendiri gak ngeh jika logonya ganti, berasa kayak masih sama. Efek lihat foto Bromo jadi teringat rencana mau kesana bersama teman-teman tahun ini sehabis liburan anak sekolah. Semoga dengan adanya perubahan logo, bisa membuat destinasi wisata Indonesia semakin banyak dikunjungi. Tidak hanya oleh orang Indonesia, tapi juga oleh wisatawan asing.

    Reply
  20. reropus

    Waduuhh, bener juga ya. Selama ini cuma iya iyain aja soal logo nya, padahal ada perubahan. Kalo yang lama warna sayap kirinya selalu hijau, tapi logo yang terbaru sayap kirinya berwarna jingga. Tapi setiap warna mempunyai makna. Dan maknanyapun sangat bagus.

    Reply
  21. Tika Samosir

    Bagus ya warna-warna logonya. Baru tahu nih ada makna logo ini dan makna warnanya.

    Reply
  22. Anisah

    Wah,aku baru ngeh loh mba,kalo maknanya seperti itu bagusnya dari logo tersebut,aku kira warna warni biasa aja biar kelihatan eye catching,hehe,ternyata banyak maknanya. Makasih ya,jadi tahu beda logo lama dan barunya. Hidup pariwisata Indonesia.

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archives



Pin It on Pinterest